Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Wakaf Khusus Dakwah

Hanya 30 Persen Santri yang Bisa Menginap, Ponpes Darul Muttaqin Butuh Bangunan Asrama

Hanya 30 Persen Santri yang Bisa Menginap, Ponpes Darul Muttaqin Butuh Bangunan Asrama

Keberadaan Pesantren Darul Muttaqin sangat berarti bagi masyarakat Desa Selebung Rembiga, Kecamatan Janapria, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Di tempat inilah anak-anak sekitar Desa Janariah dan lintas kecamatan bersekolah untuk mendalami ilmu agama Islam.

Pesantren pimpinan Ustad Akhmad Thahir ini berdiri pada tanggal 24 Oktober 2017 di atas lahan seluas 1.000 meter persegi. Selama lima tahun, fisik bangunannya belum banyak berubah. Bangunan pesantren hanya memiliki tiga ruangan. Dua ruangan difungsikan sebagai kelas, dan 1 ruangan dijadikan sebagai asrama, merangkap dapur dan aula.

Fasilitas yang ada, tidak cukup menampung murid-murid yang datang belajar ke sana. Saat ini jumlah santri Pesantren Darul Muttaqin sebanyak 152 orang, dengan rentang usia dari 7 tahun hingga 17 tahun.

(Santri Butuh Bangunan Asrama)

Fasilitas asrama yang tersedia hanya mampu menampung 30 persen dari yang dibutuhkan. Dari semua santri, yang dapat menginap di asrama hanya 50 orang, yakni 30 santriwan dan 20 santriwati. Selebihnya, seratus lebih santri terpaksa pulang pergi setiap hari. Padahal idealnya, semua santri tinggal dan menetap di asrama, sehingga mendapatkan pembinaan ala pesantren di malam hari.

(Bangunan Sementara yang Digunakan untuk Kegiatan Belajar)

Dari tahun ke tahun, jumlah murid pesantren ini terus bertambah, sementara fasilitas penunjang masih tetap sama. Yayasan pengelola Pesantren Darul Muttaqin sangat ingin melakukan pengembangan fasilitas, tetapi tidak memiliki dana. Mereka juga menghadapi kendala pembebasan lahan, yang memakan biaya yang tidak sedikit. Ini perlu dilakukan agar areal pesantren bertambah luas sehingga memadai untuk dilakukan penambahan gedung.

(Kegiatan Para Santriwati Darul Muttaqin)

Tentu untuk mewujudkannya dibutuhkan  dana yang cukup besar. Badan Wakaf Al Quran (BWA) tergerak untuk membantu dengan melakukan program penggalangan donasi. Untuk itu BWA mengajak para wakif untuk bersama-sama menyisihkan sebagian rezekinya untuk mendukung pengembangan dan pembangunan  fasilitas Pesantren Darul Muttaqin.

Semoga Allah SWT meridhoi upaya bersama ini, serta menjadikan dukungan dari para wakif sebagai ladang ibadah jariyah yang mendatangkan kebaikan di dunia maupun di akhirat.

 

Nilai Wakaf yang Dibutuhkan:

Rp.4.712.481.048

Partner Lapangan:

Ustadz Akhmad Thahir

 

#BWA #InovasiWakaf #WKD #WakafKhususDakwah

 

Hanya 30 Persen Santri yang Bisa Menginap, Ponpes Darul Muttaqin Butuh Bangunan Asrama

Update #1: Puluhan Santri Tidur Beralaskan Tikar di Satu Kamar, Mari Segera Bantu Mereka

“Begini kondisi kami dan para santri  di sini. Kondisinya seperti ini, kalau musim hujan biasa banjir dan para santri tidak bisa belajar karena belum ada ruangan atau tempat yang lain yang bisa digunakan,” tutur salah satu pengurus pondok Darul Muttaqin, Lombok Tengah, NTB.

Keberadaan pondok sangat berarti bagi masyarakat di Desa Selebung Rembiga, Kecamatan Janapria, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Meskipun belum memiliki bangunan pondok yang layak, para santri dan santriwati sangat bersemangat dalam menuntut ilmu di sana. Minat untuk belajar di pondok ini pun tinggi, jumlah santri kian tahun kian bertambah. Dari jumlah santri yang bisa dihitung dengan jari, kini Pondok Pesantren Darul Muttaqin memiliki santri dengan jumlah 152 orang.

(Pondok Pesantren Darul Muttaqin)

“Mengingat kebutuhan kenyamanan belajar para santri, kami telah membangun pondasi, namun sayang seribu kali sayang, pembangunan tidak bisa dilanjutkan karena terkendala pada bahan dan material bangunan yang tidak ada atau tidak adanya anggaran,” lanjut beliau.

Asrama tempat mereka tinggal sangat sederhana. Para santri saat ini tidur beralas tikar. Dalam satu kamar, ditempati puluhan santri. Seringkali anak-anak ini merasa tidak nyaman dengan keadaan ini. tapi semangat belajar yang tinggi membuat mereka bertahan.

(Santri Kian Bertambah)

“Dan tanah yang telah di rencanakan untuk perluasan ponpes masih belum dapat kami bayar, pemiliknya sering datang ke pondok untuk meminta pembayaran pembebasan lahan. Untuk itu, kami memohon keikhlasan para wakif  dan para donatur untuk dapat membantu,” cerita Pengurus Pondok tentang status lahan pondok pesantren.

Berapapun uluran bantuan dari para wakif diharapkan dapat mempercepat proses pembangunan dan dapat melengkapi kebutuhan sarana dan prasarana Yayasan Pondok Pesantren Darul Muttaqin agar para santri dapat belajar di pondok dengan lebih semangat lagi, dan menjadi generasi yang islamiah.

(Pembangunan Pondok)

“Kami mengucapkan terima kasih, Jazakumullah Ahsanal Jaza kepada para wakif dan para muhsinin yang telah memberikan sebagian hartanya, menitipkan sebagian amanah hartanya kepada kami, yang alhamdulillah kami jaga dan kami manfaatkan sesuai peruntukannya, semoga Allah SWT membalas kebaikan kalian semua,” tutup pengurus Pondok Darul Muttaqin.

 

DONASI YANG DIBUTUHKAN

Rp 4.712.481.048



0.82%
Butuh Rp 4.674.001.048,- lagi

PROJECT LAIN

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.