Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Zakat Peer To Peer

Hidup Sebatang Kara, Sejak Kecelakaan Mariyam Tak Bekerja

Hidup Sebatang Kara, Sejak Kecelakaan Mariyam Tak Bekerja

Setahun terakhir ini, Mariyam (60 tahun) sudah tidak bekerja lagi. Sejak saya mengalami kecelakaan jatuh di tahun lalu dan kaki saya bengkok jadi tidak bisa berjalan dengan sempurna akhirnya saya pun tidak dapat bekerja lagi,” ujar wanita yang mengontrak rumah petak di Sukapura, Cilincing, Jakarta Utara.

Tadinya, Mariyam bekerja sebagai pembantu rumah tangga di rumah tetangganya. Selama tiga puluh tahun dia mengabdi di sana. Hingga hari naas itu datang, ia terjatuh dan kakinya bengkok sehingga tidak bisa berjalan lagi. Dengan kondisi seperti itu, ia tidak mungkin untuk beraktivitas kembali.

(Mariyam 60 tahun)

(Mariyam 60 tahun)

Selama setahun ini ia menjalani hidup hari-harinya hanya diam dikontrakan saja. Sedangkan kebutuhan sehari-hari, ia mengandalkan pemberian dari tetangga dan tempatnya bekerja dulu.  Sebenarnya Mariyam merasa tak enak terus menerus menengadahkan tangan. Tapi apa daya fisik sudah tiada daya. Maklumlah ia hidup seorang diri. Suaminya sudah dua tahun lalu meninggal karena sakit. Ia juga tidak dikarunia anak seorang pun.

Namun di masa pandemi ini, tempat bekerjanya dulu serta tetangganya lainnya yang biasa memberi juga dalam kesulitan ekonomi sehingga tidak dapat membantu seperti biasanya.

Mariyam kini benar-benar hidup dalam kesulitan. Ia mengaku hanya membutuhkan untuk biaya kontrakan, hidup sehari-hari dan biaya berobat agar bisa berjalan seperti semula. “Semoga saya bisa sehat dan berjalan kembali agar mampu bertahan hidup dan menjalani hari-hari di usia saya sekarang ini dengan lebih baik,” ujar Mariyam.

Untuk sedikit meringankan beban Mariyam, BWA mengajak kaum Muslimin menyalurkan zakat harta melalui program Zakat Peer to Peer (ZPP) sehingga bisa menutupi biaya kontrakan, kebutuhan sehari-hari dan biaya pengobatan kakinya agar bisa berjalan seperti semula. Selain itu, tentu saja kewajiban zakat para muzaki (penunai zakat) tertunaikan.

Semoga Allah SWT membalas kebaikan para muzaki dengan balasan kebaikan yang berlipat ganda. Aamiin.[]

 

Nilai Zakat Harta yang Diperlukan:

Rp.20.400.000

Mitra Lapangan:

Ridzky Maulana

 

 #BWA #Zakat #ZakatPeertoPeer #ZPP

 

Hidup Sebatang Kara, Sejak Kecelakaan Mariyam Tak Bekerja

Update #1: Biaya Tunggakan Kontrakan Nenek Mariyam Terbayarkan

Mariyam merasa sangat senang dan bersyukur telah dibantu BWA melalui program Zakat Peer to Peer (ZPP). Nenek Mariyam bisa sejenak bernafas lega tanpa harus pusing memikirkan biaya kontrakan dan biaya hidup sehari-hari. “Sangat senang dibantu BWA, hal ini berdampak pada kesehatan psikis saya yang kini membuat saya lebih tenang dan sehat,” tutur Nenek Mariyam.

Nenek Mariyam berharap ada pihak-pihak yang bisa membantunya. karena ia hanya tinggal sebatang kara dan sudah tua. Tidak ada kemampuan atau kesempatan lagi untuk bekerja kembali.

(Bantuan Dana Zakat untuk Mariyam)

“Saya sangat berterima kasih kepada para muzakki yang sudah membantu saya sehingga saya bisa menjalani hari tua saya dengan tenang tanpa memikirkan kontrakan dan biaya hidup. Hanya Allah yang bisa membalas kebaikan para muzakki dan semoga Allah juga memudahkan segala urusan para muzakki. Aamiin,” tutur Nenek Mariyam seraya mendoakan.

Nenek Mariyam teringat saat ia pertama kali dibantu oleh BWA. Dulu ia tinggal di kontrakan kecil dan semua aktivitasnya dilakukan di ruangan tersebut. “Sebelum di sini saya tinggal di kontrakan kecil, sehingga tim BWA mungkin merasa iba dengan saya dan alhamdulilah meminta saya pindah ke kontrakan yang lebih layak. Dan saya sangat senang sekali sekarang bisa tinggal dengan nyaman,” kenangnya.

 

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.

Komunitas Pendukung