Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Wakaf Al-Qur'an & Pembinaan

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.

Al Quran Road Trip Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu yang terletak di Teluk Jakarta awalnya adalah satu kecamatan di Kotamadya Jakarta Utara, baru tahun 2001 menjadi kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dengan ibu kota di Pulau Pramuka. Ada 100 pulau di kawasan itu, 45 diantaranya untuk pariwisata dan 11 pulau didiami penduduk.

WAP K. Seribu

(Gerbang Kabupaten Kepulauan Seribu)

Ekosistem Kepulauan Seibu adalah pulau-pulau sangat kecil tak lebih dari 10 hektar dan perairan l;aut dangkal Cuma 40 meter. Hanya Pulau Payung dan Pari yang kedalamannya lebih dari 40 meter. Pemerintah menetapkan 107.489 hektar kawasan ini termasuk ke dalam tama nasional laut yang dilindungi oleh perundang-undangan.

Adapun pulau terluar dari kepulauan Seribu ini adalah Pulau Sebira serta beberapa pulau lain didekatnya seperti pulau Harapan dan pulau-pulau di kelurah Kepulauan Seribu Utara. Untuk mencapai kawasan pulau terluar ini dibutuhkan waktu pelayaran sekitar 8 jam. Oleh karena itu kapal JPTN Fatahillah ini akan berangkat dari pesisir Utara Jakarta pada malam hari atau dini hari.

Membawa Al Qur’an Wakaf dan Iqro untuk dibagikan kepada penduduk muslim kawasan pulau terluar tesebut. Insya Allah setelah dari pulau terluar, rombongan Kapal JPTN Fatahillah ini juga akan bersandar di pulau Pari, pulau Panggang, Pulau Pramuka dan beberapa pulau lainnya, diperkirakan lamanya pelaksanaan Al Qur’an Road Trip Kepulauan Seribu ini sekitar 4-5 hari.

Melalui Program Wakaf Al Qur’an  (WAP), BWA mengagendakan mendistribusikan sekitar 5000 Al Qur’an  Wakaf ke berbagai pulau yang ada di Kepulauan Seribu di bulan Februari 2018, dengan harapan setiap keluarga Muslim di sana bisa memiliki mushaf Al Qur’an.

Mari dukung dan sukseskan proyek wakaf 5000 Al Qur’an dan Pembinaan di Kepulauan Seribu ini dengan do’a maupun dana. Sehingga kita semua memperoleh pahala yang terus mengalir setiap mereka membaca Al Qur’an dan mengamalkannya. Amiin []

Donasi yang dibutuhkan : Rp. 500.000.000,-

Partner lapang : Darminto

Al Quran Road Trip Kepulauan Seribu

Update #2. Membangkitkan Dakwah Islam di Kepulauan Seribu

Dakwah Islam yang tersebar ke seluruh penjuru Nusantara ini, mengingatkan kita tentang bagaimana perjuangan ulama dan para wali mengajarkan Islam kepada nenek moyang kita. Melewati gunung dan menerjang ombak di lautan untuk membumikan ajaran mulia yang dibawa oleh baginda nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam. Begitulah sekiranya yang dirasakan oleh tim program Badan Wakaf Al-Qur'an(BWA), dalam salah satu kegiatan distribusi Al-Qur'an Road Trip 99 Pulau telah dilaksanakan pada Kamis hingga Sabtu, 3-5 Mei 2018.

(Dokumentasi distribusi Al-Qur'an wakaf di Kepulauan Seribu - DKI Jakarta)

Kepulauan Seribu merupakan Kabupaten Administrasi yang masuk ke dalam wilayah DKI Jakarta. Dari sekian pulau di kepulauan seribu, hanya 7 pulau yang berpenghuni, 4 diantaranya adalah yang menjadi destinasi pendistribusian Al-Qur'an Wakaf BWA, yakni Pulau Pramuka, Panggang, Kelapa, dan Sebira. Jarak yang cukup jauh dari Jakarta tidak menyurutkan dakwah Islam di kepulauan seribu. 98 % penduduk di Kepulauan Seribu beragama Islam. Fakta ini menunjukkan kepada kita, dakwah Islam di sana berkembang dengan baik.

Ketika kapal sandar di Pulau Pramuka, pulau yang merupakan pusat administrasi dan pemerintahan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, tim BWA disambut hangat oleh jajaran  Dinas setempat. Bapak H. Baihaqi, yang baru saja diangkat sebagai Kepala  Dinas Kemenag Kepulauan Seribu menuturkan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan pendistribusian Al-Qur'an dan project Al-Qur’an Road Trip 99 Pulau, yang salah satu projectnya ada di Kepulauan Seribu. Beliau menyampaikan harapannya "dari 7 pulau yang berpenghuni, baru 4 pulau yang menjadi destinasi BWA, masih ada 3 pulau lagi".

