Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Water Action for People

Bantu Wujudkan Aliran Air Bersih untuk Kampung Babakan

Bantu Wujudkan Aliran Air Bersih untuk Kampung Babakan

Seperti yang kita ketahui bersama, Indonesia merupakan negara maritim yang dimana sebagian besar wilayahnya adalah perairan. Air merupakan kebutuhan untuk semua makhluk hidup khususnya bagi manusia. Tentunya dengan keadaan negara kita yang kaya akan air pasti kehidupan manusia akan berjalan dengan baik dan sehat.

Akan tetapi, kuantitas air yang banyak itu belum tentu memiliki kualitas yang bagus, BWA telah menjumpai masyarakat yang berada di Kampung Babakan Kelurahan Tuwel Kabupaten Tegal, menurut pengakuan warga sekitar jumlah penduduk berkisar 1500 jiwa, 300 KK di 5 RT yang berada pada ketinggian 807 MDPL dengan kondisi geografis yang berkontur (tidak merata).

(Kondisi Sungai yang Ada)

(Kondisi Sungai yang Kotor)

Kampung  yang tidak memiliki sarana air bersih tersebut akhirnya harus memanfaatkan air sungai untuk kehidupan sehari-hari mereka, padahal kita faham bahwa air sungai tidak memenuhi standar air bersih. “Banyak menyebabkan penyakit menular di masyarakat seperti gatal-gatal, kudis, kutu air dan yang lainnya serta kondisi ini menyebabkan ikan peliharaan masyarakat pada mati,” ujar Bapak Junaidi.

(Kondisi Saluran yang Ada)

(Kondisi Saluran Air yang Ada)

Dampak yang dirasakan oleh masyarakat sekitar membuat BWA bersama masyarakat memiliki rencana untuk menyelesaikan masalah ini. BWA dan masyarakat menemukan titik sumber air yang bagus dengan jarak kurang lebih 1,5 km dari kampung mereka, akan tetapi rencana tersebut belum bisa berjalan dengan baik dan sempurna dikarenakan dana yang tidak memadai. Oleh karena itu, mereka berharap agar rencana ini dapat terwujudkan di kampung mereka.

Rencana Proyek

Rencana bantuan untuk wakaf sarana air bersih ini adalah:

  1. Membeli sumber air
  2. Membuat bak tampung di sumber air
  3. Memasang jalur pipa baru dengan pipa HDPE diameter 1,5 inch ke wilayah pemukiman
  4. Pengadaan 1 bak penampung kapasitas 25 kubik

Oleh karena itu, BWA mengajak kaum muslimin untuk mari berwakaf air bersih yang di khususkan kepada masyarakat yang di kampung Babakan, Kelurahan Tuwel, Kabupaten Tegal. Semoga menjadi sedekah jariyah bagi para wakif sekalian. Aamiin.

 

Nilai Wakaf yang Dibutuhkan:

Rp.1.733.500.000

Partner Lapangan:

Bapak Junaidi

 

#BWA #InovasiWakaf #WAFP #WaterActionforPeople #WakafSaranaAirBersih

 

Bantu Wujudkan Aliran Air Bersih untuk Kampung Babakan

Update #3: Informasi Perubahan Nilai Project

Tim BWA mendapatkan informasi terbaru terkait sumber air yang rencananya akan dimanfaatkan untuk warga Kampung Babakan. Saat mendapatkan informasi tersebut, maka tim Engineering BWA kembali melakukan survey ke lokasi sumber air di wilayah lahan perhutani dan didapatkan gambaran bahwa sumber tersebut memiliki jumlah debit air yang amat besar.

Setelah berdiskusi, maka disepakati sumber air tersebut akan dimanfaatkan untuk mengairi Kampung Babakan. Namun setelah dilakukan pengukuran ternyata terdapat selisih jarak dari pengukuran sumber air sebelumnya. Panjang sumber air kurang lebih sepanjang 6.000 m hingga sampai Kampung Babakan, selisih 4.000 m dari rencana sumber air awal.

Selain lokasi sumber airnya berpindah tempat, ada sejumlah warga yang tadinya dijanjikan akan ada bantuan proyek Pamsimas Kementerian PU tidak jadi terealisir proyeknya, karena warga dimintakan biaya untuk proyek pamsimas tersebut yang jumlahnya nominalnya cukup memberatkan warga. Oleh karena itu sebagian besar warga tersebut memilih menunggu bantuan sarana air bersih dari BWA yang tidak dipungut biaya sepeserpun.

Dengan adanya perubahan tersebut, maka tim Engineering BWA melakukan perencanaan dan perhitungan ulang untuk nilai proyek tersebut dan jumlah calon penerima manfaat yang tadinya hanya 600 jiwa menjadi berkisar 1900 jiwa (500 KK).

Mari bersama BWA turut membantu kesulitan air yang dialami oleh warga Kampung Babakan dengan berwakaf di BWA untuk project WAFP Kampung Babakan. Semoga kelak dengan mengalirnya air di Kampung Babakan, akan mengalirkan pula pahala jariyah yang penuh berkah dan kebaikan untuk para wakif, aamiin.

