Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Sedekah Kemanusiaan

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.

Dengan Sedekah, Kita Hapus Kesedihan Korban Gempa Lombok

Minggu (5/8) menjelang Isya sekitar pukul 18.46 WIB, Lombok - NTB diporakporandakan oleh gempa berkekuatan 7 SR. Seketika itu manusia berhamburan menyelamatkan diri keluar ruangan.

Mereka yang tak sempat menyelamatkan diri banyak tertimpa reruntuhan. Ada juga yang panik terkena serangan jatung dan meninggal dunia. Para pasien juga bersusah payah keluar gedung dan harus rela dirawat sementara di halaman.

Lombok

(Seorang warga sedang melihat rumahnya yang rubuh)

 

Akibat bencana ini,  BNPB mencatat ada 98 orang meninggal dunia dan ratusan warga terluka. Jumlah ini kemungkinan akan terus bertambah. Karena masih ada beberapa warga yang terjebak di reruntuhan.

Warga yang berhasil menyelamatkan diri untuk sementara waktu tinggal di tempat-tempat pengungsian sampai kondisi normal. Di sana mereka membutuhkan makanan, pakaian, tempat tinggal, air bersih dan kebutuhan lainnya.

Lombok

(Penampakan rumah yang rubuh di Lombok)

Kita masih diberi kempatan oleh Allah subhanahu wata’ala berkumpul dengan keluarga, mari bersama-sama bantu ringankan beban mereka. Donasi bisa anda salurkan melalui Program Sedekah Kemanusian Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA).

..Sesungguhnya Allah akan selalu menolong seorang hamba selama dia gemar menolong saudaranya. (HR. Muslim)

Partner lapang : Welly

Donasi yang dibutuhkan : Rp. 1.000.000.000,- 

 

 

Dengan Sedekah, Kita Hapus Kesedihan Korban Gempa Lombok

Update #2. BWA Masih Bersama Korban Gempa Lombok

Saat berduka, kehadiran teman, kerabat atau saudara akan menjadi  berarti. Maka membersamai para korban bencana sangat penting agar mereka tidak merasa sendiri menghadapi ujian. Kehadiran para relawanmenjadi semangat baru bagi korban untuk bangkit kembali.

Sejak hari pertama pasca gempa Lombok, umat Islam dari berbagai elemen bersatu bahu membantu para korban. Badan Wakaf Al Qur’an (BWA) pun mengambil peran dengan menyalurkan donasi dari para wakif dan donatur.

Pada awal bencana BWA menyalurkan bantuan kebutuhan pokok dan melakukan mental recovery secara berkala untuk memperkuat aqidah mereka.

BWA juga membangun hunian sementara (huntara) untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal. Satu huntara ditempati oleh satu keluarga. Dimana sebelumnya, beberapa keluarga berhimpit-himpitan dalam tenda pengungsian. Selain Selain huntaram, BWA juga membangun falisitas umum seperti toilet sementara. 

Tahap pertama BWA berhasil membangun 57 huntara sederhana. Tahap berikutnya BWA akan kembali membangun 38 huntara & 40 toilet sementara, mushola sementara dan posko semi permanen untuk para relawan.

Semoga apa yang BWA lakukan di Lombok bisa meringankan beban korban bencana dan pahalanya akan mengalir kapada para wakif dan donatur yang telah membantu. Semoga segala pengorbanan kita dibalas yang terbaik oleh Allah subhanahu wata’ala.

Dukung terus kegiatan BWA untuk membantu meringankan beban sesama.

 Bantuan Makanan LombokBantuan Makanan Lombok

Hunian SementaraHunian Sementara

Hunian SementaraBantuan Kesehatan

Bantuan KesehatanRecovery Mental

Bantuan Toilet UmumBantuan Sarana Air Bersih

 

Update #1 : Hunian Sementara (Huntara) Korban Gempa Lombok, Menyatukan Keluarga dan Membangun Semangat

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.[Qs.Al Maidah [5] :2].

Satu bulan berlalu pasca gempa bumi dengan kekuatan 7 SR mengguncang Lombok. data yang telah diverifikasi BNPB tercatat sebanyak 32.129 unit rumah rusak.

Tenda-tenda pengungsian menjadi pemandangan biasa di sebagian besar wilayah Lombok. Terpal yang dibentuk menjadi tenda oleh masyarakat untuk melindungi mereka dari teriknya matahari dan dinginnya malam, adalah salah satu tempat berteduh masyarakat korban gempa.

Melihat realita yang ada, dalam satu unit terpal tenda pengungsi seringkali dihuni 5-7 Kepala Keluarga dan mereka kebanyakan beragama Islam. Sangat terasa bagaimana sulitnya berada di tenda-tenda pengungsian ini.

Bayangkan saja ketika mereka tidur dalam keadaan lelah, tidur yang tidak dalam suasana nyaman, akibatnya munculah kondisi emosi yang labil.

Bahkan mungkin sekali muncul perilaku negatif diantara mereka atau dengan pihak luar maka hal ini akan memicu konflik sosial. Kami mengkhawatirkan jika di biarkan hal ini dapat membuat pengungsi lemah dan putus asa, karena seperti tidak mendapat perhatian dari saudaranya sesama muslim di Indonesia.



Melihat kondisi seperti ini Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) bersinergi dengan Aliansi Persaudaraan Islam (API) telah membangun 54 unit Rumah Hunian Sementara (HUNTARA) yang berukuran 2 x 3 m bagi saudara-saudara kita yang menjadi korban gempa, khususnya yang berada di kamp pengungsi SMPN 3 Gangga, di Dusun Karang Kates, Desa Gondang, Kec. Gangga, Kab. Lombok Utara. Pembangunan Huntara dilakukan dengan melibatkan warga sekitar dan pengungsinya.

Alhamdulillah hal ini mendapatkan respon yang sangat baik dari para pengungsi. Rencananya BWA akan membangun lebih banyak rumah hunian sementara (HUNTARA) yang berada di Dusun Karang Kates, Kec Gangga tersebut, dan dibeberapa tempat lokasi pengungsian lain di Lombok Barat, Lombok Timur dan Sumbawa, Ayo bantu

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.