Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Wakaf Khusus

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.

Membina Pemuda Menjadi Da'i Sarjana dan Pengusaha, Kampus Muslim Mandiri Perlu Dukungan Kita

BWA-WK. Dewasa ini, para pemuda muslim telah banyak kehilangan jati dirinya, terutama dalamhal memahami makna hidup yang hakiki sebagai manusia hamba Allah SWT. Mereka lupa bahwa mereka punya amanah sebagai pemimpin ummat di dunia ini.  Alih alih demikian, para pemuda malah kebanyakan menghabiskan waktunya untuk hal yang sia-sia tanpa makna, seperti hidup hedonis, tawuran, narkoba, bahkan seks bebas. Walau ada sedikit dari mereka yang tidak seperti itu, namun kondisi ini sungguh sangat amat memprihatinkan,  karena pemuda lah yang sesungguhnya akan menjadi pemimpin masa depan ummat. Bayangkan bagaimana jadinya ummat dimasa depan jika pemudanya saat ini hanya menjadi beban masyarakat, sampah.

Terinspirasi bagaimana seharusnya peran pemuda masa depan, maka pengurus kampus Muslim Mandiri sedang mengembangkan program pemberdayaan pemuda, khususnya mereka yang memiliki kesulitan ekonomi dalam mengembangkan diri. Mereka adalah para pemuda dhu’afa yang memiliki kesempatan yang sama dengan yang lainnya, yaitu sebagai mutiara-mutiara ummat, calon pemimpin ummat di masa depan dan menjadi pahlawan bagi keluarga dan ummat. “Pemuda hari ini adalah Pemimpin di masa depan”.

Cita-cita para pemuda dhu’afamulai ada harapan ketikapada tahun 2009 kampus Media Mandiri, sebutan lain dari kampus Muslim Mandiri, membuka jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (strata satu) dan Ekonomi Syariah (strata satu) dengan program dengan biaya yang sangat terjangkau atau bahkan bea siswa bagi mereka. Semjua itu diupayakan oleh manajemen kampus bekerja sama dengan para donatur.

Seja itulah mereka berani menatap masa depan dengan bangga, walaupun mereka kulaih di gedung dan sarana pendidikan yang sangat terbatas. Mereka mendapatkan pelajaran bagaimana mensikapi kehidupan ini dengan jiwa orang sukses, bahkan mereka mendapatkan kemantapan untuk sukses dunia akherat.Kkarena, di kampus ini mereka diberi pelajaran yang menjadikan mereka memahami makna hidup yang hakiki. Mereka paham posisi mereka di dunia ini dan hidup dengan tujuan yang pasti, yaitu bagaimana meraih kebahagiaan dunia dan akherat sesuai dengan ridho Penciptanya. Mereka mendapatkan ilmu yang akan berguna untuk kehidupan mereka di dunia, sekaligus mereka mendapatkan ilmu yang akan menyelamatkannya di akherat.

Alhamdulillah, respon dan kepercayaan masyarakat terus meningkat,ini terbukti setiap tahun mahasiswa baru yang mendaftar dapat mencapai  70 hingga 100 mahasiswa ke kampus yang beralamat di Jalan SPG 7 No 33 RT 07/09 Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur.

Menyadari mahasiswanya adalah pemuda dhu’afa, maka manajemen kampus menjadikan proses perkuliahannya tidak hanya meningkatkan kualitas intelektual semata, namun juga memberikan pelayanan yang akan mengantarkan mereka untuk mampu berhasil dalam kehidupan dunia mereka. Untuk meraih target itu, pengurus kampus media memadukan hal-hal sebagai berikut ;

Pertama, Revitalisasi Aqidah yang Produktif;di tahun pertama perkuliahan mereka digembleng dengan meluruskan mental aqidah (keyakinan) dan pemantapan aqidah  mereka, sehingga mereka mampu bangkit untuk menatap masa depan dengan mental aqidah yang kuat dan kokoh. Mereka mampu menjadikan seluruh rintangan hidup sebagai tantangan untuk meraih kesuksesan dan ibadah yang penuh dengan kenikmatan dari Sang Pencipta.Mereka menyakini  bahwa mereka ada di dunia ini adalah sebagai sebagai generasi terbaik, dan menyadari bahwa keberkahan hidup hanya datang dari Allah SWT dan saat mereka menjadikan Islam sebagai satu-satunya solusi dalam seluruh aspek kehidupan dunia ini.

