Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Water Action for People

Dekatkan Air Bersih di Pedukuhan Suren, Pager Harjo, Samigaluh, Kulon Progo

Dekatkan Air Bersih di Pedukuhan Suren, Pager Harjo, Samigaluh, Kulon Progo

Jogjakarta merupakan daerah yang cukup dikenal kaya akan budaya dan banyak destinasi wisata yang dikunjungi oleh para wisatawan dari dalam maupun luar negri. Di Kecamatan Samigaluh tepatnya di Kelurahan Pager Harjo ada sebuah Pedukuhan Suren dengan jumlah KK sebanyak 95. Di Dukuh tersebut, BWA menerima informasi bahwa di sana masih ada kendala yang cukup menyulitkan kegiatan masyarakat, yaitu kurangnya air bersih.

Kesulitan air yang dialami masyarakat Pedukuhan Suren salah satu penyebabnya adalah karena pepohonan jati yang ada dipindahfungsikan ke hutan pinus yang dampaknya  membuat sumber mata air mulai menghilang.  Selama ini, warga masyarakat di Pedukuhan Suren menggunakan sumur sumur kecil mereka untuk menampung air hujan yang turun, dan air hujan yang ditampung itu akan mereka gunakan untuk kehidupan sehari-hari seperti mandi, mencuci dan yang lainnya. Berbeda hal ketika kemarau datang, mereka harus mengambil air yang posisinya ada dibawah dusun sejauh 2 km, bahkan ada dari mereka yang rela untuk membeli bensin mobil pick up dan mobil itu akan mengangkut air dari sumbernya yang berjarak 5 km.

Selama ini juga masyarakat Pedukuhan Suren mengalirkan air ke beberapa rumah untuk digunakan ke setiap warga disana, namun pada hari-hari tertentu tidak dapat digunakan karena airnya keruh yang disebabkan oleh daerah sumber mata air merupakan jalur kegiatan offroad para wisatawan.

(Kondisi Air yang Keruh Terpaksa Dimanfaatkan oleh Warga Di Sana)

Dengan kondisi seperti ini, dampak dari tidak adanya air di Pedukuhan Suren membuat Masjid At-Taqwa yang lokasinya berada di samping Pedukuhan tidak memiliki stok air yang cukup, sehingga membuat jama’ah tidak bisa mengambil air untuk berwudhu. Sampai saat ini belum ada bantuan dari pemerintah setempat, sehingga saat puncak musim kemarau tiba Pak Toto selaku Dukuh Suren selalu mencari bantuan dari pihak manapun, namun tidak semua usaha yang dijalankan berjalan dengan lancar.

(Warga Harus Mengambil Air yang Jauh untuk Kebutuhan Sehari-hari)

Rencana Project

Tim BWA telah melakukan survey dan melihat kondisi geografis di Pedukuhan Suren, Kelurahan Pagerharjo, Kulon Progo, D.I.Yogyakarta dan memiliki rencana sebagai berikut:

  1. Sosialisasi ke masyarakat Pedukuhan Suren akan pentingnya penghematan dan pemerataan di pembagian air saat musim kemarau.
  2. Pembuatan satu buah sumur bor dengan kedalaman 100 meter yang nantinya akan dilakukan tes Geolistik terlebih dahulu.
  3. Membangun bak penampungan dusun dengan kapasitas 30 m2
  4. Pemasangan pompa dan pipanisasi dari sumur bor ke arah bak induk karena sumur bor dalam berada di bawah Pedukuhan Suren
  5. Penarikan (gali dan tanam) pipa HDPE (1,5 inc sepanjang 2.500 meter, dimulai dari Bak Induk ke RT 80, 81, 82 dan RT 83 dan pemasangan pipa PVC ke setiap rumah, yang nantinya akan dialirkan air dengan metode pipanisasi gravitasi. 

Oleh karena itu, BWA mengajak kepada kaum Muslimin dalam membantu warga Pedukuhan Suren yang sedang mengalami kesulitan air bersih. Semoga menjadi amal kebaikan yang terus mengalir pahalanya. Aamiin Yaa Robbal Aalamiin…

 

Nilai Wakaf yang Dibutuhkan:

Rp.1.052.850.000

Patner Lapangan:

Pak Mujito

 

#BWA #InovasiWakaf #WAFP #WaterActionforPeople #KulonProgo #WakafSaranaAirBersih

 

Belum ada Update

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.