Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Zakat Peer To Peer

Kios Habis Terbakar

Sigit adalah salah satu dari sekitar 600 pedagang yang berjualan baju di pasar Talun, desa Dukun, kecamatan Dukun, Magelang. Alumni sebuah perguruan tinggi agama Islam di Jember ini memilih berdagang karena pekerjaan ini membuatnya dapat membagi waktu untuk kerja, keluarga, dan dakwah secara seimbang.

Beberapa waktu lalu, tepatnya 3 September 2012 sekitar pukul 13.30, beliau mendapat ujian Allah SWT. Hanya dalam tempo 2 jam, pasar Talun habis dilalap si jago merah. Walhasil, para pedagang harus menerima kenyataan pahit kehilangan kiosnya. Sebagian besar dari mereka adalah pedagang kecil. Mereka yang dagangannya berhasil diselamatkan, memutuskan untuk menjual sisa dagangannya dengan memanfaatkan sedikit lahan yang ada di sekitar pasar. Hal tersebut dilakukan agar mereka bisa terus menyambung hidup. Sementara mereka yang dagangannya habis terbakar hanya bisa pasrah.

Kios Sigit sebenarnya jauh dari pusat api, tetapi tetap tak terelakkan dari musibah tersebut. Namun, alhamdulillah, sembilan puluh persen dagangannya berhasil diselamatkan. Kini kios tersebut memang telah rata dengan tanah. Akan tetapi, ekonomi keluarga harus tetap berjalan, guna menafkahi istri dan kedua anaknya yang sudah bersekolah.

Seperti pedagang lainnya, Sigit tidak bisa terus-menerus menunggu usainya renovasi pasar yang diperkirakan akan selesai pada 2013. Oleh karena itu, Sigit berencana menyewa salah satu kios di pasar Soka (berjarak sekitar 1 km dari pasar Talun ke arah Merapi) untuk melanjutkan usaha dagangnya. Hanya saja, ketiadaan dana menghambatnya untuk merealisasi hal tersebut. Beliau membutuhkan biaya sekitar Rp 5 juta untuk sewa kios selama setahun ke depan.

 

Donasi yang dibutuhkan:

Rp. 5.000.000,- (Lima Juta Rupiah)

 

Partner lapang:

Dedy Prasetyo

Belum ada Update

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.