Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Wakaf Al-Qur'an & Pembinaan

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.

Aqidah Yang Tergadai di Desa Panekan, Eromoko, Wonogiri

[Tidak sempurna keimanan seorang dari kalian, hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai untuk dirinya sendiri] 

BWA-WAP. Badan Wakaf Al Qur’an dalam melakukan kegiatan dakwah dan penyebaran Al Qur’an di Eromoko, mendapatkan tantangan. Eromoko sebuah kecamatan di Kabupaten Wonogiri. Tepatnya di desa Panekan dan sekitarnya menjadi sasaran empuk misionaris.

Desa Panekan yang di tinggali lebih kurang 1000 (seribu) KK, masyarakatnya sebagian besar adalah petani tadah hujan masuk ke dalam golongan ekonomi lemah. “Sebagian masyarakat merantau ke kota-kota besar setelah menyelesaikan pendidikan hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP)” ujar Sabar Pujianto seorang penduduk Panaken-Eromoko.

Dengan latar belakang ekonomi masyarakat dan rata-rata pendidikan masyarakat yang rendah, Misionaris mendirikan fasilitas pendidikan berupa bimbingan belajar gratis, mendatangkan guru-guru lulusan sarjana serta memberikan buku-buku dan  seragram sekolah.

Dengan kedok itu mereka mengumpulkan anak-anak, usia TK dan SD untuk memberikan bimbingan belajar pada semua mata pelajaran sekolah. Selain bimbingan pelajaran mereka juga memberikan pemahaman-pemahaman agama mereka. Dengan cara seperti itu mereka mensasar anak-anak usia dini (usia emas – 0 – 5 tahun) yang masih belum memahami agama secara baik, dan dengan dapat merubah aqidah ke Islaman mereka. Orang tua mereka pun tak luput dari bujukan mereka, yaitu dengan cara membagikan sembako dan kebutuhan lainnya.

“Kita harus membentengi saudara kita dari pengaruh mereka”, ujar Ustadz Drs. Amir Tohar  Al Hajam. Ustadz Amir mengajak kaum muslimin bahu membahu membentengi masyarakat dengan melakukukan penyebaran Al Qur’an. Guna mewujudkan masyarakat Eromoko khususnya desa Panekan, kembali pada Aqidah Islam, Badan Wakaf Al Qur’an mengajak para donatur untuk mendonasikan sebagian hartanya untuk project ini Semoga donasi anda akan mengalirkan pahala seiring ilmu yang berguna.

 

Donasi yang di butuhkan    : Rp. 150.000.000 (pengadaan 1.500 Al Qur’an)

 

Partner Lapang                      : Ustadz Prasetyo Abu Fikri 

Aqidah Yang Tergadai di Desa Panekan, Eromoko, Wonogiri

Al-Qur'an Datang, Warga Desa Panekan, Eremoko pun Senang

BWA - Wakaf Al Qur'an dan Pembinaan. Suasana khidmat penuh persaudaraan sangat terasa saat prosesi penyerahterimaan Al-Qur’an wakaf di Panekan, salah satu desa terpencil di Kecamatan Eremoko di sebelah timur dekat bendungan Gajah Mungkur, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

WAP - Eromoko

Peserta pelatihan Da'i yang di selenggarakan BWA untuk calon Da'i oleh Ust. Hari Moekti dan Abah Narko  A Fikri, di kabupaten Wonogiri.

“Saya senang sekali, merasa dapat perhatian. Walau pun desa kami terpencil, bisa mendapatkan fasilitas berupa bantuan Al-Qur’an,” ungkap Koordinator  Guru-Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Panekan, Ustadz Sabar Pujianto, saat menerima 250 kitab suci Al-Qur’an, pada Ahad (15/05/2016) malam di masjid balai desa.

Sabar pun menyatakan akan segera mendistribusikan Al-Qur’an tersebut kepada warga di sembilan dusun binaan guru-guru TPA yang dipimpinnya.

Serahterima disaksikan warga termasuk para tokoh masyarakat, kepala dusun, dan jajaran pemerintahan desa Panekan dan Kapolsek Eromoko AKP Suyatno.

WAP - Eromoko 2

WAP - Eromoko 3

Serahterima disaksikan warga termasuk para tokoh masyarakat, kepala dusun, dan jajaran pemerintahan desa Panekan dan Kapolsek Eromoko AKP Suyatno.

Warga juga tidak menyangka dalam acara tersebut hadir pula Pembina Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) Ustadz Muhammad Khoir Hari Moekti untuk menyampaikan tausyiahnya.

“Saya tidak pernah membayangkan di desa seperti ini didatangi mantan artis, enggak pernah mimpi desa kita dihadiri oleh Ustadz Hari Moekti, orang yang terkenal,” ungkap Sabar.

Sebelumnya, sekitar 56 ustadz dari berbagai kecamatan di Wonogiri mendapatkan pelatihan da’i sekabupaten Wonogiri sehari penuh di Ruang Gedung Serba Guna MAN 1 Wonogiri, pada Ahad (15/08/2016) yang diisi langsung oleh Ustadz Hari Moekti.

Pada kesempatan tersebut diserahterimakan pula 90 mushaf Al-Qur’an kepada Ketua Pembina Rohis MAN 1 Winarno untuk digunakan membina siswa-siswi di sekolah tersebut. Serta 60 mushaf yang diserahterimakan kepada Ustadz Panji untuk dibagikan ke masjid dan mushala di Desa Ngadirojo Kecamatan Ngadirojo.

Di hari yang sama BWA pun mendatangi Ma’had Aly Tazfidzul Qur’an Baitul Qur’an di Desa Pokoh Kecamatan Wonogiri untuk menyerahterimakan 200 mushaf  Al-Qur’an kepada Ustadz Rasyid, pimpinan ma’had. Selain untuk memenuhi kebutuhan santri sendiri, Rasyid menyatakan sebagiannya untuk warga binaannya di Parang Gupito, pesisir selatan Wonogiri.

Dengan demikian, sekitar 600 mushaf Al-Qur’an wakaf dari kaum Muslimin telah terdistribusikan. Dan Anda yang telah berwakaf, siap-siap tertimpa banjir pahala setiap kali mereka membaca dan mengamalkan isinya. Aamiin.[]

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.