Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Sedekah Kemanusiaan

Bila Mau BAB, Caca Suka Menjerit Kesakitan

Bila Mau BAB, Caca Suka Menjerit Kesakitan

Siapa sangka gadis kecil seperti Caca al-Zahra (9 tahun) sudah diuji dengan tumor teratoma ovarium stadium 3. Gejalanya baru terasa sejak Februari 2020. Awalnya ia suka mengeluh sakit perut. “Kalau mau buang air besar sama kentut itu suka nangis ngejerit kesakitan, terus suka sesek nafasnya dan suka ngeluh tulang pinggangnya sakit minta diusapin,” ujar Taryanto (42 tahun/ayah).

Karena hampir setiap hari muncul keluhan yang sama, Caca pun dibawa berobat ke rumah sakit terdekat dan kata dokter ada benjolan di bagian bawah pusar. Sayangnya rumah sakit tersebut minim fasilitas sehingga untuk tindakan medis lebih lanjut ia pun dirujuk ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.  

(Kondisi Terakhir Caca)

(Kondisi Terakhir Caca)

Dokter yang menangani tak dapat memastikan kapan kondisi Caca membaik. Dokter hanya memberi tahu penyakitnya sekarang sudah menempel di rahim. “Jadi harus rutin melakukan kemoterapi tiap bulan agar tumornya mengecil baru nanti diangkat (operasi),” beber Taryanto.

Sejak Maret, Caca pun rutin dikemoterapi sebulan sekali ke RSHS. Sekali terapi berlangsung selama tujuh hari. Karena ketika datang, tidak bisa langsung kemoterapi tetapi harus dimulai dari periksa lab sampai final lab untuk mengambil cairan dari perut untuk sampel. Setelah hasil final lab keluar, barulah ia dikemoterapi.

Meski mengikuti BPJS tapi tetap saja bagi warga Dusun Sukatani, Kelurahan Sukawera, Kecamatan Ligung, Majalengka, Jawa Barat, biaya yang harus dikeluarkan terasa sangat berat. Selain untuk ongkos kendaraan umum selama perjalanan berangkat dan pulang, biaya hidup selama tujuh hari menginap di dekat RSHS juga tidak sedikit. Belum lagi biaya beberapa obat yang tidak tercakup BPJS.

Apalagi Taryanto hanya mengandalkan kerja serabutan sejak mengantar dan merawat Caca ke RSHS, yang penghasilannya jauh di bawah penghasilan sebelumnya ketika masih kerja di pabrik. Terpaksa, ia pun meminjam uang ke saudara dan tetangga guna menutupi biaya akomodasi tiap kali Caca terapi.

Untuk mengurangi beban keluarga Caca, BWA mengajak kaum Muslimin bersedekah melalui program Sedekah Kemanusiaan (SK) sehingga biaya akomodasi berobat Caca selama terapi hingga selesai operasi dapat terpenuhi.  

Semoga kita semua mendapat pahala berlimpah dari Allah SWT karena telah membantu sesama. Aamiin.[]

 

Sedekah yang Diperlukan:

Rp.43.100.000

Mitra Lapangan:

Dadan

 

#BWA #Wakaf #Sedekah #SedekahKemanusiaan #SK

Belum ada Update

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.

Project Sejenis