Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Indonesia Belajar

Kadang Ilham Jadi Tukang Parkir agar Punya Ongkos Sekolah

Kadang Ilham Jadi Tukang Parkir agar Punya Ongkos Sekolah

Memiliki usaha bengkel sendiri atau setidaknya menjadi montir yang jujur merupakan cita-cita Nur Muhammad Ilham (15 tahun), makanya setamat SMP ia pun masuk SMK Madani Jurusan Teknik Kendaraan Ringan.

Remaja yang baru di tahun pertama menimba ilmu dan keterampilan di sekolah yang beralamat di Jalan Raya Abdul Gani, Cilodong, Depok, Jawa Barat tersebut berharap setelah cita-citanya tercapai bisa membantu perekonomian keluarga dan membahagiakan perasaan terutama untuk ayahnya yakni Dadio (55 tahun) dan almarhum ibunya Ngatirah.

(Nur Muhammad Ilham, 15 tahun)

(Nur Muhammad Ilham, 15 tahun)

Saat ini, Ilham mengalami kendala dalam biaya sekolah dan transportasinya karena gaji ayahnya yang bekerja di yayasan sosial hanya cukup untuk membayar biaya kontrakan dan kebutuhan pangan sehari-hari. Ibunya pun saat ini tak mampu untuk membantu untuk mencari tambahan nafkah karena  menderita penyakit komplikasi hingga pembengkakan jantung.

Ilham pun terkadang meminta bantuan saudara atau teman-temannya untuk memenuhi kebutuhan sekolah yang begitu banyak, seperti ongkos pulang pergi sekolah ke rumah. Hingga terkadang jika tidak mendapatkan bantuan atau pinjaman uang, Ilham harus menjadi tukang parkir di salah satu putaran balik yang terdapat di Jalan Raya Bogor. 

Melihat kondisi yang menyulitkan ini, Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) mengajak kaum Muslimin berdonasi melalui program Indonesia Belajar (IB) untuk membantu biaya pendidikan dan ongkos transportasinya agar ia dapat mewujudkan cita-citanya membangun usaha bengkelnya sendiri sehingga dapat meraih taraf hidup yang lebih layak. Semoga Allah SWT membalasi kebaikan para donatur dengan curahan rahmat berlipat ganda. Aamiin.[]

 

Donasi yang Diperlukan:

Rp.19.090.000

Mitra Lapangan:

Dadan WR

 

#BWA #IndonesiaBelajar #IB

Kadang Ilham Jadi Tukang Parkir agar Punya Ongkos Sekolah

Update #1: Yuk Bantu Ilham untuk Segera Lulus dan Bisa Bekerja

Muhammad Nur Ilham (16) tahun merupakan seorang remaja yang saat ini menempuh pendiidikan kelas XII di SMK Madani Depok jurusan Teknik kendaraan ringan. Remaja yang dibiasa dipanggil Ilham masih mengalami keterbatasan dalam memenuhi pembayaran pendidikan SMK.

Ayah Ilham bekerja sebagai terapis bekam/gurah dan jualan obat-obatan herbal di daerah Jawa Tengah. Ilham bersama saudara kandungnya mengontrak di Cilodong Depok. Selama mengontrak mereka membayar kontrakan sebesar Rp 800.000/bulan. Ayah Ilham tinggal di Jawa, karena tinggal bersama ibu sambungnya. Penghasilan ayahnya pun masih terbatas untuk membiayai pendidikan Ilham. Untuk membantu bayar kontrakan, Ilham terkadang menjadi tukang parkir di sekitaran Depok.

(Donasi Pendidikan untuk Ilham)

(Donasi Pendidikan untuk Ilham)

Tim Indonesia Belajar (IB) BWA akhir Januari 2022 mengunjungi kontrakan Ilham bersama saudara kandungnya di Cilodong Depok. Kontrakan sederhana ini menjadi tempat aktivitas Ilham untuk belajar dan mengaji. Saat ini Ilham tengah mengikuti kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) dan sedang mengikuti ujian praktek.

Remaja yang suka mengaji ini cita-citanya ingin membuka bengkel dan menjadi montir. Selama sekolah Ilham mengikuti kegiatan magang di bengkel mobil dan selalu diajarkan juga oleh karyawan disana. Ilham bertekad memanfaatkan waktu dan mengasah keterampilan agar setelah lulus SMK ia bisa bekerja.

Dengan support bantuan pendidikan dari para donatur, setidaknya membantu meringankan pendidikan Ilham agar Ilham kedepannya menjadi montir yang sukses. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan limpahan rezeki kebaikan kepada para donatur BWA.

 

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.