Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Sedekah Kemanusiaan

Life Divan Solusi Tidur Nyaman Untuk Pengungsi Gempa Aceh

(Kaum Muslim itu ibarat satu tubuh, jika satu anggota sakit maka yang lain juga merasakan sakit)

BWA-Life Divan. #PrayForAceh.

Bumi serambi mekah kembali berduka. Gempa berkekuatan 6,5 SR mengguncang Kab Pidie Jaya dan Bireun Aceh pada rabu, 7 Desember 2016 lalu. Gempa tersebut mengakibatkan 2.015 rumah warga rusak berat, 84 rusak sedang dan 8.434 rumah rusak ringan. Tercatat 102 orang tewas dan satu orang belum ditemukan. (viva.co.id 9/12/16)

life divan

(Warga korban gempa sedang tidur di pengungsian)

"Pengungsi terdapat 23.231 jiwa yang tersebar di beberapa titik pengungsian," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Graha BNPB, Jakarta Timur, Jumat ( Okezone.com 9/12/2016).

Saat ini warga tinggal di tenda-tenda pengungsian dan salah satunya di halaman Masjid at Taqwa, Pidie Jaya, Aceh.  Mereka trauma jika harus tinggal didalam sebuah bangunan. Masyarakat mengaku takut ada gempa susulan.

tenda

(pengungsi sedang memilih baju bekas di dalam tenda)

Kondisi mereka cukup memprihatinkan. Sebagian besar warga tidur dengan alas seadanya. Alas tipis akan menyebabkan hawa panas tubuh terserap oleh bumi sehingga tubuh menjadi dingin.  Setebal apapun selimutnya, jika alasnya tipis tetap akan terasa dingin. Jika dibiarkan terlalu lama tidur dalam keadaan dingin, akan mengganggu kesehatan mereka, terutama anak-anak dan lansia.

Untuk membantu warga, Badan Wakaf Al Quran (BWA) akan memberikan bantuan berupa Life Divan sebagai alas tidur sementara selama dipengungsian. Dilihat dari bentuknya, Life Divan ini tersusun dari empat kotak karton tebal berukuran besar, kemudian satu dengan yang lainnya dikaitkan dengan sistem pengunci. Cara menyusun juga sangat mudah karena berbentuk modul.

lpengungsi

(Contoh life divan yang sedang dicoba pengungsi korban banjir Garut)

Life Divan ini juga merupakan produk  yang sederhana, efisien, ramah lingkungan dan didedikasikan untuk kebutuhan pengungsi dan santri di  pesantren-pesantren tradisional yang membutuhkan.

BWA mengajak seluruh kaum Muslimin untuk membantu saudara-saudara korban gempa Aceh dengan berdonasi Life Divan.


Partner lapang : Ferdiansyah Sofyan

Donasi yang dibutuhkan : Rp. 129.200.000,- ( pengadaan 250 set Life Divan + Biaya distribusi dan operasional lapang)

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibuat oleh BWA, maka kelebihan dana project tersebut akan dialihkan untuk project lain di program yang sama berdasarkan kebijakan Managemen BWA.

Live Chat
Hide Chat