Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Zakat Peer To Peer

Ketidak sempurnaan, Tak Menghalanginya Untuk Berkarya

Dengan sigap dan cekatan, Istakhayun (35) mengoperasikan mesin jahit dan alat-alat jahit yang dimilikinya. Tidak kalah terampil dengan penjahit yang kedua tangannya utuh, ia menunjukan hasilnya sangat baik dalam waktu 15 menit saja.    

Keterbatasan fisik yang dimiliki bapak dua orang anak ini, tidak menghalanginya untuk berkarya. Dihadapan tim Badan Wakaf Alquran (BWA) yang mengunjunginya, ia begitu mahir mengoperasikan seluruh peralatan mesin jahit yang dimilikinya.

Istakhayun adalah seorang warga desa Purodadi kecamatan Tembarak - Temanggung, yang tidak memiliki lengan yang sempurna. Namun ketekunannya, membuat ia mahir dalam jahit menjahit

Berkat kemahiran dan ketelatenannya, masyarakat dusun Gembongan -  Temanggung, sering mempercayakan urusan jahit menjahit pakaian mereka kepada Istakhayun. “Seringkali, saya terpaksa harus menolak permintaan warga karena pekerjaan sudah menumpuk,” ujarnya kepada tim BWA.

istakhayun

Makanya, ia berinisiatif untuk merekrut karyawan lulusan SMA yang belum bekerja dan belum memiliki keterampilan. Saat ini Alhamdulillah, ia sudah memiliki tiga orang peserta didik. “Ketiganya adalah remaja putri lulusan SMA setempat yang ingin bekerja, tetapi belum memiliki ketrampilan,” kata Istakhayun.

Selain itu, di rumahnya yang sederhana, setiap ba’da magrib selalu ramai dikunjungi anak-anak. Bersama istri tercintanya, ia dengan sabar membimbing anak-anak warga belajar mengaji Al Quran. Pria yang biasa disapa ustadz ini, tidak pernah lelah memberi manfaat bagi sesama.        

Pemerintah desa Purwodadi pun turut kepincut dengan kiprah yang dilakukan Istakhayun, merekapun mengizinkan salah satu ruangan di balai desa dipakai Istakhayun sebagai tempat pelatihan menjahit bagi masyarakat.

Untuk mendukung rencana pelatihan menjahit bagi masyarakat dan menunjang usaha jahitnya,  Istakhayun berencana akan menambah tiga unit mesin jahit baru dan memperbaiki 3 unit mesin jahit yang sudah ada.

Istakhayun, Cektatan

Namun kendalanya, dana yang dibutuhkan cukup besar bagi Istkhayun. Karena itulah BWA mengunjunginya untuk mendengarkan rencana dan cita-citanya serta berupaya menjembatani hajat Istakhayun dan warga dengan para muzaki sekalian.

Adapun biaya yang dibutuhkan sebesar Rp 6 juta,  dengan rincian, pembelian 3 unit mesin jahit baru sebesar Rp 3,6 juta dan perbaikan 3 unit mesin jahit yang sudah ada sebesar Rp 2,4 juta. Insya Allah, setiap kali kita memudahkan urusan orang lain, Allah SWT akan memudahkan urusan kita. Selamat berzakat! []

Donasi Yang Dibutuhkan :

Rp. 6.000.000,- (Enam Juta Rupiah)

Partner Lapang :

Dedi Prasetya

Ketidak sempurnaan, Tak Menghalanginya Untuk Berkarya

Update #1: Rp 2,5 Juta Dana Zakat Untuk Perbaikan Mesin Jahit Istakhayun

Sumringah senyum menghias wajah ceria Istakhayun tatkala menyambut kedatangan partner lapang Badan Wakaf Al-Qur’an Dedy Prasetyo, Ahad (21/7) di kediamannya di Dusun Gembongan, Desa Purwodadi, Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Dalam kesempatan itu, Istakhayun menerima realisasi program Zakat Peer to Peer sebesar Rp 2,5 juta rupiah yang dihimpun BWA dari muzaki untuk memperbaiki tiga mesin jahitnya yang sudah rusak. “Syukur Alhamdulillah, permohonan bantuan saya mendapat tanggapan dari BWA,” ujarnya.

mesin jahit istakhayun

Meski lengan kirinya tidak memiliki tangan dan jemari, lelaki yang berusia 35 tahun ini sigap dan cekatan mengoperasikan mesin jahit dan alat-alat jahit yang dimilikinya. Tidak kalah terampil dengan penjahit yang kedua tangannya utuh.

Keterbatasan fisik yang dimiliki bapak dua orang anak ini, tidak menghalanginya untuk berkarya. Berkat kemahiran dan ketelatenannya, warga Gembongan-Temanggung, sering mempercayakan urusan jahit menjahit pakaian mereka kepada Istakhayun. 

“Seringkali, saya terpaksa harus menolak permintaan warga karena pekerjaan sudah menumpuk. Dengan dana bantuan ini, saya akan memperbaiki mesin-mesin jahit yang telah rusak agar bisa digunakan lagi,” ungkapnya.[]

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.