Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari

Meski Sakit, Yurlisma Tetap Bangun Tengah Malam Membuat Kue

Meski Sakit, Yurlisma Tetap Bangun Tengah Malam Membuat Kue

Meski fisik melemah dan jadi sering sakit-sakitan, Yurlisma (44 tahun) tetap bangun untuk membuat kue setiap pukul 1 dini hari. Usai shalat Shubuh, kue yang dibuatnya dijual di Pasar Klender hingga pukul 12 siang. Tadinya, itu merupakan pekerjaan suami. Sejak suami meninggal, pekerjaan tersebut dia teruskan.

Namun sejak pandemi Covid-19, usaha warga Kp. Pengarengan Jatinegara mulai redup lantaran pembelinya menurun drastis. Walhasil, penghasilannya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari saja. Untuk biaya kontrakan, listrik dan lain sebagianya Yurlisma kebingungan. Belum lagi biaya untuk berobat. Sama sekali tidak terbayang.

(Yurlisma)

(Yurlisma, 44 tahun)

Yurlisma terkadang meminta bantuan anaknya yang pertama. Namun mengingat anaknya hanyalah seorang staf gudang di Depok, anaknya pun tak bisa membantu dengan maksimal, karena penghasilannya yang pas-pasan dan juga memenuhi kebutuhan hidup rumah tangganya sendiri di Depok cukup berat.

Sebelum suaminya meninggal, Yurlisma dan suaminya memiliki pengalaman berdagang sate padang di Jakarta dan Padang. Saat ini, anak keduanya sudah tumbuh dewasa dan ingin membantunya untuk berdagang sate padang kembali, dengan harapan Yurlisme tak harus begadang lagi untuk membuat kue. Sayangnya, tidak memiliki modal. 

Melihat kondisi ekonomi keluarga yang semakin memburuk, Yurlisma pun memberanikan diri untuk mengajukan bantuan ke BWA agar dapat meringankan beban ekonomi keluarga. Dengan besar harapan di kemudian hari ia dan keluarga bisa bangkit kembali dengan melanjutkan usahanya yang terpuruk akibat pandemi Covid-19 menjadi seperti dulu lagi.

Untuk mengurangi beban keluarga Yurlisma, BWA mengajak kaum Muslimin menyalurkan zakat harta melalui program Zakat Peer to Peer (ZPP) sehingga bisa memodali anaknya Yurlisma berjualan sate padang dan biayai berobat Yurlisma dan membantu biaya makan sehari-hari dalam beberapa bulan ke depan. Selain itu, tentu saja kewajiban zakat para muzaki (penunai zakat) tertunaikan.

Semoga Allah SWT membalas kebaikan para muzaki dengan balasan kebaikan yang berlipat ganda. Aamiin.[]

 

Nilai Zakat Harta yang Diperlukan

Rp.16.520.000

Mitra Lapangan:

Mahathir Qathafi

 

#BWA #ZakatPeertoPeer #ZPP

 

Belum ada Update

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.