Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Sedekah Kemanusiaan

Krisis Air Bersih, Warga Klepu Mandi Air Keruh dan Berlumut

Krisis Air Bersih, Warga Klepu Mandi Air Keruh dan Berlumut

Dalam aktivitas keseharian, seperti mandi dan mencuci, warga Dusun Klepu terpaksa melakukannya di tepi telaga dengan kondisi air yang keruh dan berlumut. Hal itu karena sulitnya mendapatkan air bersih di desa. Kontur tanah yang didominasi oleh batuan kars (karang) sangat menyulitkan mereka utuk membuat sumur bor.

(Antrian Warga untuk Mendapatkan Air)

(Antrian Warga untuk Mendapatkan Air)

Bertahun-tahun lamanya warga Klepu, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, harus membeli air dari truk tangki. Sudah satu tahun ini mereka mengalami krisis air bersih. Kemarau panjang membuat warga Klepu sulit untuk bertani dan berkebun sehingga penghasilan yang mereka dapatkan juga minim, padahal hampir semua penduduk Klepu menggantungkan hidup di sektor pertanian.

(Kondisi Air yang Berlumut dan Hijau yang Digunakan Warga)

(Kondisi Air Berlumut dan Hijau yang Digunakan Warga)

Selama ini masyarakat hanya menggandalkan bantuan air bersih berupa truk tanggki yang didapat dari lembaga swadaya masyarakat dan sering kali mereka harus menunggu sampai malam hari karena waktu kedatangan truk tangki yang tidak menentu. Warga sangat antusias menerima bantuan tersebut meskipun harus sabar mengantre dan menunggu.

Setiap kepala keluarga mendapatkan satu sampai dua ember air, pembagian air memang harus merata kepada 142 kepala keluarga. “Dusun kami memang paling banyak jumlah kepala keluarganya (KK), dari dusun-dusun lain dalam satu desa,” ujar Rusdi, Kepala Dusun Klepu.

Sekitar 70-80% warga di dusun ini sudah terpasang pipa dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Setiap warga dibebankan membayar sekitar Rp42.000,- setiap bulannya, dan itu pun dibatasi hanya 10 kubik/KK. Kendati demikian air belum maksimal mengalir ke rumah-rumah warga, karena debit yang dihasilkan sangat kecil dan sering air tidak keluar sama sekali.

"Sudah dua bulan lebih air dari PDAM tidak keluar sama sekali," sambung Rusdi.

Melalui program Sedekah Kemanusiaan (SK), Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) mengajak kaum Muslimin membantu warga Klepu dengan memberikan bantuan air bersih melalui truk tangki air. Semoga apa yang kita usahakan diberikan ganjaran pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT. Aamiin.[]

 

Donasi yang Diperlukan:

Rp.100.000.000

Mitra Lapangan:

Bintoro

 

#BWA #WakafQuran #SedekahKemanusiaan #SedekahAirBersih #SK

Belum ada Update

DONASI YANG DIBUTUHKAN

Rp 100.000.000



18.21%
Butuh Rp 81.785.500,- lagi

PROJECT LAIN

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.

Komunitas Pendukung