Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Wakaf Produktif

Bantu Warga Miliki Penghidupan yang Layak Melalui Wakaf Tanaman Produktif

Bantu Warga Miliki Penghidupan yang Layak Melalui Wakaf Tanaman Produktif

Banyak petani, khususnya warga Desa Cireunghas Kecamatan Cireunghas Kabupaten Sukabumi hidup dengan serba ketidakpastian. Sekalipun memiliki lahan, tidak lantas menjamin mereka bisa bercocok tanam setiap musim tanam tiba. Keterbatasan permodalan dan faktor iklim seringkali menjadi kendala, yang membuat lahan-lahan pertanian tidak tergarap sebagaimana mestinya. Problem seperti ini dialami oleh sebagian petani di musim kemarau dimana mereka tidak bisa menggarap lahan, lalu mencari pekerjaan lain untuk bertahan hidup.

(Pemberdayaaan Petani Lokal)

(Pemberdayaaan Petani Lokal)

BWA berinistiatif memberikan solusi dengan membuka alterntif lapangan pekerjaan bagi para petani Cireunghas melalui lahan seluas 13 hektar di Desa Cireunghas untuk dijadikan usaha pertanian dan perkebunan terpadu. Usaha ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan para petani Cireunghas dan sekitarnya.  

(Lahan Produktif Tanaman Atsiri)

(Lahan Produktif Tanaman Atsiri)

Pada lahan tersebut akan dibudidayakan berbagai tanaman produktif, diantaranya sereh wangi, nilam dan akar wangi. Pada tahap awal, sejak Januari 2020 telah dibudidayakan tanaman jenis sereh wangi pada lahan seluas 7 Ha. Tanaman yang memiliki nama latin Cymbopogon nardus atau dikenal juga dengan sebutan citronella grass sengaja dipilih karena bernilai ekonomi tinggi. Sereh wangi mengandung minyak atsiri yang banyak dibutuhkan dunia industri, dimana permintaan pasar yang tinggi dan selalu mengalami peningkatan permintaan 3-5 %.

Selain itu, sereh wangi terbilang mudah ditanam dan diperlihara. Tidak perlu perawatan khusus, bahkan pupuknya pun ekonomis, layaknya pupuk biasa. Pemanfaatannya dalam jangka panjang karena bisa dilakukan pembaharuan pembibitan dari tanaman lama setelah 6 tahun masa tanam secara berkelanjutan. Panen pertama biasanya dilakukan dalam masa tujuh bulan setelah ditanam. Selanjutnya, panen bisa dilakukan setiap tiga bulan, dan akan terus dapat dipanen dalam jangka waktu 6 tahun tanpa mengganti bibit baru. Pendek kata, budidaya tanaman sereh wangi merupakan usaha yang menguntungkan. Pasarnya sudah ada. Modalnya terjangkau, dan potensi keuntungannya berlipat ganda.

Budidaya tanaman sereh wangi memerlukan pasokan bibit yang memadai. Biaya pengadaan bibit ini tidak sedikit. Karena itu, BWA mengajak umat untuk bersama-sama berwakaf membiayai pembelian bibit tanaman sereh wangi melalui Program Wakaf Produktif. Hanya dengan  Rp.100.000, anda telah berwakaf satu rumpun tanaman sereh wangi. Satu rumput berisi tiga tangkai bibit sereh wangi. Nilai wakaf tersebut sudah termasuk biaya penanaman dan perawatan selama 6 tahun serta pembaruan tanaman produktif lain yang memiliki nilai ekonomi lebih tinggi.

Wakaf tanaman produktif ini insya Allah memberikan efek ganda dan manfaat yang luas. Dengan berwakaf pada proyek ini, wakif telah turut serta dalam mendukung biaya pendidikan bagi ratusan pelajar, mahasiswa, dan santri serta penghafal quran di puluhan lembaga pendidikan dan pondok pesantren yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Juga mendukung peningkatan kualitas hidup petani melalui ketersediaan lapangan pekerjaan dan peluang usaha di bidang pertanian dan agroindustri.

Ketersediaan bibit menjadi “pintu” bagi terlaksananya kegiatan budidaya. Ini berarti terbuka lapangan kerja baru yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Di sisi lain, kegiatan budidaya tanaman atsiri akan mendatangkan keuntungan untuk mendukung pembiayaan program-program pendidikan, kemanusiaa, dan pemberdayaan BWA yang lain, terutama program pendidikan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Semoga partisipasi para wakif dalam kegiatan budidaya tanaman atsiri di Cirenghas ini mendapat limpahan berkah dari Allah Subhanahu wata’aala dan membalasinya dengan kebaikan berlipat ganda.

 

Nilai Wakaf yang Diperlukan:

Rp.16.800.000.000 (Wakaf per Rumpun Rp.100.000)

Partner Lapangan:

Lembaga Nadzir Indonesia (LNI)

 

#BWA #Wakaf #WakafProduktif #WP #Atsiri

 

Belum ada Update

DONASI YANG DIBUTUHKAN

Rp 16.800.000.000



0%
Butuh Rp 16.800.000.000,- lagi

PROJECT LAIN

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.

Project Sejenis