Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Wakaf Khusus Dakwah

Perjuangan Dakwah Di Kawasan Lereng Semeru Malang

Ust. Qoribun Mujib dan Ust. Waindika

 

Desa Taman Satriyan adalah sebuah  desa yang masuk wilayah kecamatan Tirtoyudo, Kab. Malang. Desa ini adalah Desa atas yang paling dekat dengan puncak Gunung Semeru, sehingga desa ini masuk wilayah kawasan Lereng Semeru.

Alhamdulillah dengan berbagai keterbatasan yang ada, dakwah Islam di wilayah ini berjalan dengan dinamis. Keinginan masyarakat di wilayah ini untuk belajar islam sangat besar. contohnya setiap Jum’at pagi di Masjid Al Husna diadakan secara rutin kajian pagi yang di asuh oleh Ust. Suherman Abu Syifa.

Ust. Herman, Demikian beliau di panggil. Beliau adalah seorang da’i yang bertugas dakwah di wilayah ini. Sudah 9 tahun beliau di tugaskan berdakwah di sini. Di wilayah dakwah beliau ini, saat ini sudah berdiri 7 gereja. Sehingga sangat rawan sekali permurtadan di wilayah ini.

Dengan dibantu oleh beberapa da’i lainnya, yaitu Ust. Waindika dan Ust. Qoribun Mujib, alhamdulillah saat ini sudah berdiri sebuah sekolah RA. Al HIdayah dan Griya Al-Qur’an Al-Ayyubi. Untuk menarik minat wali murid agar menitipkan anak-anaknya bersekolah di RA Al-Hidayah, Ust. Herman membebaskannya dari segala biaya alias gratis.

Selain itu, ada juga santunan sembako dua atau tiga bulan sekali. “Kondisi ekonomi masyarakat memang minus, sehingga selain penyadaran tentang Islam juga ada program riil seperti bantuan sembako,” ujar Herman yang mengaku apa yang dilakukannya belum seberapa jika dibanding dengan para missionaris di daerah ini.

Tantangan dakwah lainnya disini adalah kondisi jalan yang rusak dan terjal sehingga menyulitkan beberapa da’i untuk mengisi kajian. Terutama bila terjadi pada musin hujan, maka kondisi jalan yang rusak tadi, menjadi licin dan becek, serta tidak semua jenis motor bisa melewatinya dengan mudah.

Dengan kondisi ini, kami berharap kepada Badan Wakaf Al-Qur’an untuk menyediakan Motor Dakwah Jenis Trail untuk para da’I lereng Semeru. Sehingga mobilitas dakwah disini makin lancar.

Dana  Wakaf yang dibutuhkan

Rp 155.859.000,- ( Pengadaan Dua Unit Motor, Pembinaan, Akomodasi, dll)

Partner Lapang

Ust. Waindika

Perjuangan Dakwah Di Kawasan Lereng Semeru Malang

Update #2: Motor Dakwah: Melewati Terjalnya Medan untuk Dakwah dan Pembinaan

Dakwah membutuhkan pengorbanan harta, tenaga dan waktu, semua itu dibutuhkan dalam berdakwah secara bersamaan. Tidak terkecuali Ustadz Herman dan Ustadz Waindika dalam berdakwah membina umat Islam di kaki gunung Semeru tepatnya di Dusun Taman Satriyan, Kelurahan Taman Satriyan Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang.

(Motor Dakwah Da'i Malang Selatan)

Untuk menuju ke dusun ini diperlukan pengorbanan yang besar, mereka mengorbankan waktu yang lama dalam perjalanan, karena jalan untuk menuju ke dusun ini belum semuanya baik, masih ada jalan yang rusak bahkan berbatu dengan tebing dan jurang di sisi kiri dan kanan jalan. Disamping infrastruktur yang belum memadai, jarak antar dusun ke dusun yang lainnya juga sangat jauh, sehingga untuk perjalanan dakwah ke dusun-dusun ini membutuhkan moda transportasi yang memadai untuk segala medan.

