Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Sedekah Kemanusiaan

Life Divan Untuk Pengungsi Korban Banjir Garut

(Cegahlah dirimu dari api neraka walau dengan sebiji kurma)

BWA-Life Divan. Banjir bandang di kabupaten Garut – Jawa Barat mengakibatkan belasan Korban Jiwa dan sejumlah lainnya hilang. Banjir yang terjadi pada 21 September 2016 dini hari itu juga merusak ratusan rumah, terutama yang berdekatan dengan sungai Cimanuk. Saat ini 1000 an warga mengungsi di posko, markas TNI, dan ditempat-tempat lain. Belum ada kepastian berapa lama mereka harus hidup dipengungsian.

pengungsi banjir garut

(pengungsi tidur dengan alas seadanya)

Kondisi dipengungsian sendiri sangat mengkhawatirkan. Banyak warga yang tidur dengan alas yang tipis. Selimut tebal saja memang tidak cukup untuk mengusir dingin, sebab saat tertidur, hawa panas tubuh manusia diserap lantai.  sehingga diperlukan alas yang  tebal agar tubuh merasa hangat saat tertidur. Jika dibiarkan terus menerus tidur dalam kondisi kedinginan, akan berbahaya bagi kesehatan pengungsi, terutama anak-anak.

life divan

(Tim BWA sedang tidur di atas Life Divan)

Untuk membantu warga, Badan Wakaf Al Quran (BWA) akan memberikan bantuan berupa Life Divan sebagai alas tidur sementara selama dipengungsian. Dilihat dari bentuknya, Life Divan ini tersusun dari empat kotak karton tebal berukuran besar, kemudian satu dengan yang lainnya dikaitkan dengan sistem pengunci. Cara menyusun juga sangat mudah karena berbentuk modul.

Life Divan ini juga merupakan produk  yang sederhana, efisien, ramah lingkungan dan didedikasikan untuk kebutuhan pengungsi dan santri di  pesantren-pesantren tradisional yang membutuhkan.

BWA mengajak seluruh kaum Muslimin untuk membantu saudara-saudara korban banjir Garut dengan berdonasi Life Divan.

Donasi yang dibutuhkan : Rp 57.500.000,- (Untuk 250 Set Life Divan)

Life Divan Untuk Pengungsi Korban Banjir Garut

Update # 1 Life Divan Sudah Diterima, Kini Sebagian Pengungsi Tak Lagi Tidur Kedinginan

BWA-Sedekah Kemanusiaan. Alhamdulillah, pada hari senin, 31 Oktober 2016, BWA telah merealisasikan penyerahan Life Divan ke pengungsi korban banjir Garut. Penyerahan dilakukan oleh Direktur Operasional dan Keuangan BWA, Bapak M. Ikhsan Salam, kepada koordinator Pengungsi yang berada di Balai Paminton.

life divan

(pengungsi mencoba tidur di atas life divan)

“Banyak terima kasih, kami ucapkan kepada BWA dan para donatur, semoga bantuannya dapat meringankan beban warga pengungsi di sini” ujar Adin, sekertaris lurah Cikisik.

Life Divan bantuan para donatur ini, diantaranya adalah dari DKM An Nur, Ciputra world 1, diterima warga pengungsian dengan gembira. Meskipun pada awalnya mereka heran life Divan itu apa. Namun setelah Tim BWA menjelaskan manfaat dan mempraktekan cara merakitnya, sebagai alas tidur, mereka sangat antusias untuk merakit sendiri.

Selain warga pengungsi di Balai Paminton, tim BWA juga menyerahkan 10 set Life Divan kepada para Relawan, yang samapi saat ini masih setia mengurus kebutuhan para pengungsi.

Semoga life divan, sedekah dari para donatur bermafaat bagi pengungsi , dan semoga kita semua mendapatkan balasan pahala dari Allah SWT, Amiin.

 

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.