Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Sedekah Kemanusiaan

Krisis Air Bersih, Warga Klepu Mandi Air Keruh dan Berlumut

Krisis Air Bersih, Warga Klepu Mandi Air Keruh dan Berlumut

Dalam aktivitas keseharian, seperti mandi dan mencuci, warga Dusun Klepu terpaksa melakukannya di tepi telaga dengan kondisi air yang keruh dan berlumut. Hal itu karena sulitnya mendapatkan air bersih di desa. Kontur tanah yang didominasi oleh batuan kars (karang) sangat menyulitkan mereka utuk membuat sumur bor.

(Antrian Warga untuk Mendapatkan Air)

(Antrian Warga untuk Mendapatkan Air)

Bertahun-tahun lamanya warga Klepu, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, harus membeli air dari truk tangki. Sudah satu tahun ini mereka mengalami krisis air bersih. Kemarau panjang membuat warga Klepu sulit untuk bertani dan berkebun sehingga penghasilan yang mereka dapatkan juga minim, padahal hampir semua penduduk Klepu menggantungkan hidup di sektor pertanian.

(Kondisi Air yang Berlumut dan Hijau yang Digunakan Warga)

(Kondisi Air Berlumut dan Hijau yang Digunakan Warga)

Selama ini masyarakat hanya menggandalkan bantuan air bersih berupa truk tanggki yang didapat dari lembaga swadaya masyarakat dan sering kali mereka harus menunggu sampai malam hari karena waktu kedatangan truk tangki yang tidak menentu. Warga sangat antusias menerima bantuan tersebut meskipun harus sabar mengantre dan menunggu.

Setiap kepala keluarga mendapatkan satu sampai dua ember air, pembagian air memang harus merata kepada 142 kepala keluarga. “Dusun kami memang paling banyak jumlah kepala keluarganya (KK), dari dusun-dusun lain dalam satu desa,” ujar Rusdi, Kepala Dusun Klepu.

Sekitar 70-80% warga di dusun ini sudah terpasang pipa dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Setiap warga dibebankan membayar sekitar Rp42.000,- setiap bulannya, dan itu pun dibatasi hanya 10 kubik/KK. Kendati demikian air belum maksimal mengalir ke rumah-rumah warga, karena debit yang dihasilkan sangat kecil dan sering air tidak keluar sama sekali.

"Sudah dua bulan lebih air dari PDAM tidak keluar sama sekali," sambung Rusdi.

Melalui program Sedekah Kemanusiaan (SK), Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) mengajak kaum Muslimin membantu warga Klepu dengan memberikan bantuan air bersih melalui truk tangki air. Semoga apa yang kita usahakan diberikan ganjaran pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT. Aamiin.[]

 

Donasi yang Diperlukan:

Rp.100.000.000

Mitra Lapangan:

Bintoro

 

#BWA #WakafQuran #SedekahKemanusiaan #SedekahAirBersih #SK

Krisis Air Bersih, Warga Klepu Mandi Air Keruh dan Berlumut

Update #1: BWA Salurkan Empat Unit Toren Berkapasitas 2.000 liter Untuk Warga di Dusun Klepu

Awal tahun tahun 2021, tepat pada tanggal 2 Januari, tim Sedekah Kemanusiaan BWA berkunjung ke Dusun Klepu Krajan, Desa Klepu, Kecamatan Donorojo, Pacitan, Jawa Timur. Kedatangan tim kali ini dalam rangka menyalurkan donasi yang terkumpul dari para donatur untuk membantu permasalahan kekeringan yang sering dihadapi masyarakat yang ada di dusun Klepu, terlebih ketika musim kemarau.

Rencana awal tim akan melakukan droping air melalui truk tangki berkapasitas 6.000-7.000 liter di dusun Klepu, namun tim mendapat masukan dari Pak Rusdi selaku Kepala Dusun (Kadus) Klepu Krajan agar bantuan tahap pertama tersebut lebih baik untuk membeli bak-bak penampung air terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar warganya tak harus berjalan jauh menuju truk pengangkut air. Secara teknis nantinya truk tangki yang berkeliling mengisi bak-bak penampung yang telah ditempatkan di sudut-sudut desa.

(Bantuan Bak Penampungan Air BWA)

(Bantuan Bak Penampungan Air BWA)

Mendapat masukan dari pak Kadus, tim segera mengalokasikan donasi yang terkumpul untuk dibelikan empat unit toren yang masing-masing toren tersebut berkapasitas 2.000 liter. Alhamdulillah, dibantu dengan warga keempat toren tersebut dapat ditempatkan pada titik yang telah ditentukan, selain itu instalasi pipa juga dibuat agar warga dapat dengan mudah mengisi air.

“Saya mewakili seruluh warga Dusun Klepu Prajan, mengucapkan banyak-banyak terimaksih atas bantuan dari BWA yang telah memberi bantuan penampungan bak air berupa toren, Mudah-mudahan bermanfaat untuk masyarakat Dusun Klepu Prajan dan sekitarnya,” ujar pak Rusdi Kadus Dusun Klepu Prajan

Kegiatan ini merupakan tahap awal yang BWA lakukan di Dusun Klepu Prajan, InsyaAllah pada saat memasuki musim kemarau, BWA secara masif melakukan kegiatan droping air bersih disetiap pekannya menggunakan truk tangki air, agar masyarakat disini tercukupi kebutuahan akan air bersih untuk konsumsi dan bersih-bersih.

BWA masih membuka peluang kepada para donatur dan ahli sedekah yang berbahagia, untuk ikut berkontribusi dalam pemenuhan kebutuhan air bersih di Dusun Klepu Prajan. Semoga amal Sedekah dari para donatur menjadi pahala dan membawa keberkahan untuk para donatur dan kita semua.

 

#BWA #SedekahAir #SedekahKemanusiaan

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.

Komunitas Pendukung