Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Indonesia Belajar

Kakaknya Hanya Tamatan SMP, Aprilia Berharap Bisa Lulus SMK

Kakaknya Hanya Tamatan SMP, Aprilia Berharap Bisa Lulus SMK

Sebagai bungsu dari dua bersaudara, Aprilia (16 tahun) ingin sekali lulus sekolah sampai SMK, karena pendidikan formal kakaknya hanya sampai SMP. Selain itu, siswi kelas X Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Al-Basyariah Bojong Gede Kabupaten Bogor tersebut sangat berharap bisa bekerja sesuai bidang di administrasi perkantoran.

Gajinya bisa digunakan untuk membantu orang tua. Kemudian disisihkan sedikit demi sedikit untuk kuliah. Begitulah rencana April, sapaan akrab Aprilia, ke depannya setelah lulus SMK.

(Aprilia Bertekad Selesaikan Pendidikan SMKnya)

(Aprilia Bertekad Selesaikan Pendidikan SMKnya)

Tentu saja rencana tersebut sangat didukung oleh kedua orang tuanya, Matamin (alm) dan Maryatih. Makanya, meski dari sisi ekonomi tergolong keluarga kurang mampu, orang tua langsung mengiyakan ketika setamat SMP waktu itu April menyatakan akan melanjutkan sekolah ke SMK.

Pada bulan November 2021 lalu, April ditimpa musibah bahwasanya ayahnya meninggal dunia karena sakit. Sebelum meninggal, Matamin dirawat di RS di daerah Bogor selama satu pekan. “Bapak mengalami sakit paru-paru (TBC). Setahun ini bapak sudah 2 kali masuk RS,” ujar Aprilia. Walhasil kondisi ekonomi keluarga semakin krisis.

Selama ayahnya masih hidup, penghasilan (alm) Matamin sebagai sopir pengangkut sayur dari Pasar Induk Kramat Jati Jakarta Timur ke berbagai pasar per hari itu hanya sekitar Rp50 ribu-Rp80 ribu. Sedangkan Maryatih bekerja sebagai buruh penjual pempek penghasilan per harinya sekitar Rp50 ribu.

“Terkadang kasihan kalau membayangkan April sampai putus sekolah di tengah jalan, padahal harapan satu-satunya yang lulus SMK hanya April,” ungkap Maryatih.

Dengan keadaan seperti ini, Maryatih menggantikan peran suaminya yang telah meninggal dunia. Ditengah keterbatasan, Maryatih harus berjuang untuk memperbaiki keadaan ekonomi keluarga. Maryatih hanya bisa mendoakan agar April kelak setelah lulus SMK bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keinginan dan bisa membantu keluarga.

Untuk mengurangi beban warga Kampung Duren Baru, Susukan, Bojong Gede tersebut Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) mengajak kaum Muslim berdonasi melalui program Indonesia Belajar (IB) guna membantu biaya sekolah April. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan para donatur dengan curahan rahmat berlipat ganda. Aamiin.[]

 

Donasi yang Diperlukan:

 Rp.11.850.000

Mitra Lapangan:

Bambang S

 

#BWA #IB #IndonesiaBelajar

Kakaknya Hanya Tamatan SMP, Aprilia Berharap Bisa Lulus SMK

Update #2: Selepas Lulus , April Berharap Dapat Pekerjaan untuk Bantu Ekonomi Keluarga

Aprilia, siswi SMK Al Basyariah Bojong Gede saat ini tengah duduk di bangku kelas XI dengan jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran. April selalu nampak bersemangat dalam menjalani kegiatan sekolahnya karna memiliki harapan tinggi akan langkahnya selepas sekolah yaitu ingin bisa membantu perekonomian keluarganya dengan mendapatkan pekerjaan yang layak.

Di kelas XI ini Aprilia juga disibukkan dengan berbagai kegiatan di luar jam belajarnya seperti praktek kerja industri dan lapangan serta memepersiapkan ujian-ujian yang diberikan oleh pihak sekolah. “Sebentar lagi aku ada PKL mas, sama pastinya buat laporannya gitu, semoga lancar ya kegiatanku”, ujar Aprilia saat ditemui disekolahnya.

(Donasi Pendidikan untuk April)

Aprilia juga berharap agar prestasinya di sekolah bisa terus membaik, agar ia bisa memberikan kesan yang baik dan sesuai dengan harapan orangtuanya.

Ucapan syukur Alhamdulillah disampaikan Aprilia kepada BWA dan para donatur melalui Program Indonesia Belajar karna telah membantu memberikan keringanan atas biaya sekolahnya yang tertunggak.

“Sekali lagi terima kasih kepada BWA dan para donatur yang telah membantu biaya sekolah April selama ini. Semoga Allah SWT memberikan keberkahan dan membalas kebaikan bapak dan ibu,” tutup April seraya mendoakan.

               

Update #1: Secercah Harapan Baru untuk Aprilia

Rasa syukur penuh haru terucap dari Ibunda Aprilia tatkala menerima bantuan donasi pendidikan untuk anaknya, Aprilia. Alhamdulillah kesulitan biaya pendidikan yang sebelumnya dihadapi olehnya sekarang sudah terbantu melalui program Indonesia Belajar (IB) BWA.

“Terima kasih kepada BWA dan para donatur karna telah memberikan secerca harapan yang meringankan kebutuhan keluarga kami,” tutur Ibunda Aprilia.

(Bantuan Pendidikan untuk Aprilia)

Saat ini Aprilia sudah memasuki semester 2 kelas X SMK Al Basyariah Bojong Gede. Aprilia juga nampak kembali bersemangat sekolah dikarenakan sudah mulai hampir setiap hari ia bisa bersekolah secara tatap muka yang sebelumnya diganti pembelajaran online semasa pandemi.

Kini Aprilia tengah bersiap untuk pelaksanaan ujian akhir semester 2 sebagai syarat kenaikan ke kelas XI. Dikelas XI nanti akan ada kegiatan PKL yang diwajibkan sekolah bagi siswanya, “Kemungkinan akan ada biaya untuk PKL mas, mudah-mudahan nanti diberikan rezekinya supaya bisa mengikuti PKL dengan lancar,” ujar siswi jurusan otomatisasi tata kelola perkantoran saat diwawancara.

“Alhamdulillah dik Aprilia bisa lancar mas sekolahnya, saya juga mendukung terus agar juga bisa unggul berprestasi di sekolahnya,” kata ibunya saat menemani percakapan dikediamannya.

Mari terus dukung dan bantu agar Aprilia bisa menyelesaikan pendidikannya. Semoga Allah meringankan kita untuk bisa membantu sesama, aamiin.

 

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.