Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Indonesia Belajar

Aini Si Anak Cerdas yang Butuh Biaya Menyelesaikan Sekolahnya

Aini, Si Anak Cerdas yang Butuh Biaya Menyelesaikan Sekolahnya

Demi biaya sekolah dan biaya hidup yang lebih rendah, warga Kabupaten Bandung, Aini Rizka Nur Afifah (13 tahun) terpaksa meneruskan sekolah SMP di kampung neneknya di Kabupaten Majalengka.

Anak pertama dari pasangan suami istri Ade Hery Maulana (39 tahun) dan Ratih Herawaty (35 tahun) tersebut saat ini baru duduk di bangku kelas 2 SMP Negeri 1 Maja, Majalengka, Jawa Barat.

(Aini Rizka, 13 tahun)

(Aini Rizka, 13 tahun)

Aini begitu aktif untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler Pramuka, OSIS dan Paskibra. Sedangkan di rumah, dia juga turut membantu pekerjaan rumah neneknya. Ya, karena sekarang dia hanya tinggal berdua saja dengan neneknya. Saat ini sosok nenek yang terus membimbing Aini agar bisa lebih rajin belajar dan terutama Ibadahnya.

Prestasi belajarnya juga cukup menggembirakan. Ia termasuk peringkat lima besar di kelas.

Pelajaran yang paling digemarinya adalah bahasa Inggris. “Bahkan dia meminta untuk mengikuti les bahasa namun karena ketiadaan biaya, kami bilang untuk bersabar, semoga nanti ada rezekinya,” ujar Ratih Herawaty.

Ya, kondisi ekonomi dan keuangan keluarga warga Kampung Ciherang, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat tersebut memang benar-benar krisis. “Sebelumnya kami berjualan beras dan sembako lainnya. Namun karena semakin ke sini dagangan kami menjadi sepi, dan akhirnya tutup,” ungkap Ade Hery Maulana. Makanya begitu tamat SD, dengan berat hati Aini disekolahkan di Majalengka.

Meski menyadari kondisi ekonomi yang sangat sulit, ia berharap anaknya bisa sampai kuliah. “(Berharap Aini) menjadi orang sukses dan sekolah sampai kuliah dan bisa lebih dari kami yang dahulu hanya tamatan SLTP saja,” ungkap Ade Hery.

Untuk mengurangi beban keluarga Ade Hery, Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) mengajak kaum Muslim berdonasi melalui program Indonesia Belajar (IB) guna membantu biaya sekolah Aini. Semoga Allah SWT membalas kebaikan para donatur dengan curahan rahmat berlipat ganda. Aamiin.[]

 

Donasi yang Diperlukan:

 Rp.12.600.000

Mitra Lapangan:

Dadan Wahyu Ramdhani

 

#BWA #InovasiWakaf #IB #IndonesiaBelajar

 

Aini Si Anak Cerdas yang Butuh Biaya Menyelesaikan Sekolahnya

Update #1: Bersama Bantu Aini Raih Pendidikan Terbaik

Rasa syukur tak hentinya terucap oleh Aini, pelajar kelas 3 SMP Negeri 1 Maja karena telah terbantu terbayarkan beberapa biaya sekolahnya. Alhamdulillah melalui program Indonesia Belajar, Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) bisa memfasilitasi para donatur yang ingin menyalurkan donasinya. Total donasi yang sudah tersalurkan untuk Aini sebesar Rp 2.500.000,.

Aini Rizka Nur Afifah yang akrab dipanggil Aini kini tengah duduk di kelas 9 SMP. Aini yang sangat senang dengan pelajaran Bahasa ini terus meningkat prestasi belajarnya. Saat kenaikan kelas 8 ke kelas 9 Aini mendapatkan rangking 3 dari sebelumnya rangking 5. Hal ini membuatnya yakin bahwa ia bisa lebih baik lagi di semester selanjutnya.

(Bantuan Pendidikan untuk Aini)

Aini juga kerap mengikuti beberapa ekstrakulikuler di sekolahnya seperti paskibra dan pramuka, ia juga melibatkan dirinya dalam kegiatan OSIS untuk bisa menambah pengalaman dan punya banyak teman. ia juga pernah mengikuti lomba pramuka mewakili sekolahnya mulai dari tingkat kecamatan hingga tangka provinsi.

Aini berharap tahun ini bisa lulus dengan prestasi terbaik dan tanpa harus mengkhawatirkan biaya sekolahnya. Ia ingin melanjutkan ke salah satu SMK Negeri terbaik di daerahnya yang dekat dengan tempat tinggalnya.

Mari bersama BWA bantu Aini wujudkan cita-citanya dengan pendidikan yang terbaik. Semoga Allah SWT mencatat niat dan ikhtiar kita dalam membantu sesama dan membalasnya dengan pahala dan keberkahan hidup di dunia dan akhirat, aamiin.

 

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.