Kedua, Kesempatan; hanya dengan satu juta rupiah secara angsuran, mereka bisa memperoleh kesempatan kuliah menjadi sarjana.Biaya kuliah murah ini bisa diberikan karena kerjasama antara pihak kampus dan para donatur yang memberikan beasiswa penuh untuk biaya SPP, ujian semester dan  SKS selama 4 tahun hingga lulus.

Ketiga, Ilmu Islam; mahasiswa juga dibekali dengan ilmu tsaqafah Islam seperti akidah, akhlak, syariah dan dakwah sehingga mampu menjadi da’i sarjana. Dengan kemampuan ini salah satu tugas pengabdian masyarakat  adalah membina dan menjaga nilai-nilai sosial dan akhlak mulia di masyarakat. Program ini mulai dilakukan sejak manjadi mahasiswa dengan mengisi berbagai pengajian dan training di daerah rawan akidahdan rawan pendidikan, misalnya: Bantar Gebang Bekasi; Pulau Seribu; Babelan Bekasi, Kampung Rambutan Jakarta Timur.

Keempat,Kemandirian; setiap mahasiswa wajib bekerja atau memiliki unit usaha mandiri sebelum mengikuti wisuda. Alhamdulillah 97% dari 78 sarjana lulusan angkatan 2011/2012 sudah bekerja atau punya usaha sendiri.Demikian juga 80 mahasiswa angkatan 2013/2014 dan 2015 tengah menyelesaiakan skripsi dan 100% sudah bekerja atau memiliki unit usaha mandiri sebelum mereka di wisuda.

Program ini terus dikembangkan dan mendapatkan respon posistif dari masyarakat;antara lain para takmir masjid umum dan perkantoran. Selain mereka mendukung dangan memberikan kontribusi dana, mereka juga dapat menguliahkan jama’ah atau masyarakat yang tidak mampu dilingkungan mereka untuk mendapatkan beasiswa kuliah di kampus Media Mandiri ini.

Wakaf Sarana Kuliah

Menyadari besarnya animo dan harapan ummat terhadap pelayanan yang dilakukan oleh Kampus Media Mandiri, maka manajemen kampus berencana memperluas gedung perkuliahan menjadi 3 (tiga) lantai, sehingga dalam jangka lima tahun kedepan bisa menampung 1000 pemuda dhu’afa lainnya sekaligus meluluskan da’iyang sarjana sekaligus menjadi pengusaha muda muslim yang taat kepada Penciptanya.

Untuk itu, melalui program Wakaf Produktif dan bekerja sama dengan  Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA), kami mengajak kaum Muslimin untuk berdonasi wakaf membangun gedung perkuliahan hingga tiga lantai.

Pasti, Allah SWT akan membalas kebaikan dan donasi wakaf Anda dengan pahala yang berlimpah ruah, sebagaimana sabda Rasulullah SAW: Jika Allah SWT memberikan hidayah kepada seorang lelaki lantaran Anda, itu lebih baik bagimu ketimbang apa yang disinari matahari.” (HR At Tabrani).

Mari kita dukung mereka !!![]

 

Nilai Wakaf yang Diperlukan:

Rp 2 milyar (untuk membangun gedung perkuliahan tiga lantai, dengan total luas bangunan 1700m2)

Mitra Lapang:

Irwan Syaifullah

Membina Pemuda Menjadi Da'i Sarjana dan Pengusaha, Kampus Muslim Mandiri Perlu Dukungan Kita

Membina Pemuda Menjadi Da'i Sarjana Dan Pengusaha, Kampus Muslim Mandiri Perlu Dukungan Kita

BWA-WK. Project sarana pembangunan sarana pendidikan Kampus Muslim Mandiri telah kami pindahkan menjadi home project di Wakaf Khusus. Selanjutnya para wakif dan donatur mohon dapat melihat perkembangan project ini di dalam program Wakaf Khusus. Wakif atau donatur yang telah mendonasikan untuk project ini kemudian akan masuk ke Wakif Network BWA.

Terima Kasih.

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.