Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari

Lawan Covid-19, Tim Medis Butuh APD Standar Medis

Lawan Covid-19, Tim Medis Butuh APD Standar Medis

Pandemi Covid-19 yang belum juga ditemukan vaksin atau obat hingga saat ini membuat para tenaga medis yang ada di garda terdepan cukup kewalahan karena bertambahnya pasien yang tertular virus corona, baik itu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan juga Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Perjuangan tenaga medis yang ada di garda terdepan belum dapat berjalan dengan maksimal karena minimnya Alat Pelindung Diri (APD) yang memadai.

Niat dan tujuan baik masyarakat sangat diapresiasi oleh tenaga medis. Namun para tenaga medis sangat mengharapkan jika bantuan baju hazmat yang diberikan memenuhi standar medis yang telah dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Bahan baju hazmat yang memenuhi standar medis adalah berbahan polimer termoplastik, bukan dari kain biasa dan tidak dijahit, baju hazmat seperti inilah yang  berguna saat menangani pasien Covid-19.

Mendapati hal ini, BWA tergerak untuk mewujudkan harapan para tenaga medis menyiapkan APD yang memenuhi standar medis dari Kemenkes dan WHO berupa hazmat, masker bedah, sarung tangan medis dan kacamata medis.

Melalui program Sedekah Kemanusiaan (SK), BWA mengajak kaum Muslimin bersedekah untuk penyediaan APD yang memenuhi standar yang akan dibagikan kepada tenaga tenaga medis yang ada di garda terdepan dalam merawat pasien Covid-19.

Semoga Allah SWT meringankan beban kita di dunia dan akhirat karena kita telah meringankan beban sesama dengan membagikan APD standar untuk tenaga menis melawan Covid-19, menguatkan Indonesia.

Dari Abu Hurairah dia berkata, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang membantu seorang Muslim (dalam) suatu kesusahan di dunia maka Allah akan menolongnya dalam kesusahan pada hari kiamat, dan barangsiapa yang meringankan (beban) seorang Muslim yang sedang kesulitan maka Allah akan meringankan (bebannya) di dunia dan akhirat” (HSR Muslim No 2699).[]

 

Donasi yang Diperlukan:

Rp.500.000.000

Mitra Lapangan:

Wahyu

 

#BWA #Wakaf #SedekahKemanusiaan #PenyediaanAPD #SK

 

Lawan Covid-19, Tim Medis Butuh APD Standar Medis

Update#1:Bersama Bantu Tenaga Kesehatan Melawan Covid Dengan APD Standar Medis

Pandemi Covid-19 belum juga berhenti menghantui masyarakat di negeri ini, ditambah lagi situasi kian meresahkan sebab adanya kemunculan varian baru virus corona, Covid varian delta atau B1617.2. Informasi dari berbagai sumber menyampaikan jika Covid-19 varian Delta ini pertama kali terdeteksi di daerah India dan diketahui memiliki daya tular yang lebih berbahaya dari varian sebelumnya.

Diketahui varian Delta bisa enam kali lebih menular dibandingkan varian Corona lainnya. Bahkan bisa menular antar manusia dalam waktu yang singkat. Kendornya protokol kesehatan, dan efek libur panjang paska Lebaran, membuat varian baru virus ini semakin menular dan menjangkiti masyarakat di Indonesia.

Untuk wilayah Ibu Kota Jakarta saja kasus Covid-19 kembali meningkat. Pada 25 Juni 2021, angka kasus baru Covid-19 di Jakarta mencapai 6.934, angka ini terus bertambah mengingat sebaran virus yang tak terkendali.

Data yang kami himpun hingga akhir Juni 2021, Jakarta sudah mencatatkan 528.409 kasus sejak Maret 2020 lalu, 457.935 di antaranya sembuh dan 8.348 lainnya meninggal dunia.

Meningkatnya kasus virus Covid varian delta  membuat banyak rumah sakit di Jakarta penuh dan para tenaga kesehatan cukup kewalahan menangani setiap pasien yang datang. sebanyak 93 persen dari total tempat tidur isolasi bagi pasien Covid-19 sudah terisi. Sementara 87 persen tempat tidur di ruang ICU juga telah digunakan.

Tenaga kesehatan yang ada di garda terdepan dalam menangani virus ini tentu membutuhkan Alat Pelindung Diri (APD) yang memadai agar mereka tetap aman dan terlindungi dalam melaksanakan tugas mulia menangani setiap pasien yang membutuhkan pelayanan medis.

BWA kembali mengajak kepada kaum muslimin untuk turut serta berkontribusi dalam pemenuhan kebutuhan APD standar medis dari Kemenkes dan WHO. Sudah kita ketahui bersama jika APD yang digunakan tenaga kesehatan adalah barang sekali pakai yang dimana mereka akan sangat konsumtif dalam menggunakannya, ditambah lagi angka orang yang terjangkit virus ini semakin hari cenderung bertambah.

Melalui program Sedekah Kemanusiaan (SK), BWA mengajak kaum Muslimin bersedekah untuk penyediaan APD yang memenuhi standar yang akan dibagikan kepada tenaga tenaga kesehatan yang ada di garda terdepan dalam merawat pasien Covid-19.

Semoga Allah SWT meringankan beban kita di dunia dan akhirat karena kita telah meringankan beban sesama dengan membagikan APD standar untuk tenaga kesehatan melawan Covid-19, menguatkan Indonesia.

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.

Project Sejenis