Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Indonesia Belajar

Ini Alasan Galang Tak Pernah Pulang Meski Sedang Liburan Semester

Ini Alasan Galang Tak Pernah Pulang Meski Sedang Liburan Semester

Setiap liburan semester, Galang Panggalih (25 tahun) tak pulang ke rumah di Tegal. Mahasiswa semester 7 Jurusan Manajemen Syariah Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Hamfara, Bantul, DIY, tersebut tetap saja di Bantul.

Bukannya tak kangen sama kedua orang tua, tetapi karena kritisnya ekonomi keluarga yang membuatnya harus bisa mencari nafkah sendiri. Nah, waktu yang paling optimal untuk melakukan itu ketika liburan kuliah. Hal itu dilakukannya sejak tahun pertama kuliah.

(Galang, Mahasiswa STEI Hamfara)

(Galang, Mahasiswa STEI Hamfara)

Meskipun bukan liburan semester, Galang juga berupaya mencari nafkah namun tentu saja lebih mengutamakan waktunya untuk kuliah.

Saat masih semester dua dan tiga, Galang menjadi guru ngaji di MTS Muhammadiyah dan kala itu ia mendapat upah sekitar Rp150 ribu per bulan. Pada semester empat dan lima sempat bekerja buka lapak kebab di daerah Bantul. Ia hanya mendapat sekitar Rp200-Rp450 dari setiap potong kebab yang terjual, dan setiap harinya hanya 30-50 potong yang bisa dijualnya.

Sempat juga ia mencoba membuka lapaknya secara daring (online). “Alhamdulillah ada sedikit peningkatan pendapat kami. Alhamdulillah dari hasil itu saya sedikit bisa membantu biaya kuliah sendiri,” ungkapnya.

Namun di tahun ini, semenjak pandemi Covid-19, penjualannya malah terus menurun. Ia pun kebingungan bagaimana memenuhi biaya kuliahnya. Uang untuk sekadar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja sangat sulit didapat.

Kedua orang tuanya, Ichwan Barozi (52 tahun) dan Sofana Lutfiah (50 tahun), saat ini hanya dapat mendoakan agar Allah SWT dapat melimpahkan rezeki yang tak disangka-sangka untuk dapat menutupi biaya kuliah dan biaya hidup Galang di Bantul.

Pasalnya, Ichwan yang awalnya bekerja sebagai bagian penagihan bisnis kedelai sejak tiga tahun lalu di-PHK karena perusahaannya bangkrut. Sejak saat itu, kerja serabutan dan penghasilannya pun tak seberapa. Sekadar dapat untuk menyambung hidup saja sudah luar biasa, sehingga dapat mengirim uang untuk Galang sangat jarang.

Untuk mengurangi beban keluarga Ichwan, Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) mengajak kaum Muslim berdonasi melalui program Indonesia Belajar (IB) guna membantu biaya kuliah Galang. Semoga Allah SWT membalas kebaikan para donatur dengan curahan rahmat berlipat ganda. Aamiin.[]

 

Donasi yang Diperlukan:

Rp.27.150.000

Mitra Lapangan:

Dadan Wahyu Ramdhani

 

#BWA #InovasiWakaf #IB #IndonesiaBelajar

 

Belum ada Update

DONASI YANG DIBUTUHKAN

Rp 27.150.000



12.55%
Butuh Rp 23.743.000,- lagi

PROJECT LAIN

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.

Para Donatur