Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Zakat Peer To Peer

Bila Kecapekan Bekerja, Yusti Gemetar lalu Tak Bisa Apa-Apa

Bila Kecapekan Bekerja, Yusti Gemetar lalu Tak Bisa Apa-Apa

Karena mengidap penyakit asam lambung kronis gerd (gastroesophageal reflux disease), Yusti tidak boleh kecapekan. Namun pekerjaannya sebagai tukang cuci setrika pakaian dan bersih-bersih rumah tetangga, mengharuskannya bekerja sampai pekerjaannya kelar. Akhirnya, ia memaksakan diri bekerja, badannya gemetar. Kemudian, tak bisa melakukan apa-apa. Warga jalan Puri Tajur Ciledug kota Tangerang pun harus istirahat beberapa hari.

Yusti jadi merasa serba salah. Bila istirahat tak dapat uang. Bila bekerja malah penyakitnya kambuh. Biaya berobatnya lebih mahal daripada yang penghasilannya yang rata-rata Rp500 ribu per bulan itu. Dulu sempat beberapa kali kontrol ke dokter. Namun akhir-akhir ini sudah tidak lagi karena tak punya uang.

(Yusti Idap Asam Lambung Akut)

(Yusti Idap Asam Lambung Akut)

Akhirnya, wanita yang tinggal bersama kakak ipar dan keponakan-keponakannya tersebut hanya bisa diam di rumah menunggu kesehatannya pulih kembali. Nanti kalau sudah merasa sehatan, ia kembali bekerja. Kesehatannya tampaknya tak kunjung membaik, karena buat makan sehari-hari saja susah.

Namun, bila terus-terusan begini, ia pun merasa malu dan tidak enak. Lantaran dirinya merasa telah menyusahkan kakak ipar. Yusti tahu persis kakak iparnya juga sedang kesulitan ekonomi. “Dan sekarang ditambah saya, makanya apa yang bisa saya bantu agar saya tidak menjadi beban mereka?” ujar Yusti sambil menangis ketika bercerita itu.

Tetangga yang mengetahui kondisi ekonominya, kadang memberi beras. “Jujur aja saya, beras aja selalu dikasih sama orang karena tahu saya sering tidak ketemu nasi,” ujarnya.

Yusti pun sering mencoba memotivasi dirinya sendiri dengan bilang kuat-kuat, “Yus pasti bisa untuk tetap sehat agar bisa mempunyai penghasilan lagi seperti dulu!”

Untuk mengurangi beban Yusti, BWA mengajak kaum Muslim menyalurkan zakat harta melalui program Zakat Peer to Peer (ZPP) sehingga ia bisa berobat dan dapat memenuhi biaya kehidupan sehari-hari untuk beberapa bulan ke depan. Selain itu, tentu saja kewajiban zakat para muzaki (penunai zakat) tertunaikan.

Semoga Allah SWT membalas kebaikan para muzaki dengan balasan kebaikan yang berlipat ganda. Aamiin.[]

 

Nilai Zakat Harta yang Diperlukan:

Rp.16.400.000

Mitra Lapangan:

Ridzky Maulana

 

#BWA #InovasiWakaf #ZPP #ZakatPeertoPeer

 

Belum ada Update

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.