Alhamdulillah pada awal 2019 ini BWA telah berhasil merealisasikan satu unit lagi dari proyek Motor Dakwah untuk Malang Selatan merek Kawasaki KLX 150 G, setelah sebelumnya pada bulan Desember 2018 BWA juga telah merealisasikan satu unit motor Dakwah untuk merek Honda CRF 150 L. Dengan begitu BWA telah berhasil merealisasikan dua unit motor Dakwah untuk proyek Motor Dakwah Malang Selatan.

“Alhamdulillah dengan BWA kesulitan kami dalam membina masyarakat di Malang Selatan terwujud, buktinya kami telah menerima dua unit Motor Dakwah melalui proyek Wakaf Khusus Motor Dakwah Malang Selatan, insya Allah ke depan tim dakwah kami mampu menjangkau banyak dusun-dusun di wilayah Malang Selatan yang masih luas. Dalam kesempatan ini saya juga mengajak kaum Muslimin yang Allah berikan kelebihan riski untuk saling berbagi kebahagiaan dengan berwakaf bersama Badan Wakaf Al-Qur’an, insya Allah harta yang Anda wakafkan dapat dipertanggung jawabkan yang akan menghantarkan keberkahan di dunia akhirat”. Tutur Ustadz Waidika ketika menerima amanah wakaf motor dakwah ini.

Seiring dengan diserahterimakannya dua unit Motor Dakwah ini, harapan dari tim Dakwah Yayasan  Inqilabi Islamiyah yang dipimpin oleh Ustadz Waidika ini mampu menjangkau lokasi-lokasi dakwah di Malang Selatan serta pembinaan Islam di Malang Selatan ini semakin berkembang dan pemahaman Islam masyarakat semakin meningkat.

 

#WakafKhususDakwah #WakafMotorMalang

Update #1: Wakaf Khusus Motor Dakwah Malang Selatan

Senyum Kebahagiaan

Alhamdulillah Yaa Allah, Yaa Rabb telah mengabulkan impian kami memiliki motor yang mampu menembus beratnya medan di kaki gunung Semeru.

Pada Kamis 29 November 2018 Badan Wakaf Al-Qur’an telah membelikan secara indent satu unit motor Honda CRF150L jenis Motor Trail. Walaupun indent untuk menggunakan motor tersebut kami hanya menunggu selama sepuluh hari ke depan, kami sangat bahagia, karena kegiatan berdakwah dan membina umat menjadi semakin mudah.

“Saya sangat bersyukur karena keluh kesah saya di dengar dan direspon oleh mas Darminto dari BWA pada Januari yang lalu.” Kata ustadz Herman yang energik ini.

“Setelah mas Lardi dari BWA menghubungi saya lewat telpon sebenarnya saya belum yakin, tetapi ketika pada Kamis tgl 29 November 2018 dia mengirim pesan via WA yang mengabarkan motor tersebut sudah di bayar dan saya diminta kordinasi dengan dealer Honda, senyum kebahagiaan semakin mengembang dibibir ini” beber ust. Waidika Priana Sofian Panggale yang biasa di panggil ust. Waindika.

“Selanjutnya motor tersebut akan diserahkan ke Yayasan Inqilabi Islamiyah, sedangkan pemanfaatan motor tersebut dari Yayasan yang mengaturnya agar lebih tepat guna, dan segera akan mengurus sertifikat wakaf ke KAU Kecamatan Tirtoyudo Malang.” Imbuh ust. Waindika pimpinan yayasan ini.

Badan Wakaf Al-Qur’an mengajak kaum Muslimin dimana saja untuk mewakafkan harta terbaiknya guna memenuhi kebutuhan motor dakwah Malang Selatan yang masih membutuhkan satu unit lagi.

 

Partner lapang

Waindika

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.

Project Sejenis