Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Sedekah Kemanusiaan

Pesisir Barat Pandeglang Kekeringan, Warga Kesulitan Akses Air Bersih

Pesisir Barat Pandeglang Kekeringan, Warga Kesulitan Akses Air Bersih

Musim kemarau yang berkepanjangan membuat sebagian wilayah di Provinsi Banten banyak mengalami kekeringan. Di antaranya Kecamatan Sumur, Sobang, Panimbang, Sukaresmi dan Carita yang secara geografis terletak di pesisir barat Kabupaten Pandeglang.

Cukup banyak wilayah di sana yang mengalami krisis air bersih, dan tidak sedikit pula mereka yang mengalami kekeringan sepanjang tahun karena sulitnya mendapat sumber air bersih dan tidak adanya sarana untuk memperoleh air bersih.

(Kegiatan Distribusi Air BWA)

(Kegiatan Distribusi Air BWA)

Setelah melakukan pendataan dan orientasi langsung di lapangan, tim BWA banyak mendapati desa-desa yang mengalami krisis air bersih, salah satunya di Kampung Muncang, Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang. Lokasi desa yang terletak di dataran tinggi membuat warga setempat harus turun gunung demi mendapatkan satu sampai dua jeriken air bersih.

Bencana kekekeringan juga terjadi di Desa Kertajaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang. Sumur bor dan sumur galian milik warga banyak yang kering. Sumber mata air yang ada di perbukitan yang biasa dijadikan cadangan air masyarakat juga ikut mengering.

(Warga Berjam-jam Mengantre Air)

(Banyak Warga yang Mengantre Pembagian Air)

Tak sedikit pula warga mengambil air di masjid-masjid pada malam hari. Hal ini membuat jamaah yang akan melakukan shalat berjamaah sangat terganggu karena air yang seharusnya dipakai untuk berwudhu habis diambil warga. Pihak DKM pun hanya bisa pasrah dan memaklumi apa yang terjadi, mengingat mereka juga sangat membutuhkan air untuk memenuhi kebutuhan hidup.

(Pendistribusian Air Bersih dengan Truk Tangki

(Pendistribusian Air Bersih dengan Truk Tangki)

Selama ini masyarakat di pesisir hanya mengharapkan bantuan air bersih dari Pemda Pandeglang. Namun, kurang meratanya pendistribusian air dengan truk tangki dan jauhnya jarak dari sumber air ke wilayah pesisir membuat masyarakat harus rela menunggu dengan waktu yang tak menentu.

Untuk mengurangi beban warga di sekitar pesisir barat Pandeglang, BWA mengajak kaum Muslimin bersedekah air bersih sebanyak 100 truk tangki melalui program Sedekah Kemanusiaan (SK) selama musim kemarau ini. 

Semoga kita semua mendapat pahala berlimpah dari Allah SWT karena telah membantu sesama. Aamiin.[]

 

Sedekah yang Diperlukan:

Rp.150.000.000

Mitra Lapangan:

Wahyu

 

 #BWA #Wakaf #Sedekah #SedekahKemanusiaan #SedekahAir

Belum ada Update

DONASI YANG DIBUTUHKAN

Rp 150.000.000



13.37%
Butuh Rp 129.952.000,- lagi

PROJECT LAIN

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.

Komunitas Pendukung