Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari

Bantu Nenek Zuraida Keluarkan Batu Empedu

Bantu Nenek Zuraida Keluarkan Batu Empedu

Penampilan Zuraida (65 tahun) biasa saja, umumnya seorang wanita yang sudah tua ketika tim BWA mengunjungi kediamannya pada Senin, 7 Desember 2020. Namun bila penyakitnya sedang kambuh, perutnya mual hingga muntah, badan menggigil dan nafsu makan pun hilang. Kata dokter, ia mengidap sakit batu empedu (ada batu empedu di dalam empedu). Penyakit tersebut diidapnya cukup lama, sejak 2013. Pertama kali terdeteksi saat badannya menggigil panas lalu dibawa ke IGD RSUD Cibinong.

Di rumah sakit tersebut ia diperiksa darahnya, diopname sepekan, lalu di-USG. Hasilnya, ia mengidap sakit batu empedu. Besar batu empedunya sekitar satu cm. Penyebabnya makan yang berlemak, berminyak, dan bersantan. Biaya pengobatan ditanggung BPJS Kesehatan. Pada 2014, membesar menjadi 1,5 cm. Tiap tahun mengecil. Terakhir diperiksa pada 2020, ukurannya menjadi 1,16 cm.

(Nenek Zuraida)

(Nenek Zuraida)

Dengan menaiki angkutan umum, Zuraida berangkat kontrol rutin ke RSUD Cibinong sebulan sekali. Saat kontrol, dicek darah dan air kencing. Kalau kondisi kurang baik, dilakukan USG (empedunya dilihat dan dicek). Setiap kontrol, ia diberi resep obat untuk satu bulan. Biaya obat untuk 3 hari ditanggung BPJS Kesehatan, untuk 27 hari sisanya harus pribadi. Obat-obat itu antara lain adalah Curucuma FCT, Omeprazole dan Ursodeoxycholic. Biaya obat selama 27 hari yang diperlukan sebesar Rp 765 ribu. Itu belum termasuk biaya untuk buah-buahan, susu dan roti untuk asupan gizi bagi tubuh.

Anak bungsu menjadi tulang punggung. Namun anak bungsunya merasa berat. Pasalnya, pekerjaannya adalah supir angkot. Penghasilan kurang cukup. Apalagi selama pandemi, pendapatan turun lebih dari setengahnya bila dibandingkan saat kondisi normal.

Untuk mengurangi beban keluarga Zuraida, BWA mengajak kaum Muslimin bersedekah melalui program Sedekah Kemanusiaan (SK) agar ia dapat terus kontrol dan dapat menebus obat. Semoga kita semua mendapat pahala berlimpah dari Allah SWT karena telah membantu sesama. Aamiin.[]

 

Sedekah yang Diperlukan:

Rp.26.700.000

Mitra Lapangan:

Ali Jabbar 

 

#BWA #SedekahKemanusiaan #SK

 

Belum ada Update

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.

Project Sejenis