Program:

Wakaf Khusus

Merupakan salah satu program inovatif di Badan Wakaf Al Quran (BWA). Program ini terinspirasi dari masih banyaknya daerah-daerah terpencil di Nusantara yang belum tersentuh pembangunan, terutama masyarakat Muslim yang ada di daerah pelosok dan terpencil. 

Wakaf Khusus

Merupakan salah satu program inovatif di Badan Wakaf Al Quran (BWA). Program ini terinspirasi dari masih banyaknya daerah-daerah terpencil di Nusantara yang belum tersentuh pembangunan, terutama masyarakat Muslim yang ada di daerah pelosok dan terpencil sana.

Dengan program Wakaf Khusus ini, BWA berusaha memahami, mendalami dan mencari solusi dari persoalan masyarakat di daerah terpencil tersebut. Kemudian BWA merancang strategi penggalangan dana dari wakif dan donatur agar project tersebut dapat terealisasi. Project solutif tersebut antara lain; transportasi darat dan laut utk para da’i untuk menjangkau daerah yang terpencil, penyediaan sarana penangkapan ikan bagi nelayan dan lain-lain berupa pembangunan infrastruktur masyarakat yang bersifat mendasar (asasi).

Alhamdulillah, Program Wakaf Khusus yang digagas oleh Badan Wakaf Alquran ini telah sukses -dengan ijin Allah- merampungkan pembuatan 2 buah Kapal Dakwah. Pertama, Kapal Dakwah Papua yang selesai pada 2009 silam. Dan kedua, Kapal Dakwah Nelayan NTT yang baru saja diresmikan pelayarannya pada 8 April 2013 kemarin.

Selain itu, program ini juga berhasil mengadakan kendaraan dakwah lainnya, misalnya pengadaan sepeda motor jenis trail untuk operasional da’i di daerah Bromo, Jawa Timur. Motor Dakwah wakaf ini adalah bukti kepedulian BWA menyambut antusias dakwah Islam di tengah masyarakat Animisme dan Hindu di sana. Sehingga Alhamdulillah, meski warga di sana tinggal terpencil di lereng-lereng gunung Bromo – Semeru, akhirnya sedikit demi sedikit mereka mau memeluk Islam.

Selain project-project tersebut, dalam rangka mendistribusikan Al Qur’an dan syiar Islam ke berbagai pelosok Nusantara, BWA sedang membangun kapal yang ketiga, yaitu Kapal Jelajah Pulau Terpencil Nusantara. Kapal ini diharapkan akan mampu menjadi sarana memfasilitasi saudara Muslim kita untuk mendapatkan dan mempelajari Al-Qur’an.

Karena kapal dakwah ini akan mendukung secara penuh project Al-Qur’an Roadtrip 99 Pulau yang akan mendistribusikan mushaf Al-Qur’an wakaf kepada mereka yang tinggal di pulau terpencil di berbagai penjuru Nusantara.

Melalui project Wakaf Khusus ini BWA bermaksud lebih mengoptimalkan manfaat dari Wakaf Al-Quran dan Pembinaa, Wakaf Sarana Air Bersih, Wakaf Pembangkit Listrik dan Zakat Peer to Peer yang Anda amanahkan kepada BWA sehingga lebih tersebar lagi sampai ke pulau-pulau kecil di pelosok Indonesia!

Yang terbaru adalah inovasi BWA berupa Teknologi Tepat Guna Treadle Pump untuk membantu petani kecil di desa desa yang kesulitan mengakses air irigasi. Dengan teknologi tepat guna ini, petani kecil akan dimudahkan dalam mengairi lahan mereka, sekaligus meningkatkan pendapatan dari hasil panen mereka.

Menanam aqidah, mengembangkan ekonomi produktif masyarakat dan membantu akses air bersih bagi saudara kita yang membutuhkan. Inilah rangkaian kemuliaan untuk berlipatnya pahala yang terus mengalir sepanjang masa. []

 

Share Donasi :


  • Program Badan Wakaf Al-Qur'an Wakaf Khusus

    Wakaf Khusus | Penghimpunan Juli 2016 - Juni 2017

    Masuk Islam! Tidak ada yang ingin tim Badan Wakaf Al Quran (BWA) lewatkan dalam dakwah di Nusantara. Menapaki jalan berlumpur, mendaki gunung terjal berbatu, menyebrangi lautan, menyisir pantai pulau-pulau, semuanya ingin dilalui hingga dakwah Islam benar-benar terdengar ke setiap rumah warga di daerah terpencil dan terpelosok sana.

    • Paket Donasi @ Rp 115.000

Live Chat
Hide Chat