Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari

Dagangan Disita Satpol PP, Ihat Tak Punya Penghasilan

Dagangan Disita Satpol PP, Ihat Tak Punya Penghasilan

Sulitnya mencari uang untuk sekadar bertahan hidup benar-benar dirasakan Ihat Sulihat (47 tahun). Janda yang tinggal dengan seorang anak ini pada 2015 memulai usaha sebagai pengepul besi tua yang setelah banyak dia jual ke pabrik yang ada di Cikarang.

Namun pada 2019, wanita yang mengontrak rumah di Jalan Kedoya Gang Banten IV Jatinegara, Jakarta Timur, gulung tikar lantaran tertipu.

(Ihat Sulihat)

(Ihat Sulihat, 47 tahun)

Dengan uang yang tersisa, ia pun berjualan panci dan alat masak. Karena pusing mencari pembeli, ia pun berjualan di pinggir jalan raya. Namun keberuntungan hanya sesaat saja berpihak kepadanya. Karena beberapa bulan lalu semua dagangannya ludes disita Satpol PP yang merazia secara tiba-tiba.

Ia pun kini sangat bingung mencari uang hanya untuk sekadar bertahan hidup. Kerja serabutan pun sulit didapatnya. Untung saja masih ada satu dua tetangga yang memberinya beras.

Anaknya pun sakit-sakitan lantaran makan yang tidak teratur. “Dan kalau makan pun cuma sama nasi dan kecap saja karena sekarang benar-benar tidak punya penghasilan sama sekali,” ujarnya.

Rumah yang ditinggalinya pun sudah menunggak lebih dari dua bulan.

Berat sekali beban yang dirasakannya. Akan tetapi ia memiliki motivasi yang sangat tinggi untuk terus berusaha bangkit dari keterpurukannya, terlebih bila mengingat anaknya berkata, “Mah aku bosen makan cuma sama kecap, kapan ya aku bisa makan yang enak dan bisa jajan seperti yang lain?”

Ihat sangat berkeingin untuk bisa berjualan panci lagi atau usaha apa saja yang penting halal. Namun belum terbayang dari mana bisa mendapatkan modalnya. 

Untuk membantu mewujudkan keinginan Ihat Sulihat, BWA mengajak kaum Muslimin menyalurkan zakat harta melalui program Zakat Peer to Peer (ZPP) sehingga bisa membantu modal usaha dan menutupi tunggakan kontrakan rumahnya. Selain itu, tentu saja kewajiban zakat para muzaki (penunai zakat) tertunaikan.

Semoga Allah SWT membalas kebaikan para muzaki dengan balasan kebaikan yang berlipat ganda. Aamiin.[]

 

Nilai Zakat Harta yang Diperlukan:

Rp.12.000.000

Mitra Lapangan:

Ridzky Maulana

 

#BWA #Zakat #ZakatPeertoPeer #ZPP #Zakat100% Mustahik

Dagangan Disita Satpol PP, Ihat Tak Punya Penghasilan

Update #1: Dulu Disita Satpol PP, Kini Ibu Ihat Bisa Berdagang Kembali

Ibu Ihat tampak berkaca-kaca menangis mengingat kejadian saat barang dagangannya disita Satpol PP. Tidak habis pikir olehnya, ia yang saat itu tengah berjualan, tiba-tiba didatangi Satpol PP, merazia dan menyita habis seluruh dagangannya. Seluruh barangnya habis saat itu, hingga Ibu Ihat kesulitan mencari uang untuk sekedar bertahan hidup.

Alhamdulillah beberapa waktu pasca kejadian tersebut, ia dipertemukan dengan BWA. Melalui program Zakat Peer to Peer (ZPP), Ibu Ihat kembali bisa berjualan dan bekerja untuk memenuhi kebutuhan ia dan keluarganya.

(Penyerahan Donasi Zakat)

(Penyerahan Donasi Zakat)

“Alhamdulillah, terima kasih banyak kepada BWA yang telah banyak membantu saya dan anak saya. Sekarang saya sedikit demi sedikit sudah bisa berjualan kembali,” tutur Ibu Ihat.

“Saya juga sangat berterimakasih kepada para muzakki yang sudah menitipkan zakatnya kepada BWA. Alhamdulillah saya telah menerimanya secara utuh dan tidak kurang sepeserpun,” lanjutnya.

Dana zakat yang ia peroleh, digunakannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan sebagai modal usaha untuk berdagang alat-alat dapur yang kini sudah berjalan lebih dari lima bulan.  Ibu Ihat berterimakasih dan memohon doa supaya ia bisa mandiri secara ekonomi dan usaha yang dirintisnya bisa mencukupi kebutuhan ia dan keluarga.

“Semoga BWA terus dijaga oleh Allah SWT, semakin berkembang dan dapat terus membantu orang-orang yang sedang kesulitan. Dan juga kepada para muzakki semoga selalu diberikan kesehatan dan rezeki yang berlimpah agar dapat terus membantu BWA untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di setiap orang yang sedang kesulitan,” tutup Ibu Ihat.

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.