 

Update #2: Pemanfaatan dan Pengelolaan Air Bersih yang Baik untuk Kemaslahatan Warga Kampung Babakan

Jum’at 15 Juli 2022 tim BWA berkesempatan hadir ke Kampung Babakan, tepatnya di Kelurahan Tuwel, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah. Dalam kunjungan tersebut kami bersama Bapak Junaidi dan Bapak Agus berbincang sambil berjalan menuju kali tempat air yang selama ini dipakai warga kampung Babakan untuk kehidupan sehari-hari.

Sebelumnya, pada bulan Februari lalu tim sempat berkunjung dan melihat kondisi kali/sungai yang saat itu sudah kotor dan tercemar karena sampah yang menumpuk di tumpukan batu. Saat ini kondisi air tersebut sangatlah kotor dan tercemar, sehingga menyebabkan gatal gatal saat tim berjalan di kali tersebut.

(Kegiatan Survei Tim BWA)

Sahabat wakaf, Bapak Junaidi dan Bapak Agus mengatakan bahwa ada sumber air yang bersih dan bisa dipakai untuk kehidupan warga Kampung Babakan.

“Ada sumber air bersih yang bisa dimanfaatkan Pak. Dari sini (kampung) jaraknya 6,5 km. Insya Allah nanti ini yang akan dijadikan sumber mata air untuk dialirkan ke kampung Babakan,” tutur Bapak Junaidi.

Pengelolaan air saat ini dikelola oleh banyak kelompok dan tidak dikordinasikan melalui satu wadah organisasi, sehingga banyak terjadi pengelolaan yang asal-asalan dan tidak peduli antar satu sama lain.

(Kondisi Sungai yang Tercemar)

Kesimpulannya saat ini adalah bantuan air bersih menjadi urgensitas bagi warga Kampung Babakan, air sungai yang bercampur dengan tumpukan sampah dan juga limbah dari pariwisata Guci, buangan air rumahan, sampah rumah tangga dan buangan air kotor dari kandang sapi menjadi faktor pendukung air yang digunakan tidak sehat dan kotor.

Mari sahabat wakaf bersama BWA membantu warga Kampung Babakan mendapatkan air bersih. Semoga dengan mengalirnya air bersih di sana kelak, mengalirkan pula pahala yang tiada terputusnya hingga yaumil akhir untuk para wakif, aamiin.

 

Update #1: Bersama Bahagiakan Warga Kampung Babakan dengan Air Bersih

Pada kegiatan survey lanjutan yang dilakukan oleh tim BWA untuk project WAFP Kampung Babakan, tim menyempatkan untuk bersilaturahmi dan berdiskusi dengan pemerintah desa terkait permasalahan dan potensi solusi kebutuhan air bersih untuk warga Kampung Babakan.

“Kampung Babakan mengalami kekurangan air karena berada pada posisi wilayah yang kurang menguntungkan,” terang Pak Syaeful, Kades Tuwel.

Sebenarnya, hampir sebagian besar kampung di desa Tuwel mendapatkan bantuan air dari proyek pamsimas, namun karena posisi kampung Babakan berada di posisi yang paling rendah diantara kampung lain di desa tuwel, sehingga air yang ditarik menggunakan pipa sudah habis terlebih dulu untuk kebutuhan air di dusun atasnya dan tidak cukup lagi untuk mengalir ke kampung babakan.

(Posisi Kampung Babakan Berada di Paling Rendah)

(Posisi Kampung Babakan Berada di Paling Rendah)

Kondisi memprihatinkan inilah yang dialami oleh sekitar 600 kk di kampung babakan. “Kami dari pihak pemerintah desa belum menemukan solusi untuk memenuhi kebutuhan air di kampung Babakan, apalagi di tahun ini, desa Tuwel tidak mendapatkan lagi bantuan dana untuk pamsimas,” lanjut Pak Syaeful.

“Selama ini, warga kampung mendapatkan air dengan mengandalkan sambungan selang yang di dapatkan dengan cara swadaya masyarakat. Selang ini mengalirkan air dari aliran sungai yang berada di area sawah dekat kampung,” terang Pak Junaedi, salah satu tokoh warga di sana.

(Sungai yang Terpaksa Dimanfaatkan Warga)

(Warga Menyambung Selang untuk Memanfaatkan Air Sungai)

Kondisi air yang dimanfaatkan warga tergolong tidak sehat karena berasal dari aliran air sungai. Dimana dalam aliran ini bercampur dengan sampah, lumpur dan kadang bangkai hewan. Warga terpaksa karena tidak ada pilihan lain. Hal ini diperparah dengan kondisi pada musim kemarau, dimana debit aliran air semakin sedikit dan mengering pada puncak musim kemarau.

BWA mengajak para wakif untuk membantu kebutuhan air bersih bagi warga Kampung Babakan. Membahagiakan mereka dengan kemudahan mendapatkan air bersih yang mengalir langsung ke rumah-rumah mereka. Semoga harta yang telah diwakafkan menjadi pahala jariyah yang terus mengalir, aamiin.

 

DONASI YANG DIBUTUHKAN

Rp 1.733.500.000



25.61%
Butuh Rp 1.289.481.476,- lagi

PROJECT LAIN

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.