Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Indonesia Belajar

Asrama Baitul Ilmi dan Baitul Izzah: Wadah Pembinaan Mahasiswi Cerdas Berkepribadian Islami

Selain berilmu, mahasiswi saat ini juga dituntut untuk berakhlak mulia dan berkepribadian islami. Fakta membuktikan bahwa pengembangan diri yang hanya berfokus pada peningkatan kecerdasan intelektual semata, tidak menjamin seseorang itu bisa sukses di masa depan.

Berdasarkan pemikiran di atas, dua mahasiswi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Dorothy R Hadi dari jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab dan Fatma Fatah Renhoran dari jurusan Ilmu Agama Islam berkeinginan menyewa dua buah rumah untuk dijadikan asrama mahasiswi plus pembinaan.

Menurut Othy dan Fatma, dua asrama bernama Baitul Ilmi (1.1) dan Baitul Izzah (1.2) ini akan menjadi tempat kondusif bagi mahasiswi UNJ untuk belajar dan mengkaji Islam sebagai bekal kehidupan. Ide ini kemudian mendapat dukungan dari Indonesia Belajar Badan Wakaf Al-Quran (BWA).

1.1. Baitul Ilmi

1.2. Baitul Izzah

Program-program yang akan dijalankan di kedua asrama ini:

1. Bimbingan Akademik

Program ini berupa bimbingan dari mahasiswi senior kepada mahasiswi junior yang mengalami kesulitan dalam memahami mata kuliah tertentu, juga berupa peminjaman buku-buku kuliah oleh mahasiswi senior kepada mahasiswi junior.


2. Kajian Keislaman

Program ini terdiri dari empat kegiatan utama:

a. Tahsin dan Tilawah Al-Quran

Kegiatan ini bertujuan memperbaiki tajwid mahasiswi dan melatih mereka agar terbiasa membaca Al-Quran setiap hari. 

b. Praktik Kultum dan Imam

Kegiatan ini bertujuan melatih mahasiswi agar bisa menyampaikan ilmu dan dakwah secara baik dan benar. Kegiatan ini juga menjadi sarana saling memberi nasihat antarpenghuni asrama. Adapun kegiatan praktik imam bertujuan melatih mahasiswi agar berani menjadi imam salat.

c. Kursus Bahasa Arab

Untuk mendalami Islam, seseorang mutlak harus menguasai bahasa Arab. Sebab sumber ajaran Islam berupa Al-Quran dan sunnah seluruhnya berbahasa Arab. Dengan adanya asrama Baitul Ilmi dan Baitul Izzah, para mahasiswi dapat belajar bahasa Arab sekaligus mempraktikkannya setiap hari. Keberadaan kedua asrama ini diharapkan akan membuat pembelajaran bahasa Arab menjadi sangat efektif.

d. Menghafal Al-Quran dan Hadits

Program ini bertujuan membekali mahasiswi agar lebih bisa berdakwah kepada sesama teman dan masyarakat. Ditargetkan semua mahasiswi sudah hafal 1 juz Al-Quran dan beberapa hadits dalam waktu 1 semester.


 3.  Kewiraswastaan

Program ini bertujuan membantu mahasiswi mengembangkan bakat kewiraswastaan mereka. Selain untuk menyalurkan hobi, juga menambah penghasilan. Misalnya, pembuatan mug yang bisa dipesan oleh pembeli dengan menambahkan foto dan tulisan. Mug ini bisa dijual pada momen-momen khusus seperti konferensi, wisuda, dan temu alumni. Usaha lainnya adalah membuat cokelat dalam aneka bentuk dan warna, yang kemudian dijual kepada teman dan masyarakat.

Melihat besarnya manfaat asrama ini, maka Indonesia Belajar BWA berkenan menjadikan asrama Baitul Ilmi dan Baitul Izzah sebagai proyek BWA. Oleh karena itu, kami mengajak kaum muslimin berpartisipasi, semoga donasi Anda bisa membantu mahasiswi merealisasi ide baiknya ini serta mengalirkan pahala kepada Anda.

Donasi yang dibutuhkan
Rp. 37.000.000,- (Tiga Puluh Tujuh Juta Rupiah)

Partner lapang
Dorothy R Hadi

Belum ada Update

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.