Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari

Gaji Jauh di Bawah UMR, Nurhadi Tetap Jalani Pekerjaan Penuh Kesyukuran

Gaji Jauh di Bawah UMR, Nurhadi Tetap Jalani Pekerjaan Penuh Kesyukuran

Meski pekerjaannya rangkap sebagai satpam sekaligus office boy (OB) di salah satu sekolah taman kanak-kanak Tangerang Selatan, gaji yang didapat Nurhadi (37 tahun) hanya Rp 1 juta per bulan. “Alhamdulillah saya dapat pekerjaan sampingan yaitu antar jemput anak sekolah dengan penghasilan Rp 900 ribu per bulan,” ujarnya.

Penghasilannya memang jauh di bawah UMR yang sekitar Rp 4 juta per bulan tetapi ia tetap menjalani pekerjaannya dengan penuh kesyukuran.

(Nurhadi)

(Nurhadi, 37 tahun)

Namun sejak pandemi Covid-19, warga Jalan Impres RT 002/003 Kelurahan Sawah Legoso, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten, dirumahkan lantaran tidak ada kegiatan belajar mengajar di sekolah. Otomatis pekerjaan sampingan mengantar anak sekolah pun tiada.

Nurhadi yang yang hanya tamatan SD ini pun akhirnya kehilangan mata pencaharian untuk kebutuhan sehari-hari. Apalagi sekarang ia mempunyai anak yang baru saja lahir yang sangat membutuhkan biaya lebih.

(Keluarga Bapak Nurhadi)

(Istri dan Anak Nurhadi)

“Sekolah anak-anak diliburkan dan belajar lewat online, jadi saya tidak bisa lagi punya pekerjaan sampingan yaitu antar jemput anak sekolah. Begitu juga di sekolah tempat saya bekerja, mereka belajar lewat online, sehingga saya tidak bisa bekerja ke sekolah setiap hari. Selama Covid-19 melanda. Yang akhirnya berdampak berkurangnya penghasilan per bulan saya untuk mencukupi kebutuhan anak dan keluarga, juga untuk membayar sewa kontrakan,” ungkapnya.

Ia pun kerja serabutan tetapi penghasilannya jauh lebih kecil. Praktis, pembayaran kontrakan rumah pun menunggak sejak Maret 2020. “Saya punya tunggakan biaya sewa kontrakan yang hampir setahun belum bisa saya bayarkan, dikarenakan pemasukan saya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok saja,” bebernya.

Untuk mengurangi beban keluarga Nurhadi, BWA mengajak kaum Muslimin menyalurkan zakat harta melalui program Zakat Peer to Peer (ZPP) sehingga bisa menutupi tunggakan sewa rumah dan membantu biaya kebutuhan anaknya yang masih bayi. Selain itu, tentu saja kewajiban zakat para muzaki (penunai zakat) tertunaikan.

Semoga Allah SWT membalas kebaikan para muzaki dengan balasan kebaikan yang berlipat ganda. Aamiin.[]

 

Nilai Zakat Harta yang Diperlukan

Rp.11.000.000

Mitra Lapangan:

Ridzky Maulana

 

#BWA #ZPP #ZakatPeertoPeer #Zakat100% Mustahik

 

Gaji Jauh di Bawah UMR, Nurhadi Tetap Jalani Pekerjaan Penuh Kesyukuran

Update #1: Bantuan Zakat Nurhadi Gunakan untuk Modal Usahanya

Nurhadi dulu sempat bekerja sebagai security dan petugas kebersihan di sebuah sekolah swasta. Namun semenjak adanya pandemi covid-19, Nurhadi pasrah menerima nasib dirumahkan dan hanya sesekali dipanggil untuk membersihkan sekolah. Nurhadi sebagai kepala keluarga kebingungan bagaimana ia bisa memenuhi kebutuhan keluarganya. Ada biaya-biaya yang harus ia penuhi, termasuk tunggakan kontrakan dan ditambah lagi sang istri sedang hamil tua.

Nurhadi dikenalkan kepada BWA melalui salah satu tetangganya. Akhirnya Nurhadi pun kemudian mengajukan permohonan bantuan ke BWA.

(Penyerahan Donasi Zakat)

(Penyerahan Donasi Zakat)

Alhamdulillah melalui program Zakat Peer to Peer, BWA telah menyalurkan dana dari para muzakki yang telah berzakat melalui BWA untuk memenuhi kebutuhan Nurhadi dan keluarganya. “Alhamdulillah awalnya saya agak bingung bagaimana caranya agar kami bisa membayar hutang-hutang saya, dan kebetulan istri saya juga sedang hamil, tapi akhirnya Alhamdulillah kami bisa bertemu dengan para Muzaki melalui BWA. Dan atas Izin Allah SWT, Alhamdulillah hutang kami bisa lunas dan sekarang saya bisa mencoba berjualan frozen food,” ujar Nurhadi sambil becerita tentang usahanya.

“Saya merasa sangat terbantu dan bersuyukur karena bantuan yang diberikan oleh para muzaki melalui BWA. Harapan saya semoga dengan bantuan ini perekonomian saya bisa membaik, usaha saya ini bisa lancar dan maju dan bisa membantu sesama. Sekali lagi terima kasih kepada para Muzaki dan BWA melalui program Zakat Peer to Peer yang telah membantu kami, semoga Allah SWT membalas kebaikan kita semua. Amiin,” tutup Nurhadi.

 

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.

Para Donatur