Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Wakaf Al-Qur'an & Pembinaan

Ayo Bantu Tengku Tangkal Budaya Barat di Pulau Weh dengan Wakaf Al-Qur’an

Banyaknya turis asing yang masuk ke Pulau Weh membuat Tengku Hasballah cemas. Pasalnya gaya berpakaian, perilaku dan budaya Barat yang dibawa oleh mereka bisa ditiru remaja Pulau Weh. “Jika tidak dibina dengan pendidikan Islam, remaja bisa terbawa arus,” ujarnya. Pulau Weh atau disebut juga Pulau Sabang sering dikunjungi wisatawan asing karena merupakan pulau yang berada di ujung barat Indonesia. Sekaligus menjadi titik nol kilo meter Indonesia.

anak-anak sedang belajar di pesantren

Semenjak dipercaya memimpin Dayah Darul Hijrah Tengku Hasballah mengajak remaja untuk mengaji dengan merangkul orangtua mereka terlebih dahulu. Setelah orangtua dipahamkan akan pentingnya ilmu agama, para orangtua mendorong dan mendukung program pendidikan agama di pesantren. Alhamdulilah, berkat kerja kerasnya selama ini, ratusan remaja berhasil dibina di dayah (pesantren).

Mereka diajari membaca Al-Qur’an, memahamkan mereka bahwa Al-Qur’an adalah pedoman hidup bagi manusia termasuk pedoman cara berpakaian dan berperilaku. Tengku Hasballah yakin, Al-Qur’an jika diajarkan dengan benar akan menjadi benteng bagi para remaja dari pengaruh negatif. Melihat hasil didikan di dayah Tengku Hasballah yang bagus, orangtua banyak yang menitipkan anaknya di di dayah tersebut.

Banyaknya peserta didik membuat stok Al-Qur’an tidak cukup, terkadang mereka harus bergantian. Belum lagi Al-Qur’an yang ada sudah banyak yang mulai rusak. Keterbatasan kuantitas Al-Qur’an juga dirasakan Tengku Maimun di Pidie Jaya. Al-Qur’an yang ada di pesantrennya juga mulai rusak. Begitu juga dengan pesantren lainnya. Ditambah dengan adanya gempa bulan Desember lalu menyebabkan banyak Al-Qur’an rusak tertimbun reruntuhan. Disamping itu, Al-Qur’an juga akan menjadi perlipur lara bagi para korban gempar agar tetap bersabar dan mengingat Allah SWT.

Melalui program Wakaf Al Qur’an dan Pembinaa (WAP), BWA mengajak kaum Muslimin untuk mensukseskan penyebabaran wakaf Al-Qur’an di berbagai dayah, masjid, mushala dan TPA di Sabang dan Pidi Jaya, Aceh. Ayo bantu tengku tangkal budaya Barat dengan Wakaf Al-Qur’an. Semoga Al-Qur’an yang kita wakafkan menjadi benteng bagi generasi terbaik di masa mendatang dan mengalirkan berjuta pahala yang tiada henti. Aamiin.[]

 

Nilai Wakaf yang Diperlukan:

Rp. 500.000.000,- (Untuk pengadaan wakaf 5000 Al-Qur’an + juz amma)

Partner Lapang :

Tengku Maimun


Ayo Bantu Tengku Tangkal Budaya Barat di Pulau Weh dengan Wakaf Al-Qur’an

Update #1: Al Qur’an Berhasil Terdistribusikan di Aceh

Sabtu pagi 14 Juli 2018 tim BWA berangkat menuju Aceh dalam rangka pendistribusian Al Qur’an, tim berangkat dari  Bandara Soekarno Hatta International Airport. Pada pukul 07.30 WIB tim tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh.

Di Bandara, tim BWA disambut oleh Pak Daniel selaku Kasdam, setelah beberapa menit melakukan koordinasi teknis, kemudian tim dijemput oleh tim mitra lapang BWA Aceh menuju penginapan.

Sorenya, pada pukul 16.00 WIB tim BWA bertemu dengan Pak Fajar (Kabintal Kodam Iskandar Muda) untuk melanjutkan arahan dari Pak Daniel siang tadi. Pada pertemuan tersebut, akhirnya seluruh kegiatan selesai dikoordinasikan dan pihak Kodam pun siap mendukung penuh pelaksanaan kegiatan Distribusi 7319 Al-Qur’an wakaf dari para wakif termasuk di dalamnya 2999 Al-Qur’an (1 Al-Qur’annya disimpan di BWA) dari BSM Umat dan para donaturnya.

