Program:

Water Action for People

Program Water Action for People adalah program wakaf untuk pembangunan sarana air bersih di daerah yang mengalami krisis air bersih dan daerah yang tertimpa bencana alam di pelosok Indonesia.

      

Tujuan (Goals) 

  • Membangun sarana air bersih di daerah yang mengalami krisis air bersih.
  • Membina masyarakat pemetik manfaat dari wakaf sarana air bersih ini dengan pengetahuan sanitasi, pendidikan dan ke Islaman.

 

Over View

Wakaf dan Air Bersih

Wakaf tidak semestinya hanya berupa tanah dan bangunan masjid. Diriwayatkan bahwa kota Madinah pernah mengalami kesulitan air bersih, satu-satunya sumber air yang tersisa adalah sebuah sumur milik seorang Yahudi, sumur Raumah namanya. Kaum Muslimin terpaksa harus rela antri dan membeli air bersih dari Yahudi tersebut. Prihatin atas kondisi tersebut, Rasulullah SAW bersabda :

"Wahai saudaraku, siapa saja diantara kalian yang menyumbangkan hartanya untuk dapat membebaskan sumur itu, lalu menyumbangkan untuk umat, maka akan mendapatkan surganya Allah SWT" (H.R.Muslim).

Adalah Utsman bin Affan r.a. yang kemudian segera tergerak untuk membebaskan sumur itu. Beliau membeli sumur Raumah dari Yahudi pemiliknya dengan harga tinggi, dan mewakafkannya untuk ummat. Maka sejak itu sumur Raumah dapat dimanfaatkan oleh siapa saja, termasuk si Yahudi pemilik lamanya.

Krisis Air Bersih di Indonesia

Tahukah Anda 1 dari 2 penduduk Indonesia mengalami krisis air bersih. Menurut penelitian Bank Dunia (2006), dari 200 juta penduduk Indonesia 104 juta orang diantaranya tidak memiliki akses terhadap air bersih.

Kondisi ini amat memprihatinkan kita, apalagi daerah dengan kondisi krisis air bersih umum dialami oleh kelompok masyarakat miskin dan daerah terpencil yang rawan akidah dan rawan pendidikan. Air kotor tidak layak konsumsi menimbulkan berbagai macam penyakit seperti kolera, desentri, typus, hepatitis dan lain-lain. Korban terparah dari krisis air bersih ini adalah anak-anak, yang kondisi tubuhnya tidak sekuat manusia dewasa.

Kesulitan air bersih menyebabkan pula rendahnya taraf pendidikan warganya, banyak pesantren kehilangan santrinya karena sulit mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Anak-anak juga harus meningggalkan bangku madrasah atau sekolah, untuk membantu orang tua mereka mendapatkan air bersih dengan berjalan kaki berkilo-kilo meter jauhnya.

Share Donasi :


  • Program Badan Wakaf Al-Qur'an Water Action for People

    Water Action for People | Penghimpunan Juli 2016 - Juni 2017

    Mengalir deras! Air mengucur ke permukaan tanah di sekitar Pondok Pesantren Yarsi, daerah kesatuan adat kasepuhan Banten Kidul, Pontang – Banten. Project wakaf Sarana Air Bersih yang berhasil diresmikan pada tahun 2006 tersebut merupakan project pertama Badan Wakaf Al Quran (BWA) pada program Water Action for People (WAfP). Dan Alhamdulillah sampai April 2015, BWA telah sukses membangun 22 sarana Air Bersih yang tersebar ke berbagai pulau di Nusantara berkat kepedulian Anda kepada sesama.

    • Paket Donasi @ Rp 115.000

Live Chat
Hide Chat