Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari

Penuhi Kecukupan Gizi Untuk Selamatkan Generasi Penerus Bangsa di Masa Pandemi

Penuhi Kecukupan Gizi Untuk Selamatkan Generasi Penerus Bangsa di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung beberapa bulan ini menimbulkan banyak masalah bagi individu masyarakat, tidak hanya masalah kesehatan tapi juga masalah ekonomi keluarga. 

Terutama mereka yang penghidupannya bersumber dari kerja harian, PSBB yang diterapkan pemerintah sejak bulan Maret 2020 mengakibatkan banyak keluarga yang kesulitan mencari nafkah. Turunnya penghasilan keluarga sedikit banyak berdampak pada kualitas asupan pangan, terlebih lagi bagi anggota keluarga yang usianya masih muda seperti balita (bawah lima tahun).

Banyak anak-anak balita yang kekurangan asupan gizinya terutama dari susu, karena ibu mereka tidak sanggup lagi membeli susu dalam jumlah cukup.

Di satu sisi para orang tua tidak ingin anak-anaknya kekurangan gizi. Namun, ketidak mampuan mereka untuk membeli asupan nutrisi, ditambah lagi dampak dari pandemi yang memperburuk ekonomi keluarga membuat para orang tua bimbang dalam memenuhi kebutuhan nutrisi bagi anak-anaknya. Mari kita dukung anak-anak mereka dengan bantuan susu balita dan multivitamin, sehingga terhindar dari gizi buruk.

Untuk meringankan beban mereka, BWA melalui program Sedekah Kemanusiaan (SK) mengajak kaum Muslimin bersedekah untuk pengadaan nutrisi. Semoga kita semua mendapat pahala berlimpah dari Allah SWT karena telah membantu sesama. Aamiin.[]

 

Sedekah yang Diperlukan:

Rp.500.000.000

Mitra Lapangan:

Wahyu

 

#BWA #Wakaf #SedekahKemanusiaan #SK #PemenuhanGizi

 

Penuhi Kecukupan Gizi Untuk Selamatkan Generasi Penerus Bangsa di Masa Pandemi

Update #1: Bantu Penuhi Kecukupan Gizi, BWA Salurkan Susu Formula kepada Balita

BWA melalui program Sedekah Kemanusiaan melakukan kegiatan distribusi bantuan nutrisi kepada balita yang menderita gizi buruk/kekurangan gizi. Pada kegiatan kali ini BWA menyiapkan 150 kaleng susu formula yang setiap kalengnya berkapasitas 400 gram.

(BWA Bantu Pemenuhan Gizi Balita)

(BWA Bantu Pemenuhan Gizi Balita)

Tim mendistribusikan bantuan nutrisi di salah satu rumah singgah pasien yang ada Kelurahan Kenari, Kecamatan Senen, Kota Jakarta Pusat. Disini tim besinergi dengan teman-teman relawan dari Komunitas Kantong Doraemon untuk mendistribusikan bantuan nutrisi dari susu formula. Setiap balita akan mendapatkan empat kaleng susu, hal ini kami lakukan karena kebanyakan dari mereka merupakan balita berkebutuhan khusus yang dimana mereka memerlukan asupan nutrisi yang baik untuk tubuhnya.

(Penyerahan Bantuan Susu Formula)

(Penyerahan Bantuan Susu Formula)

Respon yang sangat baik kami dapati dari orang tua balita yang menerima bantuan susu formula ini, mereka merasa sangat terbantu sekali dengan adanya kegiatan seperti ini. Rasa syukur tiada terkira mereka hanturkan kepada para donatur yang telah mensedekahkan hartanya untuk program yang BWA buat.

“Anak saya Fariz usia empat tahun, Alhamdulillah terimakasih kepada BWA atas bantuan susunya untuk anak saya, untuk kita semua semoga anak-anak kita nutrisinya selalu tercukupi, semoga kita semua dibari kesehatan,” ujar Enti penerima manfaat bantuan susu.

(Penerima Manfaat Bantuan BWA)

(Penerima Manfaat Bantuan BWA)

Enti dan penerima manfaat yang lain juga menyampaikan jika pandemi yang sudah berjalan dua tahun ini sangat berdampak bagi ekonomi mereka. Tak sedikit para suami cukup berkurang penghasilannya, sehingga kebutuhan untuk membeli susu bagi sang buah hati belum tercukupi.

“Suami saya dulu sempat bekerja di toko listrik, semenjak pandemi gajinya dipotong, jadi untuk beli susu susah dan uangnya kurang, sementara anak saya sering gizi buruk, sering dirawat, anak-anak kita butuh nutrisi susu,” sambung Enti.

Hal senada juga disampaikan perwakilan teman-teman relawan yang ada di rumah singgah. Mereka mengucap rasa terimakasih kepada para donatur yang telah berkontribusi dan BWA sebagai penyalur amanah ini.

“Saya perwakilan dari rumah singgah sahabat mengucapkan banyak terimakasih kepada BWA atas bantuan nutrisinya untuk pasien kami, terlebih dalam kondisi pandemi seperti saat ini kami mengalami kesulitan untuk membantu pasien-pasien,” ujar Heni selaku relawan kantong doraemon.

“Dengan adanya bantuan nutrisi dari BWA, alhamdulillah kami bisa memberikan bantuan kepada pasien sebanyak 32 pasien, sekali lagi kami mengucapkan banyak terimakasih kepada BWA semoga rekan-rekan donatus BWA sehat selalu, dimudahkan rejekinya, dan selalu diberkahi oleh Allah SWT,” sambung Heni.

Telah kita ketahui bersama pandemi ini telah memasuki tahun kedua dan belum teratasi dengan maksimal, yang lebih parahnya lagi virus ini terus bermutasi setiap tahunnya. Dampak dari pandemi, banyak korban jiwa yang harus kembali kepada sang Pencipta, selain merenggut nyawa dampak dari pandemi ini cukup berpengaruh pada sektor ekonomi, terutama mereka yang bekerja pada sektor menengah ke bawah dan buruh harian lepas.

Tidak sedikit pekerja yang harus dirumahkan karena pandemi ini, hal ini tentu membuat mereka kebingungan untuk memenuhi kebutuhan sehari-sehari, salah satunya pemenuhan gizi untuk buah hati yang sedang dalam masa pertumbuhan. Kebutuhan akan makanan sehat dan nutrisi tambahan dari susus formula terkadang sulit untuk mereka penuhi, sebab penghasilan yang didapat harus terbagi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan sang buah hati.

Kami terus membuka kesempatan kepada para sahabat, untuk turut membantu  adik-adik kita dengan sedekah terbaik dari para sahabat sekaian. Harapan kami agar nantinya tak ada lagi balita yang kekurangan gizi karena kurangnya asupan nutrisi, terlebih dalam kondisi pandemi covid seperti saat ini.

 

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.