Senin pagi, tanggal 16 Juli 2018, tim melanjutkan kegiatan sebagaimana yang telah direncanakan. Yakni bertemu dengan jajaran Kodam Iskandar Muda di Markas TNI Kodam Iskandar Muda. Pada acara tersebut tim BWA bersilaturahmi, dan menjelaskan teknis pendistribusian, serta memeriksa kembali kondisi Al-Quran yang disimpan di gudang Kodam Iskandar Muda, setelah semuanya rampung tim bertolak menuju kodim untuk bersilaturahmi, disana tim BWA disambut oleh Bapak Catur A. Siswoyo (Sekretaris Kodim), dan tim menjelaskan maksud kedatangannya, dan menyampaikan teknis pendtribusian Al-Qur’an.

Distribusi Al Qur'an Pulau Weh

(Distribusi 7000 Al Qur'an)

Pada hari selasa tanggal 17 Juli 2018, paginya tim menuju Kemenag Provinsi Aceh untuk berkoordinasi, tim disambut hangat oleh Bapak Drs. H. M. Daud Pakeh, kepala Kemenag Aceh. Dalam pertemuan tersebut, beliau menyampaikan terimakasih kepada BWA dan BSM Umat karena telah membantu Kemenag memenuhi kebutuhan Al-Qur’an di Aceh, khususnya di Sabang, Aceh Besar, Banda Aceh, dan Pidie Jaya. Beliau juga menyampaikan harapannya agar BWA bisa menyentuh lebih banyak lagi kebutuhan kaum muslimin di Aceh, terutama di daerah-daerah perbatasan, pesisir, dan rawan pendangkalan aqidah. Setelah dari Kemenag, Tim Alfa BWA bersama mitra lapang BWA Aceh menuju ke kantor Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU), majelis yang berdiri sendiri di Aceh ini kedudukannya setara dengan MUI. Beliau Prof. Dr. TGK. H. Muslim Ibrahim, MA yang menyambut sendiri kedatangan tim BWA. Selain beliau banyak bercerita tentang sejarah Aceh dan penerapan Uqubat di Aceh, beliau juga memberi banyak masukan kepada BWA agar pendistribusian Al-Qur’an tersebut bekerjasama dengan tokoh-tokoh setempat, terutama pada teungku yang memang menjadi orang yang didengar oleh masyarakat..

Proses Distribusi Al Qur'an

 

(Proses Distribusi Al Qur'an)

Rabunya seluruh tim langsung bergegas dan memulai pendistribusian hari pertama. Di Sabang, tim Sabang mendistribusikan Al-Qur’an di hari pertama tersebut ke MTSN 1 Sabang, di MTS tersebut, tim BWA bertemu langsung dengan Kepala Sekolahnya. Di MTSN tersebut ternyata memiliki program Tahfidz bagi siswa-siswi nya. Buktinya beberapa siswa dan siswi ketika di tes hafalannya mereka sebagiannya sudah hafal juz 30 dan 29.

Di Banda Aceh, tim Banda Aceh mendistribusikan Al-Qur’an di 6 Titik, Pertama di Masjid Nur Islah, Desa Engking, Kec. Lhok Nga, kedua di Pesantren Nurul Hidyatir Rahmani, Desa Engking, Kec. Lhok Nga, penerima Al-Qur’an di kedua tempat tersebut adalah Tengku Wahid, selaku pemilik Pesantren. Selanjutnya di hari kamis Team melanjutkan distribusi di Area Kecamatan Baitussalam, yaitu Menasah Cadek, Desa Cadek, Kec. Baitussalam, Aceh Besar. selanjutnya di Musholla Al Aufa, Komplek Cadek Permai, Kec. Baitussalam, Aceh Besar. Lokasi kelima di Masjid Baitusshadiqin, Gampong Baet, Kec. Baitussalam,  Aceh Besar, dan tempat distribusi terakhir di Masjid Maghfirah, Desa Gampong Kajhu, Kec. Baitussalam, Aceh Besar.

Kegiatan di Pidie Jaya pun berjalan dengan lancar. Dengan Izin Alloh, tim mendistribusikan Al-Qur’an ke beberapa titik di sana.

Demikian kegiatan pendistribusian Al Qur’an oleh tim BWA di hari Rabu tersebut. Kegiatan pendistribusian Al-Qur’an kemudian dilanjutkan oleh tim mitra lapang BWA Aceh selama bulan Agustus hingga awal September 2018. Alhamdulillah, akhirnya seluruh Al-Qur’an wakaf dari para wakif dan BSM Umat terdistribusikan.

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.