Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Zakat Peer To Peer

Meski Tiada Dana, Umi Mai Bertekad Pesantrenkan Anaknya

Meski Tiada Dana, Umi Mai Bertekad Pesantrenkan Anaknya

Agar menjadi anak yang paham agama lebih dalam, Maisaroh (36 tahun) bertekad memasukan Muhammad Yusuf (6 tahun) ke pesantren pada pertengahan tahun 2022. Makanya, Umi Mai, begitu sapaannya, sejak dini mendidik Yusuf agar siap mondok di pesantren.

Rupanya, pendidikan Umi Mai berhasil. Buktinya, setiap ditanya siapa saja, apa cita-citanya, sang Anak mestilah menjawab mau menjadi ustadz. “Mau jadi ustadz atau kiai yang bisa bermanfaat buat orang banyak,” ujar Yusuf.

(Yusuf Tekun Belajar di Tengah Kekurangan)

(Yusuf Tekun Belajar di Tengah Kekurangan)

Namun yang jadi masalah bagi Umi Mai bagaimana mengumpulkan uang untuk membiayai pendidikan Yusuf di pesantren yang hanya tinggal beberapa bulan lagi. Pasalnya, penghasilannya sebagai penjual kue minim sekali.

“Paling besar sehari cuma Rp30 ribu/hari kadang juga enggak dapat. Bapak kandung juga cuma bisa memberikan sebulan paling banyak Rp.500 ribu itu pun juga terkadang tidak diberikan sama sekali,” ujar wanita yang menjanda sejak tiga tahun lalu tersebut.

Umi Mai kerap merasa pusing memikirkan bagaimana meningkatkan penghasilan. “Karena harapan saya sebagai orang tua terkait pendidikan tidak boleh terbengkalai dan harus mendapatkan yang terbaik agar anak-anak saya bisa menjadi wasilah pahala saya ketika saya dipanggil Allah SWT,” ujarnya.

Sempat saat pusing-pusingnya memikirkan cara mendapatkan penghasilan tambahan, tak sengaja wajah kusutnya tampak di depan mata Yusuf. Tak disangka Yusuf berkata begini. “Umi sudah cape yah urusin Usup? Umi sudah enggak sanggup ya ngasih makan dan jajan Usup? Maafin Usup ya, Umi, Usup sering ngerepotin,” ujar Yusuf.

“Tidak, Usup tidak merepotkan Umi,” jawab Umi Mai sembari meraih dan memeluk Yusuf.

Untuk mengurangi beban Umi Mai, BWA mengajak kaum Muslim menyalurkan zakat harta melalui program Zakat Peer to Peer (ZPP) sehingga ia bisa memasukan Yusuf ke pesantren untuk menggapai cita-citanya sebagai ustadz/kiai. Selain itu, tentu saja kewajiban zakat para muzaki (penunai zakat) tertunaikan.

Semoga Allah SWT membalas kebaikan para muzaki dengan balasan kebaikan yang berlipat ganda. Aamiin.[]

 

Nilai Zakat yang Diperlukan:

Rp.11.000.000

Mitra Lapangan:

Ridzky Maulana

 

#BWA #InovasiWakaf #ZPP #ZakatPeertoPeer

 

Belum ada Update

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.