Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Indonesia Belajar

Alfaridzi, Anak Buruh Tani yang Bertekad Jadi Sarjana

Alfaridzi, Anak Buruh Tani yang Bertekad Jadi Sarjana

Bisa duduk di bangku kuliah bagi Hajaji Alfaridzi (18 tahun), mahasiswa tingkat satu Ilmu Pendidikan Olahraga Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Setia Budhi Kabupaten Lebak Banten merupakan capaian yang luar biasa. Karena baginya, biaya pendidikan adalah masalah yang paling serius. Akan tetapi Ia tetap bertekad untuk dapat meraih gelar sarjana sehingga dapat mengangkat permasalahan ekonomi ayah dan ibu kelak.

(Hajaji Alfaridzi)

(Hajaji Alfaridzi)

Maklumlah sang ayah, Ahmad Juwaeni (55 tahun) hanyalah seorang buruh tani kecil dengan penghasilan minim dan tak menentu. Apalagi di musim kemarau, penghasilan warga Kampung Babakan Bandung, Lebak, Banten, tersebut menurun drastis.

Waktu SMA, biaya pendidikan Alfaridzi dibantu oleh kakaknya itu pun hanya bisa buat SPP saja. “Hal-hal lain seperti buku, uang kegiatan dan transportasi kami kewalahan. Bisa buat berangkat sekolah saja kami sudah bersyukur,” ungkap Ahmad Juwaeni.

Kakaknya sekarang sudah berkeluarga jadi sudah tidak begitu bisa diandalkan padahal biaya buat kuliah ternyata lebih tinggi daripada biaya sekolah.

Untuk mengatasi masalah biaya pendidikan Alfaridzi, Ahmad Juwaeni juga sudah mencoba menghubungi kerabat yang mungkin bisa membantu, tapi ternyata masing-masing juga sedang membutuhkan biaya untuk kehidupan masing-masing. Maklumlah, mereka juga rata-rata memiliki penghasilan hasil dari kebun dan kuli di Jakarta.

“Kami ini mungkin orang bodoh, SD saja tidak lulus, jadi tidak tahu menahu dunia luar,” ungkap Ahmad Juwaeni yang kebingungan bagaimana lagi mencari biaya untuk kuliah Alfaridzi.

Alfaridzi juga sangat menyadari kondisi ekonomi keluarganya. Makanya dengan senang hati ia terima tawaran kerja serabutan untuk memasang dan membongkar tenda pernikahan oleh tetangganya Rp150 ribu sekali pasang dan bongkar. Tetapi penghasilan dari pasang dan bongkar tenda tentu saja sangat jarang didapat, dan begitu dapat langsung habis digunakan untuk ongkos berangkat dan pulang kuliah. Walhasil, biaya kuliah yang nilainya tak sedikit bagi keluarga Alfaridzi, menunggak hingga sekarang.

Untuk mengurangi beban keluarga Alfaridzi, Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) mengajak kaum Muslimin berdonasi melalui program Indonesia Belajar (IB). Sehingga Alfaridzi bisa melunasi biaya kuliahnya dan semoga kita semua mendapatkan pahala berlipat ganda dari Allah SWT karena telah membantu sesama. Aamiin.[]

 

Donasi yang Diperlukan:

Rp.29.750.000

Mitra Lapangan:

Edi Humaedi

 

#WakafQuran #Wakaf #IndonesiaBelajar

Belum ada Update

DONASI YANG DIBUTUHKAN

Rp 29.750.000



64.47%
Butuh Rp 10.570.000,- lagi

PROJECT LAIN

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.

Para Donatur

Project Sejenis