Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Zakat Peer To Peer

Kesulitan Ekonomi, Ibu Dianah Kewalahan Membiayai Sekolah Kedua Anaknya

Kesulitan Ekonomi, Ibu Dianah Kewalahan Membiayai Sekolah Kedua Anaknya

Hampir tiga tahun Mardianah (43 tahun) menjalani hidup tanpa suami karena terpaksa bercerai. Semenjak berpisah pada pertengahan 2017, Ibu Dianah, begitu sapaan akrabnya, harus mengurus ketiga buah hati yang memilih tinggal bersamanya. Mau tidak mau ia pun harus menjadi sosok kepala rumah tangga untuk keluarganya.

(Ibu Mardianah, 46 Tahun)

(Ibu Mardianah, 46 Tahun)

Sejak menjanda ia tinggal di rumah orang tuanya di Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.  Ibu dari Ibu Dianah juga hidup seorang diri karena sang suami telah lama meninggal. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, Ibu Dianah hanya mengandalkan tunjangan dari uang pensiun sang ayah yang dulu pernah menjadi anggota Angkatan Darat. 

Jumlah dari uang pensiun yang didapat tidaklah seberapa. “Tapi setidaknya masih cukup untuk kebutuhan makan sehari-hari saja,” ujar Ibu Dianah.

Meskipun kebutuhan untuk makan sehari-hari masih terpenuhi, Ibu Dianah sangat kewalahan untuk memenuhi kebutuhan sekolah kedua anak-anaknya. Terlebih untuk Marto (9 tahun) yang kini masih duduk di bangku kelas satu sekolah dasar (SD).

Ibu Dianah sendiri tidak memiliki pekerjaan tetap, di tempat tinggalnya ia diberikan amanah menjadi sekretaris dalam keanggotaan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Terkadang  membantu teman-temannya berjualan daring (online), demi mendapatkan penghasilan.

Namun, biaya hidup yang cukup tinggi membuatnya berpikir keras untuk memenuhinya.

Untuk mengurangi beban keluarga Ibu Dianah, BWA mengajak kaum Muslimin menunaikan zakat harta melalui program Zakat Peer to Peer (ZPP) sehingga dapat meringankan beban ekonomi Ibu Dianah dan kewajiban zakat para muzaki (penunai zakat) tertunaikan.

Semoga Allah SWT membalas kebaikan para muzaki  dengan balasan kebaikan yang berlipat ganda. Aamiin.[]

 

Nilai Zakat Harta yang Dibutuhkan:

Rp.24.000.000

Mitra Lapangan:

Wahyu

 

#WakafQuran #Wakaf #BWA #ZPP #ZakatPeertoPeer

Kesulitan Ekonomi, Ibu Dianah Kewalahan Membiayai Sekolah Kedua Anaknya

Update #1: Ibu Dianah Merasa Sangat Terbantu dengan Program ZPP BWA

Senin 5 oktober, tim ZPP BWA bersilaturahmi ke kontrakan Ibu Mardianah, untuk menyerahkan langsung dana zakat amanah dari para muzakki. Selama ini Ibu Dianah, demikian ia akrab dipanggil, belum mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok dikarenakan belum memiliki pekerjaan tetap yang berimbas pada perekonomian keluarganya.

“Alhamdulillah terimakasih BWA, uang ini saya terima dan saya pakai untuk membiayai pengobatan Ibu saya, membayar sekolah anak-anak, dan untuk membayar kebutuhan rumah seperti air dan listrik bulanan,” tutur Ibu Dianah.

(Bantuan Dana Zakat BWA diterima Ibu Dianah)

(Bantuan Dana Zakat BWA diterima Ibu Dianah)

Ibu Dianah bercerita kepada kami, tentang susahnya hidup setelah ia menjanda. Mau tidak mau Ibu Dianah juga harus berperan menjadi sosok ayah/pencari nafkah untuk anak-anaknya. “Sangat sulit setelah menjanda seperti ini mas, uang kerja serabutan yang didapat tidak mencukupi biaya kebutuhan untuk anak sehari-hari,” lanjutnya.

“Alhamdulillah saya bersyukur bisa dibantu BWA lewat program zakat ini. Saya cuma bisa membalas melalui doa kepada para muzakki, semoga diluaskan rizkinya, dilipat gandakan pahalanya. Terimakasih banyak sudah menolong orang seperti saya. Dan kepada BWA semoga tetap istiqamah membantu orang-orang susah,” tutup Ibu Dianah.

 

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.