Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Indonesia Belajar

Cita-Cita Syukran (24 tahun) Jadi Guru Bahasa Arab

Karena ingin menjadi guru bahasa Arab dan sekaligus memperdalam agama Islam, Syukran (24 tahun) warga Bima, NTB, sudah 3,5 tahun ini merantau ke Sidoarjo, Jawa Timur. Berawal tatkala dia mendapatkan beasiswa penuh kuliah diploma dua (D2) di Ma’had Umar bin Khaththab Sidoarjo.

IB

Syukran (24 th)

Setamat kuliah, dia tidak dapat langsung mengajar Bahasa Arab di Madrasah Aliyah, karena untuk menjadi seorang guru minimal berijazah sarjana (S1) kependidikan. Pantang bagi Syukran pulang ke kampung halaman sebelum sukses menjadi guru. Maka ia pun mengajar privat bahasa Arab serta mengajar di Taman Pendidikan Qur’an  dekat tempat kosnya Jalan Erlangga Kampung Baru RT 01/01Kelurahan Paraban Selatan Kecamatan Sidokare, Sidoarjo.

Sudah setahun setengah ia mengajar dengan penghasilan sekitar Rp 550.000,- per bulan. Uang itu habis untuk membayar kontrakan sebanyak 140.000/bulan serta untuk kebutuhan sehari-hari Rp 300.000,- . “Tak ada yang dapat ditabung untuk biaya masuk kuliah S1,” keluh gadis yang ingin meneruskan kuliah di  Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Namun meminta biaya kepada keluarga di kampung halaman juga bukan solusi. Karena ayahanda Qasim dan kelima kakaknya hanyalah buruh tani di Bima yang penghasilannya tidak seberapa. Padahal biaya yang dibutuhkan untuk meneruskan kuliah tidaklah sedikit.  

Uang masuk dan semester pertama saja sekitar Rp 4.550.000,- Dengan rincian: uang pendaftaran Rp 350.000; uang gedung Rp 1.250.000; uang ospek Rp 100.000; uang pokok Rp 550.000; biaya semester lima (23 SKS) Rp 2.300.000.

Melalui program Indonesia Belajar (IB), Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) mengajak kaum Muslimin mendonasikan sebagian hartanya untuk mempermudah urusan Syukran, agar Allah SWT mempermudah urusan kita di dunia dan akhirat.

 Dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW, bersabda: “...Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat... (HR. Muslim, lihat juga Kumpulan Hadits Arba’in An Nawawi hadits ke 36).[]

Donasi yang diperlukan:

Rp 4.550.000,- (biaya masuk dan semester pertama kuliah) 

Partner Lapang

Adi Yat

Belum ada Update

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.