Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Sedekah Kemanusiaan

Idap Talasemia, Yufita Harus Transfusi Darah Seumur Hidup

Idap Talasemia, Yufita Harus Transfusi Darah Seumur Hidup

Selera makan hilang, badan lemas, kepala pusing dan wajah pucat kerap dialami Yufita Daniati (33 tahun) tatkala talasemia yang diidapnya kambuh lantaran telat transfusi darah.

Menurut ibunya, Maisaroh (67 tahun), dari umur lima tahun ia sudah mengidap penyakit tersebut. “Dari umur lima tahun, saat diperiksa ke RS kata dokter saat itu anak saya mengalami kebanyakan darah putih dan zat besi, jadi badannya kurus,” ungkap sang ibu.

(Yufita Daniati)

(Yufita Daniati, 33 tahun)

Di RS dilakukan transfusi darah. Lalu setelah pulang ke rumah pasang alat desperal di perut untuk mengambil zat besi agar jangan sampai limpa besar dan kulit menjadi kelihatan hitam pekat. Selama seminggu untuk pemasangan alat desperalnya, aku Maisaroh.

Sejak saat itu hingga sekarang ritual transfusi darah di RS-pasang desperal sepekan-tanpa desperal sepekan-lalu transfusi darah lagi, rutin dilakukan. Bahkan kata dokter harus seumur hidup. “Seumur hidup, saya harus melakukan pengobatan ini terus menerus, karena dua minggu sekali harus transfusi, selama transfusi itu memakan waktu empat hari,” kata Yufita.

Sayangnya obat-obatan, alat suntik serta alat desperalnya tidak dicakup BPJS. Sedangkan kebutuhan hidup sehari-hari terus meningkat tetapi pendapatan Maisaroh tak bisa mengimbanginya. Yufita sendiri tidak bekerja, karena tubuhnya mudah ngedrop.

“Dulu ibu berdagang, namun karena umur semakin tua, semakin tidak mampu, jadi terkadang hanya dibantu saudara dan ibu saya pun harus rela menjual barang-barang perabotan rumah termasuk pakaian. Kadang suka disuruh mencuci nyetrika, ujar Yufita.

Mereka hanya tinggal berdua di rumah kontrakan Jalan Kayu Ramin, Utan Kayu Utara, Matraman, Jakarta. Ayahnya Yufita sudah lama meninggal.

Karena penghasilan dagang sering tersedot habis untuk berobat, “barang-barang yang kita punya pun hampir habis dijual untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari,” pungkas Yufita.

Untuk mengurangi beban keluarga Yufita, BWA mengajak kaum Muslimin bersedekah melalui program Sedekah Kemanusiaan (SK) sehingga ia bisa tetap cuci darah.

Semoga kita semua mendapat pahala berlimpah dari Allah SWT karena telah membantu sesama. Aamiin.[]

 

Sedekah yang Diperlukan:

Rp.78.500.000

Mitra Lapangan:

Dadan

 

#BWA #Wakaf #Sedekah #SedekahKemanusiaan #SK

Belum ada Update

DONASI YANG DIBUTUHKAN

Rp 78.500.000



26.21%
Butuh Rp 57.924.000,- lagi

PROJECT LAIN

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.