Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Wakaf Khusus Dakwah

Motor Dakwah Sebagai Sarana Penguat Aqidah

Motor Dakwah Sebagai Sarana Penguat Aqidah

Ustadz Makinilul Wahab adalah putra dari kyai Warno pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Roudlotul Tholibin, Talang Pondok, Desa Sido Rahayu, Kec Buay Pemaca.

Buay Pemaca adalah salah satu kecamatan yang ada di kabupaten Ogam Komering Utara, Sumatera Selatan. Sebagian besar merupakan dataran tinggi yang membentuk bukit-bukit dan gunung gunung. Ketinggian wilayahnya berkisar antara 45 s/d 1.643 meter di atas permukaan laut (mdpl).

(Medan Berat Harus Dilalui Tim Dakwah)

(Medan Berat Harus Dilalui Tim Dakwah)

Kecamatan Buay Pemaca memilikI 12 desa salah satunya desa Sido Rahayu dengan infrastruktur yang masih jauh dari kata layak. Jalan utama yang menghubungkan dari Kota Kecamatan Buay Pemaca ke desa Sido Rahayu dan beberapa desa sebagian besar belum bisa dilewati kendaraan roda empat (mobil). Bahkan hanya motor trail atau motor yang telah dimodifikasi bisa melewatinya.

Untuk mencapai dusun Talang Pondok, desa Sido Rahayu dari Buay Pemaca dibutuhkan waktu termpuh tiga jam bila jalanan kering. Namun bila musim hujan dibutuhkan waktu lima jam dengan jarak tempuh kurang dari 60 kilometer.

(Ust Hazairin Hasan saat Survey Lokasi WKD)

(Ust Hazairin Hasan dan Tim saat Survey Lokasi WKD)

Di desa Sido Rahayu terdapat Pesantren Rhoudhotul Tholibin dimana ponpes tersebut merupakan salah satu pesantren di pedalaman yang fokus mengajarkan baca tulis dan mengaji Al-Qur'an. Puluhan santri bermukim di sini, namun ada pula jamaah yang tinggal di dusun lain yang butuh bimbingan para Ustadz dari pondok ini.

Jalanan yang licin, berlumpur, tanjakan yang curam, menjadi trek yang harus ditaklukkan. Belum lagi jalanan setapak di kemiringan bukit yang curam dan berliku menjadi tantangan tersendiri. Ditambah lokasi beberapa desa di kecamatan Buay Pemaca seperti desa Sido Rahayu dan sekitarnya ada di lereng bukit di ketinggian 1.000 meter diatas permukaan laut dan kemiringan 25 -35 derajat lingkungan perkebunan kopi.

"Saya sering jatuh ketiban motor karena alan yang licin atau ga kuat menanjak," tutur Ustadz Makinilul

"Bahkan suatu hari kami pulang kemalaman, motor mogok di gelapnya kebun kopi, dan kami terpaksa nginep di kebun yang gelap dan dingin," imbuhnya.

Untuk melewati jalanan di desa Sido Rahayu, desa Sidodadi, desa Sinar Napalan, desa Tanjung Jaya dibutuhkan motor khusus, selain keberanian dan keterampilan yang memadai juga dibutuhkan fisik yang kuat. Sebab di samping jalanan yang masih buruk mereka juga harus melintasi hutan dan area perkebunan kopi.

Kebutuhan motor khusus atau trail ini diperlukan untuk kegatan dakwah dan silaturahim ke pesantren-pesantren di kecamatan Buay Pemaca dan kecamatan-kecamatan yang lain di sekitarnya.

Untuk keperluan mengajar butuh pengorbanan yang sangat besar menurut warga pedalaman. Sebagian masyarakat adalah buruh perkebunan, sedangkan guru/Ustadzz tidak digaji, Untuk datang ke salah satu desa terdekat yang berjarak 20 kilometer, mereka menggunakan motor off road atau trail dengan cara ngojek atau sewa motor.

Masyarakat sangat berharap untuk tetap bisa belajar membaca al-Qur'an dan mengaji tsaqofah islam sebagai bekal hidupnya di tengah gelap dan sepinya hutan perkebunan kopi. Sedangkan guru/Ustadz jarang ada. Kalaupun ada harus mendatangkan dari desa Sido Rahayu yang terdekat.

”Saya sering menangis bila melihat semangat warga yang belajar ngaji. Apalagi bila saya berhalangan datang mengajar. Jadi halangan terbesar saya tidak bisa mengajar ngaji karena tidak memiliki motor sendiri yang memadai,” cerita Ustadz Makinilul Wahab,

Melalui program Wakaf Khusus Dakwah, Badan Wakaf Al-Qur'an mengajak para wakif dan kaum muslimin untuk memudahkan dakwah melalui pengadaaan motor trail sebagai tranportasi Ustadz Makinilul dan Ustadz yang lainnya.

 

Nilai Wakaf yang Dibutuhkan:

Rp.160.000.000

Partner Lapangan:

Ustadz Makinilul Wahab

 

#BWA #Wakaf #WakafKhususDakwah #WKD #MotorDakwah

 

Belum ada Update

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.

Project Sejenis