Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Water Action for People

Bantu Kebutuhan Air untuk Santri Penghafal Al-Qur’an

Bantu Kebutuhan Air Santri Penghafal Al-Qur'an

Malam masih larut. Waktu menunjukkan jam 03.05 WIB. Ilham bergegas bangun untuk menunaikan sholat sunnah. Melawan dingin yang menusuk tulang Ilham mencari air untuk berwudlu. “Alhamdulillah, airnya masih mengalir,” gumam Ilham sebelum berwudlu.

Biasanya jika sudah agak siangan, air di pondok pesantren seringkali habis, apalagi musim kemarau terkadang terpaksa ia tidak mandi pagi karena kehabisan air.

(Bantu Santri Qoryah Qur'an Mendapatkan Air Bersih)

(Bantu Santri Mafatih Mendapatkan Air Bersih)

Ilham adalah satu dari seratus santri penghafal Al-Qur'an yang berada di Pesantren Mafatih Wanayasa, Purwakarta Jawa Barat. Kebutuhan air di pesantren ini masih menjadi masalah. Sudah digali 2 sumur bor, namun jumlah airnya terbatas sehingga belum bisa memenuhi kebutuhan air seluruh warga pesantren, apalagi di bulan kemarau. Pernah dilakukan pengukuran untuk memastikan keberadaan sumber air di dalam tanah, hasilnya terdapat cekungan-cekungan air dengan jumlah yang terbatas. Tentu hal ini menjadi kekhawatiran karena jumlah santri setiap tahun terus bertambah.

Rencana Project

Karena sumber air di wilayah Pesantren sangat terbatas, pencarian sumber air dilakukan menyebrang jalan ke wilayah tanah garapan masyarakat. Alhamdulillah, berdasarkan pengukuruan di bawah tanah terdapat sumber air yang melimpah. Rencananya di lahan inilah akan dilakukan pengeboran sumur air yang nantinya akan dialirkan ke pesantren dan warga yang membutuhkan.               

BWA berencana melakukan pengeboran sumur air dan pembuatan penampungan air di pesantren untuk memenuhi kebutuhan air mandi, cuci dan kakus, berwudhu dan menyiram tanaman. Untuk itu BWA mengajak kepada kaum muslimin agar membantu para santri di Pondok Pesantren Mafatih Wanayasa Purwakarta Jawa Barat. InsyaAllah, wakaf sarana air bersih untuk Pesantren Penghafal Al-Qur'an ini sangat bermanfaat bagi para santri yang sedang menuntut ilmu dan akan terus mengalir menjadi pahala jariyah. Aamiin.

 

Nilai Wakaf yang Dibutuhkan:

Rp.530.581.900

Partner Lapangan:

Ustadz Dihya

 

#BWA #InovasiWakaf #WAFP #WaterActionforPeople #Wanayasa #WakafSaranaAirBersih

Bantu Kebutuhan Air untuk Santri Penghafal Al-Qur’an

Update #2: Perkembangan Realisasi Project WAFP Wanayasa

Menindaklanjuti pengalihan dana fundraising WAFP Adonara ke WAFP Sukamulya dan WAFP Pesantren Wanayasa, maka realiasi pekerjaan Wakaf Sarana Air Bersih untuk Pesantren Mafatih di Wanayasa ini akan segera dilanjutkan dan diselesaikan. Harapan para pengasuh pesantren dan santri akan adanya air bersih yang cukup Insya Allah terealisasi dalam waktu dekat.

BWA telah melakukan pekerjaan pengeboran air bersih di Pesantren Wanayasa dan mendapatkan debit air yang bagus (lebih dari 1 liter/detik). Dalam waktu dekat Insya Allah pekerjaan yang tersisa akan segera terealisasikan dalam waktu dekat (salah satunya pipanisasi dan pembuatan bak penampung).

Terima kasih kami ucapkan kepada semua donatur dan para wakif. Semoga kita semua mendapatkan pahala terus menerus dengan sebab wakaf yang telah kita salurkan, Aamiin Allahumma Aamiin.

 

Update #1: Progres Pengeboran Air di Lingkungan Ponpes Wanayasa

Alhamdulillah kegiatan pembangunan wakaf sarana air bersih di Wanayasa tengah berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan.

Pembangunan dimulai pada tanggal 13 april 2022 lalu, di mana alat dan bahan pengeboran sumur bor dalam tiba di lokasi pengeboran. Keesokan harinya pengeboran dimulai. Pengeboran sumur bor dalam dengan menggunakan diameter mata bor 5 inchi dan pada tanggal pada tanggal 17 april, pengeboran sumur dalam sudah selesai dilaksanakan dengan kedalaman sumur bor 120 meter.

(Pengeboran Sumur)

Progres pembangunan selanjutnya dilakukan pemasangan casing pipa 4 inchi ke dalam sumur bor dan dilakukan pemasangan pompa submersible dan setelahnya dilakukan pumping tes

Alhamdulillah apa yang dicita-citakan oleh para santri pondok pesantren Qoryah Quran Mafatih sudah hampir terlaksana berkat bantuan para wakif, kini harapan para santri sudah mulai terpenuhi karena team engineering bwa sudah melakukan pengeboran air di lingkungan pondok.

(Pumping Test, Alhamdulillah Air Sudah Mengalir)

Santri yang berada di Pondok Pesantren Mafatih Qoryah Qur’an selama ini mengantre untuk mengakses kebutuhan hidup seperti mandi, mencuci, berwudhu dan yang lainnya, sehingga menyebabkan terlambatnya aktivitas di Pondok, tetapi saat tim BWA berkunjung dan melakukan pengeboran, para santri merasakan kebahagiaan dan kesenangan karena sesaat lagi air akan mengalir di pondok tersebut.

Sahabat wakaf, masih ada kesempatan untuk kita membantu para santri yang berada di Pondok Pesantren Mafatih Qoryah Qur’an, semoga dengan apa yang kita keluarkan menjadi pahala mengalir yang terus menerus. Aamiin Allahumma Aamiin.

 

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.