Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Wakaf Al Quran & Pembinaan

Mayoritas Muslim Maluku Membutuhkan Al-Qur’an

Mayoritas Muslim Maluku Membutuhkan Al-Qur’an

Wakaf AlQuran Muslim Maluku ini merupakan bagian dari kerja sama BWA dan LWNT ZISWAF Indosat yang bertajuk "10 Ribu Wakaf AlQuran untuk Pelosok Negeri" aktifitas ini berjalan antara sya'ban-syawal 1442 H, secara bersama sama BWA dan LWNT Indosat mensyiarkan program ini untuk menggalang 10 ribu wakaf AlQuran, semoga kerja sama ini merupakan titik awal dari pengembangan wakaf di Indonesia.

Dahulu sebelum masa penjajahan, Maluku mmenjadi poros perdagangan rempah dunia dengan cengkih dan pala sebagai barang dagangan utama. Hal ini membuat Maluku dijuluki sebagai “Kepulauan Rempah” kekayaan rempah ini pun menjadi daya tarik bangsa-bangsa Eropa yang pada akhirnya menguasai Maluku, dimulai oleh Portugis dan terakhir Belanda, pada tahun 1945 Indonesia merdeka maka kepulauan Maluku ikut pemerintahan Indonesia.

Maluku memiliki luas sebesar 46.914 km2 dengan populasi 1.831.988 Jiwa pada tahun 2020, sekitar 53,03% penduduknya adalah muslim. Provinsi Maluku terdiri dari 9 Kabupaten; Kab. Buru, Kab. Buru Selatan, Kab. Kepulauan Aru, Kab. Maluku Barat Daya, Kab. Maluku tengah, Kab. Maluku tenggara, Kab. Kepulauan Tanimbar, Kab. Seram Bagian Barat. Kab. Seram Bagian Timur.

Terlepas dari berbagai pendapat yang ada, pendapat yang paling terkenal di kalangan masyarakat adalah nama Maluku yang berasal dari kata raja dalam Bahasa Arab, yakni malik. Para pedagang Arab menyebut daerah tempat empat kerajaan di bagian utara Kepulauan Maluku yang terdiri dari Jailolo, Ternate, Tidore, dan Bacan sebagai Jazirat almuluk yang berarti kepulauan raja-raja.

Mengapa Maluku Butuh Al-Qur’an?

Melalui partner lapang BWA di Ambon Ustadz Thamrin La Ode bersama beserta komunitas Bikers Subuhan Ambon mengadakan kegiatan Berbagi Al-Qur’an wakaf dan survey ke beberapa lokasi di Kabupaten Seram Bagian Barat. Kegiatan ini dilaksanakan karena masih adanya masjid atau TPQ di wilayah tersebut yang kekurangan Al-Qur’an dan buku Iqra’.

(Komunitas Bikers Subuhan)

(Sinergi dengan Komunitas Bikers Subuhan)

Tim bergerak Jum’at malam (13/01) ba’da Isya ke pelabuhan penyeberangan feri Hunimua dan bermalam disana agar bias naik feri pertama, selanjutnya setelah sampai ke pelabuhan feri Waipirit perjalanan dilanjutkan ke berbagai lokasi yang kekurangan Al-Qur’an.

Di lokasi pertama yakni Masjid dan TPQ di dusun Pelita Jaya, selanjutnya perjalanan di lanjutkan ke dusun Waitoso, Dusun Pohon Batu, Dusun Kawah, dan terakhir di desa Lisabata.

(Muslim Maluku Membutuhkan Qur'an)

(Muslim Maluku Membutuhkan Qur'an)

Tim bermalam di masjid Raya Lisabata dan Alhamdulillah dijamu oleh teman-teman dari Remaja Masjid Lisabata. Setelah sarapan tim bergerak kembali ke Ambon. Sebagian anggota tim bergerak ke dusun Ketapang untuk mendistribusikan Al-Qur’an, dan akhirnya seluruh tim tiba di kota Ambon dengan selamat.

Dari hasil survey tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa wilayah di dekat kota Ambon saja masih banyak masjid, musholah dan TPQ yang kekurangan Al-Qur’an, apalagi wilayah-wilayah terpencil yang jauh dari kota tentu kebutuhan Al-Qur’an ini sangat besar. Terutama untuk kegiatan pengajaran Al-Quran di masjid, musholah dan TPQ-TPQ.

Oleh karena itu BWA mengajak kaum muslimin mendukung proyek penyaluran 50.000 Al-Qur’an wakaf dan 10.000 buku Iqra’, serta mengadakan training dakwah dan pemahaman islam untuk Da’I di provinsi Maluku. Semoga dari setiap huruf Al-Qur’an yang mereka baca akan mengalirkan pahala kepada Anda hingga hari kiamat, Aamiin.

 

Dana Wakaf yang Dibutuhkan:

Rp 5.000.000.000 (Lima Milyar Rupiah)

Partner Lapangan:

Ustadz Thamrin La Ode

 

#BWA #WakafQuran #2021SejutaQuran SatukanIndonesia

Belum ada Update

DONASI YANG DIBUTUHKAN

Rp 5.000.000.000



4.27%
Butuh Rp 4.786.287.411,- lagi

PROJECT LAIN

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.