Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari

Di-PHK Karena Corona, Reza Bingung Menafkahi Keluarga

Di-PHK Karena Corona, Reza Bingung Menafkahi Keluarga

Sebagai anak lelaki tertua, Reza Vahlefie (21 tahun) menjadi tulang punggung keluarga untuk menafkahi ibu dan ketiga adiknya. Pasalnya, ayah sudah meninggal sejak Reza masih kecil. Sedangkan ibunya sudah pensiun dari pekerjaan.

Ia bekerja sebagai satpam di salah satu ruko perkantoran di Jakarta Selatan. Gajinya hanya cukup untuk makan sehari-hari keluarga dan membayar kontrakan rumah juga tidak mudah. Namun sejak PSBB lantaran pandemi Covid-19, banyak karyawan di-PHK termasuk Reza.

(Reza dan Ibu)

(Reza dan Ibu)

“Sekarang semenjak corona semua karyawan di-PHK termasuk saya dan adik saya, ibu sudah pensiun jadi tidak ada pendapatan sama sekali,” ujar Reza dengan suara pilu.

Selama menganggur ini keluarganya bertahan dari kelaparan dengan bantuan dari tetangga dan saudaranya. Sedangkan biaya kontrakan sudah menunggak selama 6 bulan. Reza tidak bisa membayar biaya kontrakan karena dirinya dan adiknya masih menganggur.

Walau keadaan ekonomi semakin sulit, Reza tetap berusaha menjadi tulang punggung keluarganya, serta tidak mau terlibat riba. Hanya saja, hingga sekarang Reza dan adiknya belum juga mendapatkan pekerjaan baru.

Untuk mengurangi beban keluarga Reza, BWA mengajak kaum Muslimin menyalurkan zakat harta melalui program Zakat Peer to Peer (ZPP) sehingga bisa menutupi tunggakan kontrakan serta memperingan biaya hidup dalam beberapa bulan ke depan. Selain itu, tentu saja kewajiban zakat para muzaki (penunai zakat) tertunaikan.

Semoga Allah SWT membalas kebaikan para muzaki dengan balasan kebaikan yang berlipat ganda. Aamiin.[]

 

Nilai Zakat Harta yang Dibutuhkan:

Rp.11.500.000

Mitra Lapangan:

Ridzky Maulana

 

#BWA #Zakat #ZakatPeertoPeer #ZPP

 

Di-PHK Karena Corona, Reza Bingung Menafkahi Keluarga

Update #1: Sempat Terkena PHK, Kini Reza Bisa Kembali Bekerja

Selasa, 15 Desember 2020 tim ZPP BWA menyambangi rumah kontrakan Reza. Terlihat kebahagiaan dari wajah Reza dan keluarganya, ketika tim menyerahkan dana zakat amanah dari para muzaki untuk membayar kontrakannya yang sudah menunggak selama 6 bulan. Reza dan keluarganya selama ini menunggak kontrakan karena terkena pengurangan karyawan dari tempat dia sebelumnya bekerja.

Penyerahan Donasi Zakat ZPP BWA

(Penyerahan Donasi Zakat ZPP BWA)

“Alhamdulillh melalui program Zakat Peer to Peer (ZPP) yang ada di BWA, akhirnya saya dan keluarga bisa membayar tunggakan kontrakan dan  saya punya ongkos untuk melamar pekerjaan. Kini saya dan adik saya sudah dapat pekerjaan, harapan saya mudah-mudahan keadaan ekonomi keluaga saya bisa lebih baik.Sekali lagi saya mengucapkan banyak terimakasih kepada para donatur/wakif yang telah memberi bantuan untuk bayar kontrakan yang menunggak selama 6 bulan,” tutur Reza.

Reza menuturkan bahwa sekarang dia dan dua adiknya sudah dapat pekerjaan yang insyaAllah bisa untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Mereka merasa sangat terbantu oleh BWA ketika ia dan keluarganya mengalami kesulitan ekonomi di pandemi covid-19 ini.

“Saya berharap para muzakki sekalian dan tim BWA Selalu diberi kesehatan, perlindungan, dan nikmat oleh Allah SWT. Aamin Ya Rabbal Al-amin,” tutup reza seraya mendoakan para donatur sekalian.

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.

Komunitas Pendukung

Project Sejenis