Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Sedekah Kemanusiaan

Bocah Zahra Menahan Tumor di Rahim, Tulang Punggung Membengkok dan Jantung Bocor

Bocah Zahra Menahan Tumor di Rahim, Tulang Punggung Membengkok dan Jantung Bocor

Di usia yang masih sangat belia, belum genap berusia 8 tahun, Caca Al Zahra terlihat seperti perempuan hamil. Perutnya membesar, dan bertambah besar seiring berjalannya waktu. Ini bukan hal biasa. Sekitar dua tahun gadis asal Majengka ini  mengalaminya. Orang tua Zahra  berikhtiar membawa putrinya  berobat ke berbagai tempat, mulai dari rumah sakit di Majelengka, Bandung, sampai Jakarta.

Ternyata diketahui ada tumor bersarang di rahim Zahra. Tanggal 25 Juni 2021, Zahra menjalani operasi pengangkatan tumor di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

(Zahra Idap Berbagai Penyakit Berat)

(Zahra Idap Berbagai Penyakit Berat)

Operasi berjalan lancar. Orang tua Zahra sangat gembira melihat perut Zahra kembali terlihat normal. Sebelum operasi berat badan Zahra 33 kg. Setelah operasi menyusut tinggal 20 kg. Ini berarti berat tumor yang menggegorogoti tubuh Zahra mencapai berat 13 kg.

Muncul masalah baru. Rupanya tubuh Zahra yang masih mungil tidak mampu menopang  tumor yang begitu berat, sehingga mengakibatkan struktur tulang punggungnya mengalami pembekokan. Inilah yang membuat Zahra tidak mampu berjalan normal. Untuk membantu memperbaiki tulang belakang ini, Zahra harus mengenakan korset.

Kondisinya bertambah berat lagi, ternyata jantung Zahra mengalami kebocoran pula. Zahra harus kembali menjalani perawatan intensif di RSCM. Untuk itu, ia harus menjalani terapi suntik khusus untuk jantung setiap tiga minggu sekali. Zahra juga mengalami gizi buruk, sehingga harus mengikuti terapi gizi untuk memperbaiki kadar dan kualitas nutrisi harian agar tubuhnya  sehat dan kuat.

“Dalam sepekan Zahra bisa tiga kali kunjungan ke rumah sakit, dan Zahra juga melakukan suntik khusus penderita jantung setiap bulannya hingga lima tahun ke depan,” tutur Ibu Zahra.

Sehari-hari kedua orang tua Zahra bekerja serabutan. Mereka cukup kewalahan untuk membiayai kebutuhan sehari-hari pengobatan Zahra. Memang  tindakan operasi, rawat inap, dan perawatan ditanggung BPJS Kesehatan, namun tidak semua jenis obat tercakup di dalamnya. Ada obat-obat  tertentu yang harus ditebus sendiri dan harganya cukup mahal.  Sekalipun  bisa tinggal di rumah singgah dekat rumah sakit yang tidak dipungut bayaran, orang tua Zahra juga harus mengupayakan biaya harian selama menunggui anaknya berobat di Jakarta.

Badan Wakaf Al Quran (BWA) tergerak untuk meringankan beban keluarga ini. Melalui Program Sedekah Kesehatan, BWA mengajak para donatur menggalang dana untuk membiayai keperluan pengobatan Zahra. Semoga Allah SWT memberikan kesembuhan bagi Zahra, hingga dapat beraktivitas seperti teman-teman seusianya.

Dan, teriring pula doa,  Semoga Allah SWT membalasi kepedulian para donatur dengan kebaikan berlipat ganda.

 

Sedekah yang Diperlukan:

Rp.41.600.000

Mitra Lapangan:

Wahyu

 

#BWA #InovasiWakaf #SK #SedekahKemanusiaan

 

Bocah Zahra Menahan Tumor di Rahim, Tulang Punggung Membengkok dan Jantung Bocor

Update #1: Pengobatan Jantung Bocor yang di Idap Zahra Masih Berjalan

Kondisi Zahra mulai membaik, ia sudah bisa kembali bersekolah, untuk pengobatan jantung bocor yang diderita masih berjalan karena masih ada pemeriksaan lanjutan dari dokter yang menanganinya dirumah sakit yang ada di Kota Jakarta. Setiap tiga bulan sekali kedua orang tua Zahra membawanya ke Jakarta untuk menjalani perawatan dan pemeriksaan, selama di Jakarta mereka tinggal di salah satu rumah singgah yang tidak dipungut biaya.

Ibunda Zahra juga menyampaikan, paska pengankatan tumor ovarium yang sempat hinggap pada tubuh putrinya, kini mulai membaik dimana bagian perut Zahra tak lagi membesar, hanya saja Zahra masih membutuhkan alat bantu untuk menopang tulang belakangnya agar kondisi tulang kembali normal. Alhamdulillah perlahan kondisi tulang belakang Zahra mulai membaik dan Zahra dapat beraktivitas sebagaimana biasa.

(Zahra Menggunakan Alat Bantu untuk Menopang Tulang Belakangnya)

Kedua orang tua Zahra, khususnya sang Ibu selalu mewanti-wanti jika beraktivitas jangan terlalu berat, sebab ia masih khawatir akan jantung putrinya yang masih dalam proses pengobatan dan perawatan. Selama menjalani perawatan di rumah sakit Zahra terbantu dengan BPJS, hanya saja tidak semua kebutuhan tercakup disana.

Bantuan yang terkumpul dari BWA melalui program Sedekah Kemanusiaan cukup membantu beberapa biaya yang belum tercakup BPJS, terutama untuk kebutuhan nutrisi seperti susu formula dan vitamin bagi Zahra, dan kebutuhan akomodasi selama mereka pulang pergi dari Majalengka ke Jakarta untuk tindakan rawat jalan.

(Keadaan Zahra Membaik, Meskipun Pengobatan untuknya Terus Berjalan)

Kedua orang tua Zahra merasa amat bersyukur dan terbantukan atas bantuan yang ia terima dari BWA, tak henti-hentinya mereka mengucap syukur atas apa yang mereka terima. “Alhamdulillah, senang sekali mendapat bantuan dari BWA, saya ucapkan terimakasih banyak kepada BWA, semoga selalu suskes, Zahra juga yang sedang dibantu minta doa-nya agar sehat terus,” ujar Ibunda Zahra

 

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.