Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Zakat Peer To Peer

Masya Allah, Mengapa Warga Ramai-Ramai Injak Atap Rumah Idam?

BWA-ZPP. Masya Allah, atap rumah Idam (35 tahun) ramai-ramai diinjak-injak warga hingga rusak. Selain Idam, ada lima atap rumah warga Jalan Matraman Dalam III RT 15 RW 07, Jakarta Selatan lainnya yang bernasib sama.

zpp idam renovasi

Kejadian berawal pada Senin jam 11 malam, 13 April 2015, seorang warga kampung seberang yang terpisahkan oleh sungai melihat letupan api dan asap tebal dari salah satu rumah warga. “Kebakaran…kebakaran…..pada gak tau apa ada api besar banget di atas. Pada kebluk apa tidurnya!” sambil teriak-teriak dan melemparkan batu ke genteng warga agar warga semua melihat.

Idam dan warga lainnya ikut memadamkan api seadanya, karena lokasi kebakaran itu sulit dijangkau lantaran berada di lantai tiga, makanya warga menaiki atap ke rumah-rumah yang ada sekitar rumah kebakaran.

Jadi, warga beramai-ramai menginjak rumah mereka karena terpaksa demi memadamkan kebakaran rumah tingkat tiga tersebut. Alhamdulillah, usaha warga bersama pemadam kebakaran membuahkan hasil, sehingga dalam waktu dua jam saja, api dapat dipadamkan sehingga tidak merambat ke rumah lain.

Idam dan ke-5 warga lainnya berusaha mencari bantuan ke pihak terkait namun belum ada respon. Sementara itu mereka menutup atap rumahnya dengan terpal agar tidak kehujanan. Untuk korban kebaran sendiri memang tergolong orang yang mampu, sehingga bisa merenovasi kembali rumahnya. Namun tak mampu mengganti kerusakan rumah Idam dan warga lainnya karena kehabisan dana.

Idam dan ke-5 warga lainnya tergolong warga kurang mampu sehingga mereka sangat kesulitan memperbaiki rumahnya.  “Mau minta ganti ke rumah yang kebakaran tidak mungkin karena dia juga kena musibah,” ungkap ayah dua anak yang bekerja sebagai penjaga dan pencuci bus di terminal. Sedangkan yang lain hanyalah tukang bajaj, ojek, sekuriti dan buruh yang bergaji minim lainnya.

Untuk meringankan beban Idam dan ke-6 warga lainnya, melalui program Zakat Peer to Peer (ZPP), Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) mengajak kaum Muslimin menunaikan zakat harta (dan berdonasi), sehingga atap rumah mereka dapat direnovasi dan kita semua mendapat ridha Ilahi. Aamiin.[]

Nilai Zakat Harta (dan Donasi) yang Diperlukan:

Rp 10.000.000,- (merenovasi atap rumah Idam dan kelima warga lainnya)

Mitra Lapang:

Alimuddin Baharsyah

Belum ada Update

DONASI YANG DIBUTUHKAN

Rp 10.000.000

PROJECT LAIN

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.