Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Indonesia Belajar

Guru TK Ini Nyaris Putus Kuliah, Padahal Tinggal Tiga Semester Lagi, Ayo Bantu...

BWA-IB. Setelah lulus diploma dua (D2) Ilmu Perpustakaan Universitas Terbuka pada 2011, Andriyani (24 tahun) mengabdi sebagai guru taman kanak-kanak TK Aisyiyah Tlobo Jatiyoso. Namun karena merasa ilmu yang didapatnya belum cukup, ia melanjutkan kuliah starata satu (S1).

Andriyani - Indonesia Belajar | Badan Wakaf Al Quran

Andriyani sedang mengajar murid-murid TK Aisyiyah Tlobo Jatiyoso

“Saya rasa lulusan D2 belum cukup. Masa-masa anak usia TK itu adalah masa keemasan bagi anak. Daya tangkapnya berkembang cukup baik, jadi sebisa mungkin kita sebagai guru harus menjadi guru yang berkualitas dan profesional, maka dari itu diperlukan pendidikan yang lebih baik dan lebih tinggi,” ungkapnya kepada Fitri, mitra lapang Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA),  Selasa (7/10) di tempat tinggalnya Tlobo, RT 20 RW 10, Jatiyoso, Karanganyar, Surakarta.

Maka, di samping sibuk mengajar di TK, ia juga kuliah di Jurusan Pendidikan Agama Islam di STAI Mambaul Ulum Surakarta. “Saya kuliah Pendidikan Agama Islam, selain diperlukan sebagai guru TK, saya juga bercita-cita menjadi guru agama, sekaligus menambah wawasan keagamaan saya,” tekadnya.

Untuk penghasilan tambahan agar bisa menutupi biaya kuliah ia pun mengajar les privat dan menerima jasa menjahit baju. Namun sejak Agustus lalu, ia tidak bisa lagi mengajar privat atau pun menjahit lantaran harus merawat ayahanda Kastono Sutaryo (55 tahun) yang terserang struk.

Sedangkan penghasilan Andriyani dari mengajar TK yang Rp 200 ribu per bulan habis untuk makan sehari-hari, lantaran Kastono yang buruh tani tidak dapat bekerja lagi. Karena tiada biaya, ia pun terancam putus kuliah. Padahal Andriyani duduk di semester tujuh. Artinya, bila semua berjalan lancar, paling lama, tiga semester lagi gadis kelahiran 14 Mei 1990 diwisuda jadi sarjana.   

Untuk mengurangi bebannya, Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) melalui program Indonesia Belajar (IB) menggalang dana dari kaum Muslimin. Sehingga Andriyani bisa meneruskan kuliah dan kita semua mendapat pahala yang berlimpah.[]

Donasi yang diperlukan:

Rp 2.700.000,- (untuk biaya kuliah semester tujuh dan delapan).

Mitra lapang:

Fitri Nur Rohmawati

Guru TK Ini Nyaris Putus Kuliah, Padahal Tinggal Tiga Semester Lagi, Ayo Bantu...

Alhamdulillah, Bantuan Anda Mengantarkan Andriyani jadi Sarjana

BWA-IB. Sekarang, hati Andriyani senang luar biasa. Pasalnya kuliahnya hampir selesai, skripsi sudah tahap akhir. Lalu sidang akhir, insya Allah lulus dan mendapat ijazah. Padahal pada semester tujuh lalu, hampir-hampir saja Andriyani tidak dapat melanjutkan kuliah lantaran ketiadaan biaya.

Andriyani

Syukur alhamdulillah melalui program Indonesia Belajar (IB) Badan Wakaf Al Qur’an (BWA), terkumpul donasi dari para donator, sehingga harapannya menjadi sarjana sudah di pelupuk mata.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur sehingga saya dapat menyelesaikan kuliah dan semoga para donatur selalu mendapat keberkahan dan donasi yang telah diberikan dapat mengalirkan pahal yang tiada henti,” ujar Andriyani mendoakan para donatur. Aamiin.[]

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.