Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Sedekah Kemanusiaan

Dikira Sakit Biasa, Ternyata Ini Penyakit yang Diderita Anisa...

[Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat]

BWA - Sedekah Kemanusiaan. Meski ketika lahir (15 bulan yang lalu) anggota tubuh Anisa membiru terutama hidung, tangan dan kakinya. Namun ayahanda Sulaeman (35 tahun) tidak berpikir jika anaknya mengalami penyakit serius karena bidan yang membantu proses bersalin itu menganggapnya suatu hal yang biasa. Beberapa bulan pasca lahir,  Anisa itu sering demam jika malam hari, bahkan sering kejang.

BWA - Sedekah Kemanusiaan

Anisa (15 bulan) dalam gendongan sang ayah.

Karena panas dan kejang tak kunjung hilang, akhirnya Sulaeman membawanya ke Puskesmas di dekat tempat tinggalnya di Karawang. Setelah melewati proses pemerikasaan ternyata Anisa mengalami kelainan jantung. Dokter Puskesmas segera merujuknya ke RSUD Karawang. Karena RSUD tidak sanggup menangani, akhirnya Anisa dirujuk ke RS Hasan Sadikin Bandung sebelum akhirnya dibawa ke RS Harapan Kita Jakarta.

Sehingga pada usia empat bulan harus merasakan tajamnya pisau bedah rumah sakit. Operasi dilakukan pada Juni 2015 di RS Harapan Kita, Jakarta. Tujuan dari operasi itu untuk menambal jantung yang bocor dan memisahkan saluran pembuluh darah yang menyatu.

Sebelum operasi dilakukan, dokter menyampaikan kemungkinan terburuk bagi pasien pasca operasi. Harapannya berhasil waktu itu hanya 20 persen. “Namun Alhamdulilah operasi yang menghabiskan waktu kurang lebih 8 jam itu  berjalan dengan baik,” ungkap Sulaeman.

BWA-Sedekah Kemanusiaan

Sungguh berat biaya yang harus dikeluarkan oleh Sulaeman. Walau berobat pakai BPJS, Sulaeman sering kali harus membeli obat di luar tanggungan BPJS. Jangankan untuk membeli obat, ongkos ke Jakarta saja Sulaeman hanya membawa uang sisa gajinya sebagai office boy (OB) di rest area Karawang.

Namun Alhamdulilah, untuk menebus obat-obatan yang tidak ditanggung BPJS, Sulaeman mendapatkan bantuan dari rekan-rekan kerjanya di kantor. Jika ditotal sudah hampir Rp 20 juta dihabiskan untuk membeli obat-obatan tersebut.

Jerih payahnya membawa anak bungsunya berobat membuahkan hasil. Kini kondisi Anisa mulai membaik, walau terkadang masih suka mengalami beberapa efek samping pasca operasi.

Hampir satu tahun pasca operasi, Anisa masih harus kontrol sebulan sekali.  Mengandalkan gaji OB untuk membeli obat rutin memang masih terasa berat bagi Sulaeman. Ditambah jarak yang cukup jauh dari Karawang ke RS di Jakarta yang memakan ongkos cukup besar.

Sekarang, bayi yang sudah berusia 15 bulan tersebut harus menjalani juga terapi uap karena mengalami batuk-batuk. Sayangnya penguapan tidak termasuk pengobatan yang dijamin BPJS. Disamping itu, Anisa juga sangat sulit makan, sehingga perlu pananganan oleh ahli gizi.

Untuk meringankan beban keluarga Anisa, melalui Program Sedekah Kemanusiaan, Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) mengajak Anda bersedekah sehingga Anisa dapat berobat sebagaimana mestinya dan kita semua mendapatkan pahala yang berlimpah dari Allah SWT karena telah membantu sesama. Apalagi dilakukan di bulan Ramadhan, bulan saatnya sedekah yang hukumnya sunnah ini diberi pahala seperti pahalanya amalan wajib.[]

Sedekah yang Diperlukan:

Rp 13.700.000,- (untuk keperluan obat  dan  transportasi selama setahun)

Mitra Lapang:

Abu Hamzah

Dikira Sakit Biasa, Ternyata Ini Penyakit yang Diderita Anisa...

Update # 1 Anisa Mulai Membaik

BWA-Sedekah Kesehatan. Sejak dioperasi jantung pertengahan tahun 2015 lalu, Anisa masih kontrol ke RS Harapan Kita Jakarta. Perkembangannya cukup baik, walau berat badannya masih belum nambah. Menurut Dokter Andriawanto, 3 bulan lagi Anisa akan di EHO untuk menentukan pengobatan selanjutnya. Jika hasilnya baik, maka kontrolnya cukup 6 bulan sekali yang awalnya kontrol setiap bulan.

Sulaeman sangat senang melihat anaknya mulai sehat dan mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu biaya pengobatan anaknya. Dia juga berdoa kepada Allah SWT agar para donatur dibalas dengan harta yang lebih banyak lagi oleh Allah SWT.

 

Adapun kelebihan dana pengobatan yang terkumpul, akan digunakan untuk membantu yang lainnya. 

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.