Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Indonesia Belajar

Hamaas tetap Hamaas (Semangat) Meski Terancam Tak Ikut Unas

BWA-IB. Sebelum matahari terbit, Hamaas Taqiyuddin telah bangun untuk shalat lail, menambah hafalan Al-Qur’an lalu shalat shubuh. Paginya, siswa kelas III SMP Bina Insan Mandiri Ponpes Al Ihsan Ds Gebangkereb Kec. Baron, Nganjuk, Jawa Timur, mengikuti semua kegiatan belajar dan pembinaan. Begitulah kegiatan sehari-hari bocah 14 tahun ini.

IB - Hamaas

Hamaas Taqiyuddin siswa kelas III SMP Bina Insan Mandiri Ponpes Al Ihsan 

Meskipun saat ini sedang dirundung masalah dalam biaya kelanjutan sekolahnya, ia tetap menjalankan akitivitas seperti biasa dan tetap bersemangat sesuai dengan arti namanya (Hamaas = semangat). Ia terancam gagal mengikuti Ujian Nasional (Unas) beberapa bulan lagi karena ketiadaan biaya sekolah.

Santri yang sering mendapat prestasi 5 besar sejak di SD ini tidak pernah menyangka kalau kondisi ini akan terjadi. Pada awalnya semua berjalan dengan normal. Tetapi semua berubah setelah ayahanda Ichu Surya Winsyah (45 tahun) sejak tahun lalu kehilangan mata pencaharian hingga sekarang bekerja serabutan dengan penghasilan minim dan tak menentu.

Kini sudah satu semester warga Jl. Sunan Giri 13R Gg. Punggawa VI No. 1 Kebomas, Gresik, Jawa Timur, menunggak biaya sekolah. Sambil terus berikhtiar mencari solusi, Hamaas tetap menjalani proses belajarnya dengan hamaas, karena dia tidak ingin cita-citanya sebagai hafidz Quran yang ahli IT gagal ditengah jalan.

Untuk membantu meringankan beban orang tua dalam membiayai sekolahnya, santri yang suka mengotak atik komputer memanfaatkan fasilitas internet di pesantren untuk berjualan secara online. Usaha ini ia jalankan secara patungan bersama dengan teman-temannya sesama santri. Alhamdulillah usaha ini dapat berjalan walau hasilnya langsung habis untuk keperluan mandi dan mencuci. 

Untuk meringankan beban keluarga Hamaas, melalui program Indonesia Belajar (IB), Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) mengajak kaum Muslimin mendonasikan sebagian hartanya. Sehingga Hamaas dapat menyiapkan diri menghadapi Unas. Dan semoga kita semua mendapat pahala dari Allah SWT karena telah membantu sesama. Aamiin.[]

Donasi yang diperlukan:

Rp 9.105.000,- (uang kesehatan Rp 150.000; uang kegiatan Rp 800.000; uang buku satu semester Rp 590.000; Sukses UNAS Rp 365.000; uang makan satu tahun Rp 4.200.000 [Rp 350.000/bulan]; SPP satu tahun Rp 3.000.000 [Rp 250.000/bulan]).

Mitra lapang:

Welly Kurniawan

Belum ada Update

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.