Al-Qur'an wakaf dari para wakif yang disalurkan sebanyak 5000 eksemplar Al-Qur'an mushaf dan terjemah, ditambah 1000 Iqro' membangkitkan dakwah Islam di Kepulauan Seribu. Harapan dan do'a muslim di pulau Pramuka, Sebira, Panggang, dan Kelapa menghiasi perjalanan pendistribusian Al-Qur'an Road Trip 99 Pulau kali ini. Bahkan, di Sebira, yang merupakan pulau terluar Kepulauan Seribu, anak-anak dan orang dewasa bahagia mendapat Al-Qur'an dan Iqro yang mereka tak pernah menyangka akan mendapatkan wakaf Al-Qur'an dan Iqro sebanyak itu, 1500 Al-Qur'an(mushaf dan terjemah) dan 400 Iqro'. Ustadz Hasanudin, tokoh setempat menyampaikan, "di Pulau Sebira ini ada kurang lebih 2000 muslim, sementara jarak ke Jakarta harus ditempuh 8-9 jam, itu pun menggunakan kapal sewa yang tidak sedikit biaya operasional nya, kehadiran Al-Qur'an dan Iqro ini sangat dinanti dan bermanfaat bagi kami. Kami berharap, untuk terus menghidupkan dakwah di Pulau Sebira, sinergi ini terus berlanjut".

Al-Qur'an wakaf anda, kini menghidupkan cahaya dakwah di Kepulauan Seribu. Memanen pahala ketika setiap hurufnya dibaca oleh saudara muslim kita di sana. Lanjutkan kebaikan Al-Qur'an dan ajarannya agar tersebar ke seluruh penjuru negeri, dengan menjadikan wakaf sebagai gaya hidup. Kami tunggu wakaf Al-Qur'an Anda di project-project BWA lainnya. []

Update #1. Al-Qur'an Road Trip, Pulau Terluar Kepulauan Seribu.

Perjalanan mendistribusikan Al-Qur'an Road Trip 99 Pulau dilaksanakan pada kamis-sabtu, 3-5 Mei 2018. Rute pendistribusian kali ini adalah Pulau Pramuka, Panggang, Kelapa, dan pulau terluar di Kepulauan Seribu, yakni Pulau Sebira/Sabira. Tim Badan Wakaf Al-Qur'an ditemani perwakilan wakif dari PT. Samudera Indonesia menggunakan Kapal Dakwah JPTN Fatahillah, yang merupakan kapal wakaf ke 3 milik para wakif BWA ini mengangkut 5000 Al-Qur'an dan 1300 Iqro.

TPA Pulau Sebira

(Penyerahan Al Qur'an wakaf ke salah satu TPA

di Pulau Sebira - Kab. Kepulauan Seribu)

Project Al-Qur'an Road Trip 99 Pulau Terpencil ini adalah salah satu bagian program Wakaf Al-Qur'an dan Pembinaan yang khusus menjangkau pulau-pulau terluar dan terpencil Nusantara. Melalui program Wakaf Al-Qur'an dan Pembinaan ini, BWA telah mendistribusikan sekitar 250.000 eksemplar Al-Qur'an mushaf dan terjemahan.


Perjalanan dimulai dari dermaga Kali Adem, Muara Angke menuju Pulau Pramuka ditempuh selama 3,5 jam. Di pulau Pramuka, tim BWA disambut hangat oleh Kepala Kemenag Kepulauan Seribu, Bapak H. Baihaqi. Beliau mengapresiasi program yang dibuat oleh BWA tersebut, "Kepulauan Seribu ini ada 11 pulau yg berpenghuni, mayoritas muslim, BWA  baru di 4 pulau, harapan kami, ke depan juga mendistribusikan Al-Qur'an ke 7 pulau lainnya". Di Pulau Pramuka, BWA mendistribusikan 700 Al-Qur'an dan 200 Iqro untuk kaum muslimin di pulau tersebut.

DKM Masjid Pulau Panggang

(Penyerahan Al Qur'an seracara simbolis kepada DKM Masjid 

di Pulau Panggang - Kab. Kepulauan Seribu)

Trip selanjutnya adalah Pulau Panggang, di pulau ini ketika KM JPTN Fatahillah hendak berlabuh di dermaga disambut ribuan ikan tongkol yang disaksikan oleh masyarakat, salah satu warga mengatakan “ikan saja tahu kalau kapal ini membawa Al-Qur’an”, dan menurut mereka ini hal yang sangat langka ikan tongkol merapat ke dermaga. Ketika tahu kapal membawa Al-Qur’an, masyarakat antusias menyambutnya guna mendapatkan Al-Qur’an dan Iqra wakaf dari para Wakif BWA. Sejumlah 1300 Al-Qur'an dan 400 Iqro didistribusikan di pulau panggang.

