Program:

Tebar Cahaya Indonesia Terang

Wakaf khusus pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air Pikohidro dan Mikrohidro, untuk desa yang belum teraliri listrik. Wakaf Anda cerahkan masa depan mereka.

Tujuan (Goals)

  • Membangun sarana Pembangkit Listrik Tenaga Air Pikohidro dan Mikrohidro.
  • Membina masyarakat pemetik manfaat dari wakaf cahaya listrik  ini dengan pengetahuan ke Islaman, pemberdayaan ekonomi dan pengetahuan teksnis untuk pemeliharaan sarana pembangkit listrik tersebut.

Over View

Tebar Cahaya Indonesia Terang adalah program wakaf untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air Pikohidro dan Mikrohidro, di desa yang belum teraliri listrik hingga pelosok nusantara.

Mengapa dipilih pembangkit listrik tenaga air ?  Karena potensi aliran sungai di Indonesia yang cukup besar, ada 7.219 batang sungai, namun kurang dari 0,5% yang dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik [data Kementerian PU, 2009].

Pembangkit listrik tidak perlu dalam skala besar. Dengan menggunakan generator listrik pikohidro dan pemanfaatan debit air sungai yang cukup, kita telah mendapatkan energi listrik untuk keperluan penerangan di desa-desa terpencil secara mandiri, mudah dan murah.

Selama ini masyarakat masih menggunakan minyak tanah sebagai bahan bakar untuk menyalakan lampu. Sementara, harga minyak tanah sangatlah mahal. Dengan pembangkit listrik Pikohidro / Mikrohidro, masyarakat mendapatkan cahaya listrik di malam hari dengan biaya yang sangat murah dan di siang hari dapat dimanfaatkan untuk menghidupkan peralatan industri rumah tangga seperti mesin parut kelapa atau mesin pemotong kayu.

Program Tebar Cahaya Indonesia Terang ini merupakan solusi praktis dan murah bagi kebutuhan energi listrik di daerah-daerah yang rawan pendidikan dan rawan akidah hingga pelosok nusantara.

Share Donasi :


  • Program Badan Wakaf Al-Qur'an Tebar Cahaya Indonesia Terang

    Tebar Cahaya Indonesia Terang | Penghimpunan Juli 2016 - Juni 2017

    Menyala terang! Senyum keajaiban menyambut hadirnya listrik dengan 6 unit mesin pembangkit listrik tenaga air Pikohidro yang dipasang untuk warga kesatuan adat kasepuhan Banten Kidul, di tengah hutan lindung Taman Nasional Halimun Salak. Project berikutnya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Air Mikrohidro kapasitas 50 KVA di dusun Ampiri, Bacu-Bacu, Sulawesi Selatan, yang diresmikan pada bulan Oktober 2014 lalu.  Saat ini Badan Wakaf Al Qur'an sedang menyiapkan project wakaf pembangkit listrik Mikrohidro untuk daerah Talang Pondok, Sumatera Selatan.

    • Paket Donasi @ Rp 115.000

Live Chat
Hide Chat