Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Wakaf Khusus Dakwah

Pesantren Darul Al Qur’an Lombok Membutuhkan Fasilitas Belajar yang Layak

Pesantren Darul Al Qur’an Lombok Membutuhkan Fasilitas Belajar yang Layak

Baru dua tahun berjalan, Pesantren Darul Qur'an Wa Dakwah NW sudah memiliki santri sebanyak 185 orang. Pesantren yang didirikan tahun 2020 ini berada di Dusun Anjani Selatan Telu, Desa  Anjani, Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Para santrinya merupakan warga sekitar desa.

Di pesantren ini mereka belajar dengan metode salaf, mulai dari mempelajari Al Quran secara lengkap—baik dari sisi tahsin, tajwid, tahfiz, tilawah, dan qiraat—sampai mendalami kitab kuning. Setiap hari mereka melakoni rutinas belajar dengan penuh semangat, meskipun tempat dan fasilitas belajar mengajarnya terbilang minim.

(Bangunan Asrama Santri yang Belum Selesai)

Luas areal pesantren hanyalah 700 meter persegi. Di atasnya terdapat bangunan yang memiliki tiga ruangan yang berfungsi sebagai aula serba bisa (12x10 m2), serta asrama putra (9x3 m2) dan asrama putri (6x3 m2). Dengan fasilitas fisik yang terbatas, mereka hanya mampu menyediakan kamar mandi dan toilet yang terbatas pula, sehingga para santri terpaksa antri dan berdesak-desakan bila ingin menggunakannya untuk berwudhu maupun buang air kecil.

Setiap kali ada pelajaran, pintu ruang kelas terpaksa dibuka agar tidak pengab lantaran jumlah murid dan ukuran kelas tidak seimbang. Bisa dikatakan sarana dan prasarana yang ada tidaklah ideal untuk proses belajar mengajar. Pesantren ini juga tidak bisa menampung banyak santri untuk tinggal asrama karena kapasitas ruangannya hanya bisa memuat sedikit orang.

(Santri Darul Al Qur’an Tengah Belajar)

Padahal, menurut pengelola Pesantren Darul Qur'an Wa Dakwah NW Ustadz Saefudin Zuhri, QH.,M.Pd, pihaknya sangat ingin bisa mengasramakan semua santri agar mendapatkan pengajaran agama Islam yang lebih komprehensif. Bahkan, sangat ingin pula mengratiskan biaya pendidikan bagi anak-anak yatim dan dhuafa, serta membekali para santri dengan skill yang membantunya memiliki pekerjaan dan bisa mandiri.

Pihak pesantren tidak bisa melakukan apa-apa untuk menambah ruang kelas dan memberikan fasilitas lain yang lebih layak bagi santri karena tak punya dana. Mereka mengharapkan ada donatur-donatur yang secara suka rela membantu pembangunan dan pengembangan fasilitas pesantren, termasuk membiayai pembebasan lahan guna menambah areal lahan pesantren untuk dijadikan lokasi pembangunan ruang kelas dan asrama yang dibutuhkan.

(Keterbatasan Fasilitas Belajar Tidak Mengendurkan Semangat Belajar Mereka)

Karena itulah Badan Wakaf Al Qur’an (BWA) mengajak para wakif bersama-sama menyalurkan sebagian rezekinya membiayai kegiatan dan pengembangan Pesantren Darul Qur'an Wa Dakwah NW, agar pesantren ini terus dapat mendidik para santri dan menebarkan manfaat bagi masyarakat banyak.

Semoga niat baik ini diijabah dan diridhoi Allah SWT. Dan teriring pula doa, semoga Allah SWT memberikan para wakif balasan kebaikan berlipat ganda.

 

Nilai Wakaf yang Dibutuhkan :

Rp.3.612.113.309

Partner Lapangan:

Ustadz Saefudin Zuhri, QH.,M.Pd,

 

#BWA #InovasiWakaf #WKD #WakafKhususDakwah #Pesantren #NTB

 

Belum ada Update

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.