Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Indonesia Belajar

Bantuan Dana Pendidikan untuk Anak Yatim Indonesia

Bantuan Dana Pendidikan untuk Anak Yatim Indonesia

Sudah dua tahun pandemi COVID-19 menyelimuti Indonesia dan negara-negara lain di dunia, dampak buruknya terasa di sana-sini. Banyak usaha yang bangkrut. Perusahaan terpaksa melakukan PHK. Ekonomi keluarga pun ikut terpuruk.

Sedihnya lagi, pandemi telah merenggut nyawa ratusan ribu orang, yang menyebabkan jumlah anak-anak yatim di Indonesia bertambah banyak. Ini menimbulkan persoalan baru. Menjadi yatim sungguhlah berat. Anak-anak yatim  bukan hanya kehilangan kasih sayang dari orang terdekat, melainkan juga kehilangan tulang punggung keluarga (peran sang ayah) yang selama ini membiayai kehidupan dan kebutuhan sekolah.

(Bantuan Pendidikan untuk Anak Yatim dan Dhuafa)

(Bantuan Pendidikan untuk Anak Yatim dan Dhuafa)

Agama Islam mengajarkan kita untuk membantu meringankan beban anak-anak yatim. Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam di dalam haditsnya telah menyebutkan bahwa memelihara dan merawat anak yatim menjadi salah satu keutamaan yang mendapatkan ganjaran pahala yang besar. Bahkan, hadits diriwayatkan dari Sahl bin Sa’d mengatakan Rasulullah bersabda, “Saya dan penanggung kehidupan anak yatim di surga seperti ini.” Beliau mengisyaratkan dengan dua jarinya: jari telunjuk dan jari tengah. Ini artinya orang yang menanggung kehidupan anak yatim akan bersama dengan Nabi shallallahu ‘alahi wa sallam di surga.

Salah satu masalah yang sering  menghantui anak-anak yatim adalah ketersediaan dana untuk membiayai pendidikan. Tidak jarang mereka terpaksa putus sekolah lantaran tidak ada uang, padahal cukup pandai dan memiliki cita-cita tinggi. Pendidikan jelas penting, karena pendidikan dapat membukakan jalan untuk keluar dari lembah kemiskinan dan mengangkat derajat keluarga.

Badan Wakaf Al Quran (BWA) merasa terpanggil untuk membantu menyediakan dana pendidikan bagi anak-anak yang telah kehilangan orang tua. Maka dengan hal itu, dirancanglah bagian dari Program Indonesia Belajar yang dinamakan  “Bantuan Pendidikan untuk Anak Yatim”.

Melalui program ini BWA berusaha menghimpun dana bantuan pendidikan untuk dialokasikan membiayai pendidikan anak-anak yatim di berbagai daerah Indonesia. Sehingga diharapkan mereka dapat melanjutkan dan menyelesaikan sekolahnya.

Mari bersama-sama kita hantarkan mereka meraih cita-cita. Semoga kelak berguna bagi keluarga, masyarakat, dan negara. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan pahala jariyah, kemudahan dunia akhirat, serta rezeki yang melimpah bagi para donatur BWA.

 

Nilai Donasi Pendidikan yang Dibutuhkan:

Rp.769.000.000

Mitra Lapangan:

Dadan Wahyu Ramdhani

 

#BWA #InovasiWakaf #IndonesiaBelajar #IB

 

Bantuan Dana Pendidikan untuk Anak Yatim Indonesia

Update #1: BWA Salurkan Bantuan Pendidikan untuk Puluhan Anak Yatim di Garut

Alhamdulillah pada bulan suci Ramadhan lalu tim BWA berkesempatan berbagi santunan untuk anak yatim di daerah Situkiruh, Desa Cintanagara, Kecamatan Bayongbong, Garut. BWA melalui program Indonesia Belajar (IB) menyalurkan bantuan donasi pendidikan untuk 26 anak yatim di Desa Situkiruh dengan total santunan yang disalurkan sebesar Rp.26.000.000. Pada kesempatan baik itu pula BWA mengadakan buka puasa bersama anak yatim di sana.

Tim IB berkesempatan menemui salah satu anak yatim yaiitu Muhammad Iqbal. Iqbal sudah menjadi yatim semenjak dia berusia 5 bulan, sebuah kecelakaan menimpa ayahanda Iqbal hingga meninggal dunia. Sejak saat itu pula Iqbal dibesarkan oleh ibu dan dibantu pamannya untuk bisa memberikan kebutuhan biaya sekolah nya Iqbal. Pekerjaan paman dan ibu nya saat ini hanya serabutan, yang mana penghasilannya tak menentu.

“Terima kasih untuk BWA yang sudah memberikan bantuan untuk anak saya, uangnya insyaAllah bakal nanti dibelikan tas, sepatu, alat-alat tulis, dan kebutuhan sekolahnya Iqbal,” tutur ibunda Iqbal.

Turut hadir dalam acara santunan anak yatim, beberapa tokoh masyarakat dari Kampung Situkiruh. “Saya atas nama pribadi dan masyarakat kampung Situkiruh. Kepada tim BWA, saya menghaturkan terimakasih atas santunannya kepada anak-anak yatim. Semoga bantuan ini diterima di sisi Allah SWT dan semoga Allah SWT membalasnya dengan balasan yang berlipatganda aamiin ya Allah ya Rabbal ‘alamiin,” tutur Ustadz Abdurrahman.

DONASI YANG DIBUTUHKAN

Rp 769.000.000



24.89%
Butuh Rp 577.573.963,- lagi

PROJECT LAIN

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.