Setelah kemudian tim BWA harus bermalam di pulau Pramuka, esok harinya perjalanan di lanjutkan ke pulau terluar yakni Pulau Sebira, atau Sabira. Berbeda dengan rencana awal yg seharusnya ke pulau Kelapa terlebih dahulu. Hal ini dilakukan karena menurut Kapten kapal BWA, Bpk Imam, "Perjalanan menuju pulau Sebira tidak bisa di prediksi, minimal perjalanan dari pulau Pramuka (ke Sebira) sekitar 4-5 jam". Pukul 07.30 WIB, Kapal kami lepas sandar dari pulau Pramuka, setelah melalui laut lepas, kami harus mengitari pulau untuk mencari dermaga di Sebira yang bisa disandari oleh kapal BWA, bahkan kami hampir saja menurunkan sekoci karena kapal khawatir menabrak karang, akhirnya kapal BWA sandar tepat pkl 14.00 WIB. 

 

BWA, Samudera Indonesia dan Depag Kep. Seribu

(Penyerahan Al Qur'an wakaf secara simbolis oleh perwakilan wakif, Pak Bambang dari PT. Samudera Indonesia kepada Kepala Kanwil Kemenag, Ust. Baihaqi)

 

Radius 15-20 KM dari pulau Sebira, handphone kami sudah tidak mampu menangkap signal, alhasil, kami pun tidak bisa berkomunikasi dengan tokoh setempat yang sebelumnya telah kami mintakan nomor kontaknya dari Kanwil Kemenag Kepulauan Seribu. Dibantu nelayan setempat, kapal kami dipandu masuk dermaga. Kemudian, akhirnya tim bertemu dengan Ust. Hasanudin, tokoh dan guru di pulau Sebira. Beliau sangat bahagia mendengar BWA membawa 1.500 Al-Qur'an dan 400 Iqro. Pasalnya, muslim pulau Sebira memang sangat membutuhkan Al-Qur'an dan Iqra untuk menunjang pembinaan keislaman di sana. Muslim di Sebira berharap BWA terus dapat bersinergi untuk mengembangkan dakwah di pulau tersebut. Di Sebira juga tim BWA bertemu dengan ketua RW, Ibu Hj. Tuti, beliau juga sangat mengapresiasi kegiatan pendistribusian Al-Qur'an oleh BWA ini.

Destinasi terakhir trip kali ini adalah pulau kelapa, saat perjalanan pulang dari Sebira ke Kelapa, kapal kami mengalami kendala saat akan masuk dermaga pulau Harapan. Dikarenakan banyaknya titik karang, dan waktu sudah menunjukkan pukul 19.00 WIB, Kapten kapal kami tidak bisa memasuki dermaga disebabkan titik karang tidak terlihat. Dibantu dan dipandu nelayan setempat, akhirnya kapal sandar pada pkl 20.00 WIB di pulau Harapan, pulau tetangga Kelapa.

 Loading al quran

(Loading Al Qur'an dari kapal di Dermaga Pulau Harapan)

Di pulau Kelapa, kami disambut oleh bapak Arif dan pengurus DKM. 1.480 Al-Qur'an dan 100 Iqro pun diturunkan oleh ABK dari kapal kami. Ketua DKM menyambut baik, "Apakah Al-Qur'an ini boleh dibagikan kepada masyarakat?". Kabag Program BWA, Bhakti Aditya menyampaikan "Al-Qur'an ini memang dibagikan untuk masyarakat muslim di pulau Kelapa Pak, tapi jangan lupa, doakan Wakifnya ya Pak, ada di barcode setiap Al-Qur'an, boleh juga dibagikan di sekolah, di majelis taklim, dan kantong-kantong massa kaum muslimin lainnya". Salah satu pengurus DKM pun berharap "kami berharap BWA bisa terus bersinergi dengan kami, muslim di pulau Kelapa", ujarnya penuh harap.

 

Malam terakhir perjalanan kami pun kami habiskan di pulau Harapan, mengingat sudah pukul 23.00 WIB, tim harus istirahat karena esok harinya harus melanjutkan perjalanan pulang ke dermaga kali adem.

 

Kebutuhan Al-Qur'an dan Iqra di berbagai pulau terpencil di Nusantara ini masih harus dipenuhi untuk menunjang pembinaan di daerah tersebut. Oleh karena itu, kepada para wakif dan donatur kami ucapkan jazakumulloohu khoyron katsiiro. Mari kita lanjutkan program Wakaf Al-Qur'an dan Pembinaan ini agar kebermanfaatannya dapat dirasakan lebih luas lagi, menjangkau pulau-pulau lain di Nusantara, mendukung pembinaan kaum muslimin di Indonesia. 

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.