Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari

Kegiatan di Masjid Raya Sipora, Mentawai Terhambat Karena Krisis Air Bersih

Kegiatan di Masjid Raya Sipora, Mentawai Terhambat Karena Krisis Air Bersih

“1.000 liter air hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan masjid selama dua hari, kami biasa membelinya dengan harga Rp.250.000 per 3.000 liter,” ujar Pak Firdaus. Inilah kondisi kesulitan air di masjid Miftahul Jannah, Sipora Jaya, Kepulauan Mentawai. Masjid ini merupakan salah satu pusat dakwah islam di Sipora yang digawangi oleh Buya Mas’ud Abidin. Beliau pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia Sumatera Barat bidang Dakwah (2003-2006) dan Direktur Pusat Pengkajian Islam dan Minangkabau (2001-2007). Beliau juga merupakan salah satu ulama yang dakwahnya sangat berpengaruh di Sumatera Barat. Sedemikian penting dan strategisnya Masjid Miftahul Jannah ini sering terkendala karena persediaan air bersih yang terbatas.

(Krisis Air Bersih di Desa Sipora Jaya Mentawai)

(Krisis Air Bersih di Desa Sipora Jaya Mentawai)

Desa Sipora Jaya adalah wilayah dari kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai. Terletak di tepian laut yang memiliki ketinggian 100 mdpl. Penduduk di Desa Sipora Jaya berjumlah 250 kk yang mayoritas masyarakatnya adalah transmigran dari pulau Jawa. Di desa ini secara umum sulit ditemukan sumber aiar bersih. Selama ini warga hanya mengandalkan sumur cincin resapan air tanah dengan kedalaman rata-rata 4 meter yang airnya hanya ada di musim hujan. Pernah juga dilakukan pengeboran air tanah oleh warga hingga kedalaman 10 meter tetapi dalam beberapa bulan sudah tidak mengeluarkan air lagi. Bebatuan yang keras juga menjadi kendala dalam proses pengeboran yang dilakukan oleh warga.

(Masjid Miftahul Jannah)

(Masjid Miftahul Jannah)

Pada tanggal 22 juli 2020 team BWA melakukan survei dan tes Geolistrik ke Desa Sipora Jaya Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk mendeteksi keberadaan air tanah di halaman Masjid Miftahul Jannah. Pelaksanaan pendeteksian geolistrik dengan alat radar PQWT M100 telah dillakukan di halaman masjid Miftahul Jannah dan hasilnya terdapat sumber air di kedalaman 60-70 m dengan potensi debit air 2,4 kubik per jam.

(Kegiatan Tes Geolistrik)

(Kegiatan Tes Geolistrik)

Rencana Proyek

Dari hasil survei tersebut, BWA berencana membantu masyarakat Sipora Jaya khususnya di Masjid Miftahul Jannah dan sekitarnya dengan membuat proyek wakaf sarana air bersih. Adapun tahapan pekerjaan yang akan dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan uji geolistrik
  2. Melakukan pengeboran sumur dengan kedalaman 70 meter
  3. Membuat penampungan air dengan kapasitas 30.000 liter
  4. Instalasi jaringan pipa ke rumah sekitar masjid

Demi menjaga keberlangsungan aktivitas ibadah dan sosial masjid Miftahul Jannah, maka kami mengajak para wakif untuk bersama BWA berpartisipasi pada proyek Wakaf Sarana Air Bersih di Masjid Miftahul Jannah, Sipora Jaya di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Semoga Allah melipatgandakan pahala dan kebaikan bagi kita semua.

 

Nilai wakaf yang dibutuhkan:

Rp.1.250.000.000

Partner Lapangan:

Bapak Firdaus

 

#BWA #WAFP #WaterActionforPeople #WakafSaranaAirBersih #Mentawai

Belum ada Update

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.

Para Donatur

Project Sejenis